Friday, October 24, 2014

8 Prinsip Agar Pernikahan Langgeng



Pernikahan yang langgeng merupakan impian terbesar semua pasangan suami istri. Dengan jangka waktu pernikahan yang langgeng maka diharapkan anggota keluarga bisa menjalani hidup secara damai, bahagia dan penuh kasih sayang.

Berbagai macam masalah dan godaan yang menerpa bisa saja menjadi pemicu goyah dan retak biduk rumah tangga. Diperlukan suatu upaya antisipasi atau strategi yang sudah direncanakan dan ditetapkan dari suami dan istri sebagai pedoman dan landasan kuat dalam mengarungi kehidupan rumah tangga hingga sepanjang waktu.

Tahukah anda, ada berbagai cara agar rumah tangga bisa langgeng dan kokoh berjalan di zaman sekarang yang penuh tantangan, godaan dan problematika yang begitu rumit?

Disini ada beberapa prinsip hidup yang bisa diterapkan dan dijalankan bagi suami istri dalam rumah tangga supaya pernikahan menjadi langgeng dan bahagia.

1. Kejujuran

Saling jujur terhadap berbagai hal bisa menjadi membuat pondasi pernikahan anda semakin kuat seiring berjalannya waktu. Mulianya kejujuran yang menghiasi rumah tangga nantinya membuahkan saling percaya antara anggota keluarga.

2. Pengertian

Setelah anda menikah, adanya saling pengertian antara suami dan istri begitu penting karena setiap kondisi diperlukan pada saat tertentu agar pasangan anda tidak merasa terganggu, kesal, dan tenang.

3. Tolong Menolong

Pasangan anda tidak bisa bekerja sendiri dalam mengerjakan berbagai hal dalam rumah tangga. Untuk itu diperlukan saling tolong antara suami dan istri apapun yang bisa dilakukan dalam rumah tangga. Contoh ketika istri yang sedang memasak sendirian, suami sebaiknya membantu pekerjaan istri yang sedang memasak di dapur. Sehingga istri bisa merasakan bantuan dari suami dan beban menjadi terbagi dua dan lebih ringan.

4. Menasehati


Setiap orang tidak akan terlepas dari kesalahan. Ketika pasangan melakukan kesalahan, hendaknya saling menasehati secara baik-baik dan sopan. Tujuan anda menasehatinya adalah bahwa anda menyayanginya dan menginginkan kebaikan untuk pasangan anda.

5. Lemah Lembut

Bicaralah selalu kepada pasangan anda dengan cara lemah lembut, tidak bernada tinggi dan berkata kasar. Anda tentu bisa membedakan mana yang lebih baik untuk diucapkan dan didengarkan. Jalinlah komunikasi yang lemah lembut terhadap pasangan anda agar suasana rumah tangga menjadi tetap terjaga dan terhindar dari percekcokan.

6. Sabar

Setiap muncul masalah, tetaplah dahulukan sabar. Kesabaran akan membuat pikiran anda tetap jernih dan bisa lebih membuat kondisi rumah tangga tetap kondusif dan meminimalisir timbulnya permasalahan baru. Kesabaran dibutuhkan juga ketika anda melihat pasangan anda memiliki beberapa kekurangan dan kelemahan. Tidak ada manusia sempurna, sabar menerima apapun dan tetap berikan yang terbaik pada pasangan.

7. Bersyukur

Apa yang ada pada diri pasangan anda dan yang dia berikan, selalu bersyukurlah. Karena dengan bersyukur, anda bisa menghargai setiap usaha dan perjuangan yang telah diberikan pasangan kepada anda sebagai bukti bahwa dia mencintai dan mengasihi anda. Selain itu, pasangan juga akan merasa bahagia dan senang ketika anda mengucapkan rasa terima kasih.

8. Romantis

Sejak menjalin cinta, jadikanlah romantisme dalam pernikahan anda menjadi pewangi yang selalu mengharumi suasana hidup rumah tangga anda. Kemesraan adalah keinginan batin manusia dalam mencurahkan kasih sayang dan rindu.

Dari 8 prinsip diatas, sangat diharapkan suatu pernikahan akan tetap langgeng, dan bisa berjalan dengan sebaik-baiknya sehingga pernikahan tersebut dapat diraih suatu kebahagiaan yang luar biasa kepada setiap pasangan atau keluarga. Semoga bermanfaat bagi kita semua.