Wednesday, November 12, 2014

Cara Ekstrem Kurangi Kemacetan Lalu Lintas

traffic jam

Kemacetan sudah menjadi "makanan" sehari-hari bagi kita pengguna jalan raya yang kadang membuat stres, kesal dan marah. Karena ketika kita terjebak di kemacetan, maka waktu tempuh ke tempat tujuan menjadi lebih lama,terkena polusi udara yang mengancam pada kesehatan, rentan dengan kecelakaan lalu lintas, pemborosan bahan bakar minyak dan efek negatif lainnya.

Perlu kita ketahui bersama mengapa kemacetan selalu hadir dihadapan kita. Ini merupakan masalah besar yang patut kita pecahkan bersama-sama. Tidak hanya menyalahkan pemerintah dan menuntut mereka saja dalam proses penyelesaiannya. Semestinya kita sebagai bagian dari penyebab kemacetanlah yang harus sadar akan hal ini. Kemacetan hanya bisa diatasi jika kita semua sebagai masyarakat secara luas bekerjasama besar-besaran.

Bukankah jika ada masalah kecil atau besar seperti kemacetan ini dikerjakan bersama-sama oleh seluruh masyarakat di sebuah negara, akan lebih cepat selesai dan berdampak besar positif bagi kita semua?

Di berbagai negara yang bermasalah dengan kemacetan di jalan raya adalah sebab dari melimpah ruahnya kendaraan pribadi dibanding kendaraan umum. Kendaraan umum yang bersifat kolektif lebih bisa mengurangi berlalu lalangnya kendaraan pribadi di jalan. Seharusnya pemerintah lebih fokus dan berkonsentrasi untuk mengembangkan dan memperbaiki transportasi publik dibanding memberikan ruang bagi perusahaan otomotif memproduksi kendaraan pribadi dan dijual ke masyarakat.

Kemacetan yang disebabkan oleh banyaknya kendaraan pribadi ini lebih berdampak pada kesehatan masyarakat. Masyarakat kita akan mudah mengalami gangguan kesehatan dari polusi udara, suara bising kendaraan dan kondisi negatif lainnya.

Dengan tekad yang kuat dari kita semua sebagai masyarakat, dari pemerintah hingga rakyat biasa. Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kemacetan di jalan raya:

1. Menggunakan sepeda, yang tanpa mesin, tanpa polusi udara dan suara, bentuk yang lebih ramping atau kecil dibanding motor atau mobil.

2. Menggunakan angkutan atau transportasi umum, yang bersifat kolektif, bisa menampung lebih banyak orang secara bersama-sama dalam 1 kendaraan. Agar transportasi umum bisa menarik minat masyarakat untuk menggunakannya, perlu upaya meningkatkan pelayanan dan fasilitasnya.

3. Pemilikan kendaraan pribadi maksimal 1 buah untuk semua dalam 1 rumah.

4. Berjalan kaki yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Demikian tips yang bisa kita jalankan secara bersama agar problem kemacetan ini akan bisa terselesaikan dengan mudah. Ingat, bahwa kesadaran akan kemacetan ini adalah masalah bersama, jadi dalam penyelesaiannya juga adalah secara bersama-sama. Semoga bermanfaat untuk kita semua.