Tuesday, August 8, 2017

Tips Agar Lemari Tidak Bau Apek

cara menghilangkan bau apek pada lemari

Tips Agar Lemari Tidak Bau Apek - Pernah mengalami lemari pakaian Anda bau apek? Jika pernah, Anda sangat perlu untuk mengetahui tips bagaimana agar lemari yang Anda pakai untuk menyimpan pakaian tidak apek dan tetap terjaga kebersihannya.

Mengapa sih ada bau apek dalam lemari? Sebabnya adalah minimnya sirkulasi udara pada lemari serta kelembaban udara. Akibatnya timbul banyak bakteri dan jamur di lemari. Tentu saja aroma di dalam lemari jadi tidak enak.

Hal itu juga bisa berakibat pada pakaian Anda sehingga menjadi tidak harum lagi karena lemari yang berbau apek.

Ingat lagi kebiasaan Anda terhadap pakaian. Apakah selalu menaruh pakaian di sembarang tempat? Atau Anda langsung saja menyimpan pakaian ke dalam lemari tanpa memeriksanya. Semua hal tadi bisa saja jadi pemicu pakaian jadi berjamur. Seperti halnya kita sebagai manusia, perlu sekali udara segar untuk bernafas, nah begitu pula dengan pakaian.

Anda ingin tahu lebih jelas bagaimana Tips Agar Lemari Tidak Bau Apek? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini supaya lemari Anda hilang dari bau tidak sedap alias apek.

1. Bagi Anda yang punya lemari pakaian baru, disarankan untuk meletakkan wadah yang diisi dengan tembakau, kemudian taruh wadah tersebut di dalam lemari Anda selama 24 jam. Bau apek yang ada di lemari akan berangsur hilang. Jika sudah, ambil dan keluarkan wadah berisi tembakau lalu taruh pakaian Anda ke dalam lemari.

2. Bunga melati yang masih kuncup bisa dijadikan pewangi lemari Anda. Caranya letakkan kuntum melati berkuncup ke dalam wadah seperti mangkuk, kemudian taruh di dalam lemari, maka lemari Anda pun akan beraroma wangi melati. Bila melati sudah layu, gantilah dengan yang baru.

3. Ambil sepotong kapas dan basahilah dengan parfum. Letakkan pada wadah di lemari Anda. Aroma parfum akan menempel pada pakaian. Ulangi dengan basahi kapas dengan parfum apabila aromanya sudah hilang.

4. Sekarang kreasikan sabung wangi Anda menjadi pengharum lemari. Iris atau potong sabun sesuai keinginan dan taruh di wadah lalu tempatkan di lemari.

5. Selalu gunakan cairan pewangi dan pelembut pakaian saat mencuci. Produk ini sangat mudah diperoleh. Anda bisa membilas cucian dengan cairan tersebut agar pakaian menjadi wangi dan lembut untuk beberapa lama.

6. Hindari menumpuk pakaian yang masih belum kering 100% karena membuat apek pakaian.

7. Hindari menyetrika pakaian yang masih belum kering karena jika terkena panas dari alat setrika maka menimbulkan bau tidak sedap dan sangat berisiko baju akan mudah rusak. Pakaian dalam kondisi ini jika ditaruh di dalam lemari maka akan membuat bau tak enak. Jadi, setrika pakaian yang sudah jelas kering dan bila perlu gunakan cairan pelicin dan pewangi pakaian saat menyetrika sehingga pakaian Anda terhindar dari bau apek atau tidak sedap.

8. Perlu sekali diperhatikan jika ingin meletakkan pakaian ke dalam lemari adalah pastikan pakaian tersebut kering dan bersih secara total.

9. Gunakan parfum dengan menyemprotkannya ke pakaian Anda agar wangi. Tidak boleh menyemprot berlebihan. Karena bisa membuat pakaian jadi rusak dan tentu saja akan tidak nyaman orang di sekitar Anda karena aroma yang berlebihan. Bagi Anda yang punya aktivitas banyak akan membuat pakaian cepat basah karena keringat dan menjadi bau wangi pada pakaian jadi kurang sedap.

10. Pakaian yang Anda miliki perlu ruangan untuk bernafas. Jika Anda hendak menyimpan dalam jangka waktu panjang maka letakkan di dalam kardus atau plastik dengan lubang supaya ada udara yang mengalir. Rekomendasi terbaik terkait lemari adalah menggunakan lemari dari kayu karena Anda tak perlu membuat lubang sirkulasi udara untuk pakaian bernafas.

11. Suhu dalam lemari juga harus jadi perhatian Anda. Baju yang tersimpan dalam kardus dan itu berada di ruangan yang sangat lembab maka kemungkinan pakaian jadi berbau apek.

12. Hindari pakaian Anda dari ngengat yang sering melubangi pakaian favorit Anda. Ngengat akan timbul karena kotoran makanan dan keringat di pakaian. Segera cuci atau bersihkan pakaian tersebut.

13. Agar lemari Anda tetap bersih dan aman dari ngengat maka semprotkan parfum atau pewangi laundry dan juga taruh beberapa kamper ke lemari.

Bagaimana? Mudah kan! Demikian tips agar lemari tidak bau apek dan Anda bisa menaruh koleksi pakaian terbaik Anda di lemari dengan tenang. Semoga tips ini bermanfaat untuk semua.