5 Tips Sederhana Agar Otak Tidak Tumpul


Otak adalah unsur paling utama dalam fisik manusia. Organ ini berperan dalam mengendalikan pikiran, memori, ucapan dan berbagai organ tubuh lain yang berada di dalam tubuh.

Supaya otak bisa berjalan baik dan optimal, otak membutuhkan cadangan tenaga sekitar dua puluh persen. Otak akan menurun kinerjanya dalam hal berpikir dan daya kognitif akibat minimnya nutrisi penting di dalam tubuh.

Perlu adanya perubahan yang harus ditempuh agar terjadi pencegahan menurunnya fungsi otak. Untuk itu, penting sekali untuk mengonsumsi makanan yang dapat memperbaiki kesehatan otak dan hubungannya dengan kemampuan kognitif.

Pola hidup tidak sehat seperti sedikitnya aktivitas olahraga, minum alkohol, dan menjauhi kehidupan sosial dapat mengganggu fungsi otak. Dilansir dari The Health Site, berikut beberapa tips untuk memperbaiki fungsi otak dan menghindari terjadinya kognitif yang berkurang.

Rutin Melakukan Aktivitas Mental

Para ahli mengatakan bahwa kegiatan mental yang tetap dapat menjadikan organ otak tetap siap siaga. Supaya otak mampu menjalankan fungsinya secara efisien, Anda dapat mempelajari suatu keterampilan, keahlian, hobi atau bahasa baru.

Tidur Lebih Awal dan Nyenyak di Malam Hari

Sedikitnya waktu tidur dapat membuat fungsi kognitif pada otak menjadi berkurang dan berakibat pada kacaunya konsentrasi seseorang, ingatan menjadi lemah, dan lemah dalam belajar. Anda harus tidur nyaman dan nyenyak sekitar 6 – 8 jam setiap malam agar otak dan tubuh bisa selalu segar dan bugar.

Memelihara Jantung Tetap Sehat

Jantung yang sehat erat kaitannya dengan fungsi otak. Gangguan pada jantung contohnya tekanan darah tinggi dapat mengurangi peredaran darah menuju otak dan terjadi penuaan dini. Hipertensi dan diabetes dapat berujung pada risiko demensia.

Melakukan Meditasi

Meditasi dapat mengurangi stres dan meredakan gangguan yang berkaitan dengannya. Hal ini dapat memperbaiki fungsi otak yang berkaitan dengan perhatian, ingatan dan persepsi.

Selalu Konsumsi Makanan yang Sehat dan Berolahraga

Makanan yang sehat yang dikonsumsi mampu mempertajam ingatan, fokus dan konsentrasi. Tak hanya makanan sehat, Anda pun dianjurkan selalu berolahraga agar kesehatan tetap stabil dan meningkatkan peran otak.

Sejumlah cara tersebut dapat membuat Anda selalu aktif, sehat dan bugar baik dalam hal mental dan rutinitas harian. Lakukan hal diatas agar fungsi otak tetap terjaga dan terhindar dari masalah otak tumpul.

Popular posts from this blog

Cara Melupakan Masa Lalu yang Kelam Menurut Islam

7 Tips Jitu Anti Stres Makan Ketika Lockdown di Rumah

Cara Terbaik agar Makan Anda Lebih Sedikit

6 Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis Agar Tidak Mengelupas

3 Tips Mudah Menonton YouTube dari Televisi

VIVA