Saturday, January 10, 2015

Inilah Kenapa Anda Menjadi Tidak Mengantuk dan Tidur


Setiap manusia perlu tidur atau istirahat sebagai upaya memulihkan badan dan pikirannya agar lebih fresh. Tetapi apa daya karena beberapa hal, Anda tidak bisa atau kesulitan untuk tertidur. Ini pernah saya alami. Hmmm, apa saja ya penyebabnya? Berikut hal yang bisa membuat Anda tidak ngantuk-ngantuk atau sulit tidur.

1. Lagi stress. Masalah yang menimpa diri dan terus dipikirkan memang membuat badan ini tidak mau beristirahat. Otak seakan terstimulasi untuk memikirkan masalah yang menimpa. Bagaimana cara untuk menyelesaikannya atau bahkan larut dalam kegalauan dan kesedihan. Seberat apapun masalah Anda, tetap pikirkan kesehatan tubuh Anda. Berikan waktu khusus untuk tubuh istirahat. Dengan cara itu, kita dapat kembali segar dan mungkin akan mendapat ide-ide baru untuk bisa memecahkan masalah.

2. Asyik berselancar internet. Wah kalo yang satu ini, pernah saya alami. Begitu asyiknya berinternet, sampai gak mau makan. Dari malam sampai subuh, kuat online. Mulai browsing, chatting, cek email, sosial media, promo sana sini. Itu yang saya lakukan. Bagaimana dengan Anda? Pernahkah seperti itu? Memang benar kalau internet bikin kita ketagihan. Jadi, bisa mengabaikan kondisi kesehatan tubuh.

3. Jatuh cinta. Yah, namanya juga jatuh cinta. Perasaannya pasti sedang bahagia sekali. Sampai-sampai seseorang tidak mau tidur. Karena memikirkan si dia. Otak Anda akan terus memikirkan si dia. Mata tidak mengantuk, badan masih aktif dan tidak loyo. Itulah dampak dari seseorang yang jatuh cinta.

4. Menyelesaikan pekerjaan kantor. Biasanya ini juga yang membuat Anda dilarang tidur karena ada pekerjaan yang harus dikerjakan dan diselesaikan segera dalam waktu secepat mungkin.

5. Menyelesaikan tugas kuliah. Mahasiswa yang sekarang lagi sibuk kuliah tentu dapat tugas dari para dosen. Tentu ada yang mengerjakannya pada waktu malam hari.

6. Nonton televisi. Yah, ini juga bisa membuat Anda tidak tidur. Karena sedang menyaksikan tayangan televisi yang menarik. Bahkan, ketika mata Anda merasa kantuk, tetap Anda paksakan untuk membukanya. Hingga akhirnya Anda tertidur juga tanpa disadari.

Begitulah seseorang yang mengalami sulit tidur dan tidak mengantuk. Sebaiknya dengan kejadian ini kita bisa memikirkan secara serius. Apakah memilih tubuh kita sehat dengan istirahat atau tidak. Semoga bermanfaat untuk kita semua.