Friday, September 19, 2014

Tips Agar Perut Sehat

perut, perut sehat, kesehatan perut

Kita lihat pada sekarang ini banyak sekali penyakit yang bermunculan, mulai dari tingkat yang ringan sampai berat atau parah. Ini sangat menjadikan kita khawatir akan hal yang berhubungan dengan konsumsi makanan dan minuman. Betapa pentingnya memelihara perut akan berpengaruh pada kesehatan tubuh anda.

Banyak jenis makanan dan minuman yang selalu kita konsumsi setiap hari. Disaat itulah banyak pula zat-zat yang masuk ke dalam tubuh, apakah itu zat bersifat nutrisi ataupun racun yang akhirnya membawa penyakit.

Ada berbagai langkah mudah yang bisa anda tempuh dalam mencegah agar perut kita terpelihara dari sumber penyakit dan pastinya kesehatan tubuh tetap terjaga.

1. Selalu teliti dalam mengkonsumsi makanan dan minuman. Lihat apakah makanan yang akan dikonsumsi jelas manfaat, dosis, komposisi, kebersihan dan kehalalannya.

2. Hindari untuk memporsir perut dengan makanan yang banyak. Sama seperti anda jika terlalu dibebani pekerjaan yang banyak, maka tubuh cepat lelah. Jadi, perut perlu diatur secara proporsional dalam hal makanan. Jika anda makan terlalu banyak, maka otot-otot perut akan bekerja keras dalam mencerna makanan. Aturlah agar perut anda terisi 1/3 makanan, 1/3 minuman dan 1/3 udara untuk bernafas.

3. Kunyahlah makanan secara sempurna. Ini hal penting untuk diperhatikan, karena makanan harus selalu dalam kondisi hancur atau lunak dengan cara mengunyah hingga puluhan kali. Akhirnya nanti pada proses pencernaan akan menjadi lebih ringan.

4. Istirahatkan perut anda dengan berpuasa. Jika hewan melakukan puasa, manusia pun dianjurkan untuk berpuasa, ini bertujuan agar organ pencernaan diberi kesempatan untuk beristirahat dari segala aktivitas pencernaan. Sekaligus sebagai waktu untuk pemeliharaan tubuh dan juga detoksifikasi. Sesuai dengan hasil penelitian, bahwa 70% penyakit disebabkan karena terlalu banyaknya mengkonsumsi makanan.

Semoga tips diatas bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari, agar kesehatan perut terjaga dengan baik dan tubuh selalu sehat dan bugar.