Tuesday, October 21, 2014

Cara Ampuh Agar Murid Tidak Mencontek Saat Ujian

ujian, mencontek

Fenomena mencontek di saat ujian sangat mengkhawatirkan para guru, orang tua dan juga masyarakat. Karena dengan mencontek sudah jelas menunjukkan karakter ketidakjujuran, kecurangan dan hal negatif lainnya. Yang lebih parah lagi ada sebagian guru yang mengajak murid-muridnya untuk mencontek yaitu membocorkan kunci jawaban soal ujian. Seperti inikah pendidikan di negara kita?

Pendidikan mestinya selalu menanamkan dan mengajarkan nilai-nilai moral yang baik kepada murid, bukan malah menghancurkannya. Nilai moral positif yang mampu membentuk peradaban baik bagi masyarakat harusnya terus dijalankan setiap orang tua dan guru, agar anak-anak bisa memahami dan menjalankannya di dalam kehidupan nyata.

Dengan muncul dan merebaknya kebiasaan mencontek dalam dunia pendidikan perlu adanya upaya antisipasi dan perbaikan bagi murid yang mencontek saat ujian yang diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Selalu tanamkan nilai-nilai moral dan agama disaat memberikan pelajaran

Disaat guru sedang memaparkan ilmu yang diajarkan di depan kelas, hendaknya diselipkan nilai-nilai moral dan agama yang bisa dipetik agar murid selalu menghargai ilmu yang didapatkan dan mampu menggunakan ilmunya untuk hal-hal yang baik. Bukan menyalahgunakannya untuk keburukan dan kejahatan.

2.  Selalu bekerjasama dengan wali / orang tua murid

Sebaiknya hubungan antara wali atau orang tua murid selalu ada dalam rangka membangun komunikasi dalam pendidikan anak. Sehingga tercipta perpaduan dalam menanamkan pendidikan kepada anak. Pendidikan tidak hanya dibebankan kepada satu pihak guru atau sekolah saja. Tetapi orang tua juga hendaknya dapat berperan lebih besar karena memiliki hubungan erat dengan anak.

3. Guru dan orang tua harus jujur

Merupakan hal yang mutlak jika ingin menjadikan anak atau murid itu punya sifat jujur dan terpercaya, maka sebaiknya orang tua dan guru harus memiliki kejujuran kepada anak atau murid. Karena contoh teladan itu sangat penting di segala zaman. Kejujuran merupakan akhlak terpuji yang patut dan wajib diterapkan dalam kehidupan. Akhlak dari kejujuran inilah yang berefek membawa kebaikan bagi masyarakat dari semua bidang kehidupan.

4. Membimbing anak murid selalu rajin belajar

Tanamkan kepada anak murid bahwa belajar penting bagi masa depan. Sebaliknya, jika malas belajar maka masa depan akan rusak atau hancur. Sampaikan kepada anak murid bahwa guru dan orang tua ingin mereka menjadi pintar, cerdas dan berakhlak mulia selama hidupnya agar menjadi orang yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang banyak. Diharapkan dari itu semua, anak murid menjadi bersemangat belajar dan tekun menimba ilmu di sekolah. Berikan pesan dan nasihat kepada anak murid agar menghargai perjuangan guru dan orang tua dalam membiayai sekolah, mengajari dan membimbing mereka.

Dari cara diatas semoga bermanfaat bagi kita semua dalam mengupayakan hal-hal positif dalam dunia pendidikan dan menghilangkan kebiasaan buruk dari mencontek saat ujian. Ini sangat diperlukan untuk membangun bangsa yang beradab, bermoral dan bermartabat. Selamat mencoba. Terima kasih.