Monday, August 7, 2017

Benarkah Spons Cuci Piring Berbahaya Bagi Kesehatan?


Penggunaan spons cuci piring sudah sangat populer di masyarakat untuk membersihkan peralatan dapur seperti piring, gelas, sendok dan sebagainya. Disamping juga perlunya sabun khusus untuk cuci piring yang baik dan ampuh menyingkirkan kotoran.

Kebiasaan yang sering dilakukan orang sesudah memakai spons pencuci piring adalah membersihkannya dengan air dengan tujuan menghilangkan sisa makanan yang tertinggal di spons tersebut. Memang itu adalah baik, namun belum cukup. Karena dalam sebuah riset terkini yang diberitakan oleh boldsky.com menyatakan bahwa kesehatan dan sistem imun tubuh dapat terancam merosot disebabkan oleh penggunaan spons pencuci piring yang tidak bersih dan dapat menjadi sarang tumbuhnya berbagai bakteri pada spons tersebut.

Sebuah hal yang perlu diketahui oleh kita semua adalah mengapa spons bisa menjadi lokasi yang cocok untuk bakteri berkembang biak? Karena bentuk spons yang mempunyai tekstur dengan lubang yang banyak dan mampu menyerap air dengan mudah maka bakteri pun bisa hidup dan berkembang biak disana.

Hasil riset menjumpai bahwa serangan bakteri ke tubuh manusia dapat menimbulkan penyakit berbahaya diantaranya tifoid, kolera dan keracunan makanan. Dengan ini kita harus lebih waspada.

Jika sebagian orang mencuci spons hanya dengan air hangat saja, itu tidaklah cukup untuk membersihkannya. Tips terbaik adalah dengan rutin mengganti spons minimal satu kali seminggu. Apabila lebih dari seminggu, sebaiknya buang dan secepatnya ganti yang baru agar mengurangi risiko bahaya adanya bakteri dalam spons tersebut.