Tuesday, November 14, 2017

5 Kebiasaan Orang Kantoran yang Berbahaya Bagi Kesehatan


Apakah Anda pernah mengalami sakit tapi merasa heran meskipun menjalani pola hidup sehat? Anda selalu konsumsi makanan sehat, rutin berolahraga dan mempunyai gaya hidup yang tertata baik.

Mungkin Anda tak sadar kalau penyakit itu menyerang karena kebiasaan Anda di tempat kerja. Tahukah Anda bahwa kantor merupakan tempat yang mempunyai mutu udara yang jelek? Apalagi disertai dengan beberapa kebiasaan ini, sehingga kondisi tubuh pun jadi tidak baik.

1. Menyantap makanan di meja kerja

Meja kerja pastinya untuk bekerja, bukan untuk dijadikan meja makan. Ini memang perlu dimaklumi karena terlalu sibuknya seseorang bisa jadi makan di meja kerja. Bersamaan dengan tuntutan perut yang sudah sangat lapar.

Faktanya tak sedikit perusahaan yang membuat aturan bagi karyawan untuk tidak makan di meja makan. Apa sebabnya? Karena dikhawatirkan akan terjadi makanan atau minuman yang berjatuhan di meja kerja. Sehingga akan membuat hewan seperti semut, kecoa atau lalat berada disana.

Tentu saja hewan tadi membawa sejumlah bakteri penyebab penyakit seperti streptococcus, salmonella dan staphylococcus. Anda pasti tidak ingin ini terjadi bukan?

2. Jarang mencuci gelas minuman

Gelas minuman pasti digunakan setiap hari dan akan meninggalkan bekas kotoran di dalamnya. Berbahaya jika Anda tidak membersihkannya dalam jangka waktu lama dan juga hal yang buruk apabila mencuci dengan tidak sempurna. Akibatnya kotoran yang masih hinggap di gelas pun sedikit demi sedikit juga akan masuk ke dalam tubuh Anda dan berisiko akan memperburuk kesehatan.

3. Banyak menaruh snack di meja kerja

Tak jauh berbeda dengan bahaya makan di meja kerja, menaruh snack di meja kerja pun rentan dengan hewan yang mendatanginya. Untuk itu, usahakan tidak menaruh snack kesukaan Anda di meja kerja. Saran terbaik adalah simpan snack dalam wadah khusus kedap udara.

4. Langsung menduduki toilet tanpa membersihkannya

Khusus untuk toilet duduk, Anda harus menyeka terlebih dahulu bagian dudukan pada toilet dengan tisu agar bersih dari kuman. Terlebih bila itu dalam keadaan basah.

Bakteri E Coli penyebab diare dan masalah pencernaan suka bersarang di tempat tersebut. Maka dari itu selalu ingat membersihkan dudukan toilet sebelum Anda memakainya.

5. Tetap bekerja walau sakit

Pekerjaan memang sesuatu yang penting. Tapi, kesehatan lebih penting untuk diperhatikan. Apabila Anda dalam kondisi sakit, maka perlu minta izin untuk istirahat dari bekerja. Tujuannya agar penyakit yang diderita tidak tertular ke rekan kerja Anda di kantor. Lebih baik Anda beristirahat di rumah untuk proses penyembuhan dan pemulihan dari penyakit.

Disamping itu pula saat Anda sakit pilek, Anda tentunya harus memakai masker, menutup mulut ketika bersin dan rutin mencuci tangan hingga bersih agar mengurangi virus flu yang bisa saja menyebar ke siapapun.

Semoga informasi ini bisa Anda jadikan pedoman saat bekerja di kantor agar kesehatan bisa dikelola dengan baik.