Saturday, January 31, 2015

10 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan


Musim hujan di Indonesia sudah sangat sering kita hadapi yang biasanya itu terjadi pada menjelang akhir tahun sampai dengan bulan awal tahun. Ini menyebabkan suhu terasa sangat dingin. Musim hujan yang ditandai dengan hujan yang beragam, kadang hujan gerimis hingga hujan yang sangat lebat.

Di Indonesia kita sudah mengetahui secara umum, bahwa iklim di negara Indonesia ini adalah iklim tropis, yang berciri-ciri dengan adanya musim hujan dan kemarau. Apalagi jika menemui proses peralihan dari musim kemarau menuju musim hujan yang biasa kita sebut dengan pancaroba akan sangat mudah terkena penyakit pada tubuh dan kondisi kesehatan. Apa penyebabnya? Sebabnya adalah tubuh kita ini merasa kesulitan menyesuaikan diri dengan situasi yang berbeda dibanding sebelumnya. Dalam hal ini berkaitan dengan tingkat suhu udara juga berapa besar kelembapan udara.

Kita harus memperhatikan adanya risiko pada tubuh yang kemungkinan bisa terserang penyakit. Waspadalah karena jika kita tidak peduli akan masalah ini, maka tidak tertutup peluang kita akan terkena penyakit yang membahayakan diri kita. Banyak penyakit yang dialami banyak orang di musim hujan ini. Seperti contohnya adalah demam berdarah.

Biasanya penyakit demam berdarah inilah yang membuat rumah sakit menjadi penuh karena pasien penderitanya banyak. Demam berdarah sangat berbahaya karena mampu menyerang kepada orang-orang dengan berbagai tingkatan umur, dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Ada lagi penyakit yang sering menerpa orang-orang di musim hujan ini, seperti misalnya sakit flu, batuk, sesak nafas, pilek, masuk angin, dan penyakit pada kulit. Penyakit tersebut tentu bukan hal yang bisa dianggap remeh. Karena jika kita terkena penyakit itu, maka sudah bisa mengganggu aktivitas kita sehari-hari, badan menjadi kurang bugar, lemah, lesu, dan pada akhirnya akan menurunkan tingkat produktivitas kita.

Sehubungan dengan adanya musim hujan yang beriringan muculnya berbagai macam penyakit berbahaya, maka di dalam artikel ini akan disampaikan 10 tips bermanfaat buat Anda semua yang ingin terjaga kesehatannya pada saat musim hujan melanda di daerah Anda pada khususnya dan di negara Indonesia pada umumnya.

Mari kita simak bersama-sama 10 tips terbaik dan berguna untuk menjaga kesehatan di musim hujan:

1. Selalu mengkonsumsi multivitamin
Ketika munculnya perubahan musim kemarau ke musim hujan, tubuh kita pasti menjalani sebuah proses untuk beradaptasi pada kondisi yang ada. Pada proses perubahan yang terjadi inilah yang selalu memberikan efek pada sistem kekebalan pada tubuh, yang bisa menjadikan tubuh kita melemah. Jika sudah mengalami kondisi pada sistem imunitas tubuh yang sudah anjlok, maka akan mudah penyakit menyerang tubuh.

Untuk mencegah itu semua agar tidak memperparah dan menambah risiko penyakit di musim hujan, maka disarankan kita untuk mengkonsumsi multivitamin. Tujuannya adalah untuk meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh dan hal lainnya untuk menjaga kesehatan seluruh bagian tubuh kita.

2. Selalu menjaga kebersihan
Pasti kita sudah mengetahui bahwa kebersihan adalah pangkalnya kesehatan. Tips ini sebenarnya tidak hanya khusus diterapkan pada saat musim hujan saja, tetapi di musim kemarau. Bibit penyakit dan bakteri sangat gampang berkembang biak pada musim hujan disebabkan karena tingkat kelembapan udara yang meninggi.

Ini berkaitan dengan kerentanan gangguan kondisi kesehatan pada tubuh kita. Faktor penting yang harus kita perhatikan secara rutin adalah menjaga kebersihan pada anggota tubuh terpenting yaitu tangan kita. Mengapa tangan begitu penting untuk dijaga kebersihannya? Ya, tentu saja tangan sangat penting karena dengan tangan ini kita selalu dan setiap waktu memegang apapun yang ada di sekitar kita dan yang berhubungan dengan pekerjaan sehari-hari, baik di dalam rumah ataupun di luar rumah.

Kuman dan bakteri yang mengandung bibit penyakit inilah yang mudah menempel hanya dari kedua tangan kita saat memegang berbagai benda. Untuk itulah, kita harus ingat dalam mencuci tangan kita seperti sebelum dan setelah makan, setelah beraktivitas di luar rumah, maupun di dalam rumah. Gunakan air keran untuk mencuci tangan, jangan lupa juga menggunakan sabun anti kuman agar bisa mematikan bakteri dan kuman yang ada di tangan kita.


3. Selalu membersihkan lingkungan sekitar
Hujan membuat lingkungan berubah menjadi lebih kotor dan menambah kelembapan udara di sekitar. Apalagi jika ada sampah organik dan non-organik yang masih bertebaran di sekitar kita, akan menjadi penyebab lingkungan menjadi rusak dan tercetusnya sumber penyakit.

Bersihkan selalu lingkungan yang terlihat kotor, berantakan, dan pada tempat yang mudah berkembang biaknya bibit penyakit, yaitu kuman dan bakteri. Upaya yang harus kita lakukan dalam mengurangi berkembang biaknya sumber penyakit adalah selalu menutup penampungan air seperti kolam, ember, dan tempat lainnya yang mengandung air, karena bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk, mengubur atau menutup genangan air yang ada di halaman sekitar rumah, menebang ranting atau daun yang berdaun lebat, memotong rumput yang terlalu tinggi dan banyak.

4. Mengatur pola makan yang sehat dan bergizi
Tetap jaga gizi makanan, khususnya pada musim hujan. Selalu buat dan konsumsi makanan dan berkuah yang hangat seperti sup ayam, soto, sayuran dan lainnya. Semua itu agar tubuh kita tetap hangat walaupun dalam kondisi musim hujan. Disamping itu, kita wajib memakan buah-buahan untuk mencukupi vitamin C dan memperbaiki kekebalan tubuh.

5. Konsumsi air yang cukup
Musim hujan bukan menjadi alasan Anda untuk mengurangi minum air dikarenakan kondisi cuaca yang dingin. Sebenarnya biarpun musim hujan atau kemarau, Anda tetap perlu mencukupi kebutuhan air ke dalam tubuh Anda. Minum air tidak mesti dilakukan pada saat kondisi kehausan. Air sangat perlu diminum secara kontinu karena sangat diperlukan untuk proses pencernaan makanan dan juga proses metabolisme tubuh. Selalu cukupi asupan air tubuh Anda dengan meminum air sekitar 1,5 liter per harinya agar daya tahan tubuh menjadi terjaga. Meminum air bening tidak selalu menjadi pilihan yang rutin dilakukan, bisa saja Anda selingi dengan minuman herbal seperti sari jahe yang berfungsi menghangatkan tubuh.

6. Makan ketika lapar
Kondisi dingin pada saat musim hujan membuat Anda ingin makan secara terus-menerus. Hindarilah hal ini, karena tubuh akan kesulitan melakukan proses pembakaran. Aturlah kapan waktu Anda makan, yaitu ketika perut Anda lapar.

7. Memakai baju tebal dan bersifat menghangati
Dingin merupakan musuh kita ketika musim hujan. Untuk itulah, gunakan pakaian yang tebal dan hangat untuk menjaga suhu tubuh Anda agar tetap hangat.

8. Tidur secara teratur
Musim hujan yang membuat tubuh kita dingin, membuat kita tergoda untuk terus tidur dan berada di tempat tidur. Tidur dengan waktu yang cukup artinya tidak berlebihan akan baik buat tubuh Anda. Apabila tidur terlalu banyak, maka akan membuat tubuh menjadi kaku dan malah menjadi lemas. Disamping itu, tidurlah lebih awal, jangan begadang atau tidur hingga lewat tengah malam. Ini tentu tidak baik untuk kesehatan. Tubuh perlu istirahat pada waktu yang tepat supaya bisa menormalkan kembali kebugaran tubuh dan memulihkan kondisi tubuh menjadi lebih baik.

9. Hindari terkena air hujan
Jika Anda sering beraktivitas di luar rumah. Tetap jaga diri Anda dari curahan air hujan. Air hujan yang sangat dingin tersebut bisa membuat tubuh Anda menggigil kedinginan dan akan mempengaruhi tubuh Anda terkena penyakit. Selalu sedia payung atau jas hujan untuk mengurangi air hujan yang menerpa tubuh Anda.

10. Memakai selimut dan kelambu saat tidur
Musim hujan akan menjadi musim yang baik bagi nyamuk untuk lebih banyak dalam perkembangbiakannya. Tubuh manusia menjadi sasaran empuk bagi nyamuk untuk menyuntikkan bibit penyakit, khususnya pada nyamuk demam berdarah. Pada saat mau tidur, pakaialah kelambu dan selimut untuk menangkal datangnya nyamuk ke tubuh Anda.

Demikian informasi mengenai 10 tips menjaga kesehatan di musim hujan yang bisa kita terapkan. Semoga apa yang disampaikan di artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua agar bisa meraih kondisi kesehatan yang tetap terjaga walaupun berada pada musim hujan.