Monday, August 14, 2017

Efek Buruk Kecanduan Makanan Manis


Anda pasti setuju bahwa makanan manis adalah makanan paling disukai banyak orang. Makanan manis juga bisa membuat banyak orang menjadi ketagihan. Tak heran jika setiap hari selalu mengonsumsi makanan manis. Beraneka ragam makanan manis selalu ada di pasaran.

Sedihnya, masih sedikit sekali orang yang tidak tahu bahaya makan makanan manis secara berlebihan. Menjadikan mereka merasa itu hal biasa saja. Padahal apabila sesuatu yang berlebihan, khususnya makanan sangat berisiko mendatangkan penyakit.

Tentu Anda semua kenal dengan berbagai produk makanan atau minuman yang berkarakter rasa manis. Seperti minuman instan, minuman bersoda, permen, kue kering, selai, wafer, es krim dan masih banyak lagi yang lainnya. Inilah yang membuat kita khawatir, bagaimana jadinya jika banyak produk makanan dan minuman manis beredar dan dijual di pasaran mulai dari toko, mini market, super market, cafe, hotel, warung, mall dan berbagai tempat lainnya?

Peluang terjual produk tersebut juga pasti besar. Selanjutnya, tingkat konsumsinya juga tinggi. Maka risiko terkena dampak negatif dari makanan manis juga ada. Dengan adanya artikel ini, perlu sekali bagi kita semua menjaga dan mengontrol konsumsi makanan manis agar tidak terjadi hal negatif. Makanan dan minuman manis memang sangat menggoda, tapi kita tetap harus ingat kesehatan tubuh.

Anda perlu segera mengetahui saat ini juga tentang kerugian menonsumsi makanan manis secara keterlaluan, berikut penjelasannya di bawah ini. Mari simak baik-baik.

1. Kulit Mudah Sekali Jerawatan

Ya, jerawat ini yang buat Anda kesal, apalagi ada di wajah. Kepercayaan diri Anda menjadi turun, sampai-sampai Anda tak mau dilihat orang lain terlebih di wajah. Maka dari itu, kurangi konsumsi makanan manis. Disamping jerawat yang bisa menimpa Anda, risiko lain jika berlebihan dalam mengonsumsi makanan manis yaitu eksim, kulit kering dan rosacea. Sudah tahu hal ini, maka Anda pasti ingin membatasi makanan manis setiap hari.

2. Sering Merasa Lapar

Jurnal Appetite pernah meluncurkan hasil riset yang berkaitan dengan makanan manis ini. Bahwa orang yang makan gula dalam jumlah banyak bisa membuat perut terasa lapar dalam tempo singkat atau cepat. Hal ini terjadi karena kadar gula darah melonjak. Hasilnya, tubuh tidak memperoleh energi yang memadai dan timbul rasa lapar. Apakah Anda pernah mengalaminya? Ambil pelajaran berharga dari ini supaya makanan manis tidak dikonsumsi berlebihan.

3. Kadar Kolesterol Naik

Seperti kita ketahui bersama, bahwa kolesterol merupakan ancaman bagi banyak orang dan ini menjadi pemicu penyakit. Salah satu penyebab timbulnya kolesterol tinggi yakni konsumsi makanan manis dalam jumlah banyak. Menurut riset yang dirilis di jurnal Medicinal Food, tubuh yang banyak mengandung gula bisa menambah kolesterol jahat dan sebaliknya mengurangi kolesterol baik. Ini sangat mengerikan, bukan? Jika makan banyak makanan manis saja sudah bisa menjadikan kolesterol jahat meninggi, apalagi makan banyak makanan yang mengandung kolesterol.

4. Badan Terasa Letih

Gula memang membuat tambahan energi untuk tubuh. Sebaliknya jika dikonsumsi berlebihan dapat membuat tubuh cepat letih ketika melakukan kegiatan sehari-hari.

5. Terkena Sakit Flu dan Pilek

Sangat membahayakan jika tubuh dimasuki gula atau makanan manis secara berlebihan karena bisa membuat sistem imun tubuh jadi menurun. Sistem kekebalan tubuh yang lemah akan mudah dihinggapi penyakit misalnya flu, pilek, demam dan beragam ancaman penyakit lainnya.

Jadi, dengan informasi ini diharapkan kita semua bisa mengatur pola konsumsi makanan atau minuman manis untuk menjaga tubuh dari risiko penyakit yang telah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat.