Monday, November 20, 2017

Makan Pelan-Pelan Itu Ada Manfaatnya. Apa Saja?


Ternyata makan yang dilakukan secara cepat dan terburu-buru itu tidak baik untuk jantung dan bisa menaikkan glukosa secara mendadak. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk makan secara pelan-pelan saja. Mengunyah makanan dengan pelan dan sampai menjadi lunak baru ditelan.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak apa saja manfaat dari makan secara pelan-pelan untuk kesehatan.

1. Terhindari dari rasa mulas pada perut
Makanan yang tidak dikunyah secara baik akan berbahaya bagi perut. Akibatnya akan terkena sakit mulas dan maag.

2. Nafsu makan akan bisa dikontrol

Pelan-pelanlah saat makan karena itu bisa mengurangi nafsu makan Anda. Otak akan memberikan waktu sekitar 15-20 menit untuk memberi tanda bahwa kamu kenyang. Saat nafsu makan tidak terlalu besar maka Anda akan bisa menekan porsi makanan yang dikonsumsi.

3. Mengendalikan berat badan
Karena Anda punya nafsu makan yang tidak banyak, ketika makan pelan-pelan, Anda pun mampu mengatur jumlah makanan secara baik dan tidak berlebihan. Dampak baiknya adalah berat badan Anda bisa terkendali.

4. Membuat sehat sistem pencernaan
Makanan yang dikunyah secara perlahan akan mudah dicerna. Kandungan gizi dalam makanan seperti asam amino, vitamin dan mineral gampang diserap oleh tubuh. Sehingga tubuh akan menjadi sehat.

Itulah manfaat yang bisa didapat dari pola makan secara perlahan. Jadi, bagi Anda yang suka makan secara cepat, mulai sekarang ubah cara itu menjadi makan dengan pelan-pelan agar kesehatan tetap terjaga. Semoga bermanfaat.