Sering Pakai Gadget? Ini 5 Tips Agar Mata Tetap Sehat


Di era sekarang yang sudah banyak diproduksi berbagai alat canggih seperti smartphone, tablet, laptop, komputer dan lainnya membuat manusia sangat sulit melepasnya dari kehidupan sehari-hari dikarenakan fungsinya yang sangat penting untuk berkomunikasi. Namun ada efek negatif yang dihasilkan dari alat itu yakni sinar pada layar yang berdampak buruk bagi mata.

Rutinitas melihat layar gadget dalam waktu lama dapat berefek buruk pada indera penglihatan. Tak cuma membuat mata jadi rusak, namun ini pula dapat mengurangi tingkat produktivitas Anda.

Berdasarkan tulisan dari dokter Nathan Bonilla-Warlord, OD, yang berprofesi sebagai pelayan medis mata di Tampa, Florida, Amerika Serikat di Mashable, ada beberapa tips agar seseorang bisa memelihara mata atau penglihatan dari ancaman pemakaian layar atau monitor di luar batas.

1. Rancang suasana yang nyaman supaya mata tidak tegang
Anda bisa mengatur lingkungan ketika memakai alat elektronik atau gadget supaya kondisi mata Anda tetap sehat. Bila ada, pakailah layar yang berukuran besar agar mata tidak tegang.

Gunakan kursi yang nyaman untuk diduduki serta letakkan itu dekat dengan komputer. Pilihlah kursi yang mempunyai sandaran di belakangnya. Duduklah senyaman mungkin.

Tak hanya itu, sebaiknya Anda merasa dalam kondisi nyaman sesaat sebelum menggunakan gadget. Ini penting karena dapat menekan stres pada mata saat sudut pandang berada dalam posisi yang bagus.

2. Berikan sinar pada benda bukan manusia
Cahaya bukan cuma dari komputer tetapi pada ruangan tempat Anda berada. Agar mata tidak mengalami iritasi dan ketegangan, usahakan cahaya yang masuk tidak terlalu banyak.

Jika Anda memakai lampu meja, maka arahkan sinar lampunya ke permukaan meja. Ditambah lagi, buat posisi Anda berada di samping jendela yang terbuka atau ada cahaya yang masuk dari jendela. Jangan berada di depan atau belakang jendela. Agar Anda tidak silau, pakailah tirai untuk menguranginya. Tempatkan monitor komputer agar pantulan dari jendela bisa dikurangi atau cahaya lampu yang berada di atas.

3. Atur jarak dan sudut baca Anda pada layar

Atur sebaik mungkin monitor agar penglihatan Anda berada agak ke bawah dan dengan jarak kurang lebih 24-28 inci atau 61-71 cm.

Disamping itu, bagian tengahnya mesti berada di jarak 4-6 inci di bawah mata Anda. Usahakan monitor berukuran besar dan tingkat kontras dan kecerahan yang benar.

4. Hindari teks layar yang kecil
Ada sebagian orang yang mengatur ukuran teks pada layar dengan pilihan terkecil. Ini adalah berbahaya bagi kesehatan mata. Pilihlah ukuran teks besar pada layar gadget Anda. Selain itu, mata akan terbantu dengan melihat gambar dan teks yang besar. Sebagian besar gadget memiliki pengaturan ukuran teks yang mudah digunakan untuk memperbesar ukuran teks.

5. Selalu kedipkan mata dan selalu istirahat
Berapa lama Anda menggunakan gadget? Apakah lama sampai berjam-jam? Ya, memang alat elektronik bisa dipakai selama mungkin, tapi Anda sebagai manusia perlu istirahat. Manusia bukanlah mesin. Jadi, jangan korbankan kesehatan Anda hanya dengan kebiasaan menggunakan gadget dalam waktu lama.

Terlebih bagi indera penglihatan Anda, pastinya wajib diberi waktu untuk istirahat. Terapkan pola 20-20-20. Artinya ketika Anda memakai gadget 20 menit, maka istirahatlah selama 20 detik lalu pandaglah sesuatu yang berjarak 20 kaki atau 6 meter. Cara ini sangatlah mudah.

Cara selanjutnya adalah dengan selalu mengedipkan mata. Proses ini termasuk dalam pencucian mata Anda secara alami menggunakan air mata. Bagi Anda yang memakai kacamata, usahakan lensa kacamata tersebut benar dan cocok untuk komputer.

Cukup mudah kan? Pastinya Anda bisa menerapkannya saat menggunakan gadget. Semoga ini bermanfaat untuk Anda yang selalu menggunakan gadget setiap hari. Ingatlah selalu untuk memakai perangkat gadget dalam waktu yang tidak terlalu lama. Buatlah batasan waktu berapa jam Anda memakainya dalam sehari agar mata punya waktu yang cukup untuk beristirahat.

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

Cara Merawat Baju Rajut Dengan Benar

8 Strategi Membasmi Rasa Malas

6 Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis Agar Tidak Mengelupas