Tuesday, September 30, 2014

Cara Ampuh Mengatasi Ketombe

ketombe, mengatasi ketombe, kulit kepala

Ketombe merupakan penyakit pada kulit kepala yang berciri kulit ari yang terkelupas secara berlebihan. Secara normal, pengelupasan kulit ari di kepala terjadi sebulan sekali. Sedangkan pada penderita ketombe, ini terjadi dua minggu sekali.

Ketombe menyebabkan kepala menjadi gatal, apalagi ketika berkeringat. Sehingga, biasanya penderita menggaruk kepalanya sampai terluka. Adanya kuman Staphylococcus aureus dan Streptococcus, menjadikan infeksi melalui kuka garukan di kepala tersebut.

Ketombe ini bisa juga menyebabkan penderita kehilangan rasa percaya diri karena seringnya menggaruk kepala dan banyaknya sisik kulit rontok yang berjatuhan, biasanya ketombe menempel di pakaian. Selain itu juga ketombe menimbulkan bau di kepala.

Sebab umum sebab timbulnya ketombe adalah kekurangan nutrisi yaitu zinc. Disamping itu, karena faktor gen, jenis kelamin, pria lebih berisiko karena punya hormon pria memproduksi minyak pada kulit lebih banyak. Sehingga menjadi tempat berkembang biak bakteri Malassezia, suhu udara panas, dan stress.

Untuk mencegah ketombe usahakan untuk menghindari produk rambut yang bisa menjadikan kulit kepala lembab, misalnya minyak atau gel rambut. Selalu biasakan makan sehat yang mengandung zat dan vitamin B1 agar kulit kepala sehat dan mencegah ketombe, seperti daging sapi, domba, kalkun, salmon, tiram, kepiting, dan beras merah.

Selain makan sehat, disarankan untuk bisa mengendalikan stress dan juga mandi sinar matahari pada pagi ketika udara masih segar. Untuk mengobati ketombe yang semakin parah, siapkan 100 cc air perasan jeruk purut, 200 cc air perasan nanas, dan 100 cc air santan kelapa. Campurkan semua bahan tersebut dan aduk rata. Masukkan ke dalam wadah tertutup. Gunakanlah obat ini sebagai sampo sebanyak 3-4 kali seminggu.

Semoga tips diatas bisa bermanfaat untuk anda yang mengalami ketombe di kepala. Selamat mencoba.