8 Tips Jitu Tingkatkan Kemampuan Otak


Otak merupakan organ tubuh paling penting untuk manusia yang berperan seperti prosesor pada komputer. Semua aktivitas tubuh diatur dan diproses secara cepat dan baik oleh otak. Oleh karena itu, dalam bidang kedokteran sudah banyak para peneliti yang selalu aktif dan tertarik dalam penelitian tentang keajaiban dan betapa tingginya kemampuan otak manusia.

Penelitian mengenai otak tidak akan ada selesainya karena selalu ada saja kajian terbaru yang memusatkan perhatian tentang cara kerja otak dan bagaimana cara agar otak semakin naik kemampuan ataupun kekuatannya.

Bahkan jika dibandingkan dengan berbagai makhluk di dunia, otak ternyata memiliki ciri dan sifat khas tersendiri. Bersyukurlah kita sudah dianugerahi otak yang tak terhingga nilainya oleh Tuhan. Kita sebagai manusia sebaiknya untuk selalu menjaga dan memanfaatkannya untuk melakukan aktivitas positif sehari-hari. Ingat, jika otak kita selalu berpikir dan bertindak untuk hal baik, maka efeknya juga akan baik pada diri kita baik jiwa dan raga.

Banyak orang ingin mendapatkan otak yang sehat, baik dan cerdas. Sebenarnya ada berbagai cara yang ditempuh orang agar mereka bisa mendongkrak kekuatan dan kemampuan otak. Bahkan tanpa perlu dibatasi berapa usia seseorang, dikarenakan organ otak akan selalu mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

Dalam waktu 24 jam, otak kita selalu aktif bekerja menjalankan berbagai macam tugas dan fungsinya. Beberapa studi limiah menyatakan bahwa ada waktu tertentu yang bagus dalam mendongkrak kekuatan otak agar bisa berfungsi lebih baik karena kita semua tahu otak memiliki pekerjaan yang tidak sedikit dalam mengatur dan memproses organ-organ tubuh lainnya. Waktu pagi adalah waktu yang tepat untuk melatih otak agar lebih terpacu kekuatan dan kemampuannya serta tidak terkecuali untuk memelihara otak tetap sehat. Di pagi hari, otak lebih segar karena sudah mengalami istirahat di malam hari saat tidur. Jadi, ketika pagi otak dapat dimulai dengan aktivitas tertentu untuk mendongkrak otak supaya lebih encer dan siap tempur.

Mungkin Anda bertanya-tanya dan penasaran, bagaimana cara dan tips agar kemampuan otak menjadi lebih baik dan sehat. Hasil yang ditunjukkan oleh para ahli otak, ada delapan cara mudah dalam menaikkan kinerja otak pada saat pagi hari.

Apakah Anda ingin otak bisa bekerja lebih optimal dan cerdas? Anda akan mengetahui banyak cara yang bisa diterapkan.

Tidak dapat dipungkiri, makanan adalah faktor terpenting dalam proses meningkatkan kemampuan otak. Tidak seperti yang dilakukan oleh sebagian orang seperti mengkonsumsi obat-obatan khusus.

Makanan di dalam pandangan banyak orang hanya dianggap berfungsi sebagai asupan atau sumber energi untuk tubuh.

Namun faktanya makanan disamping sebagai sumber energi juga bisa menambah daya kemampuan otak. Makanan sebaiknya tidak dianggap juga sebagai pemuas lidah semata, dengan hanya menikmati rasa makanan yang lezat tapi juga harus dipilih makanan apa saja yang dapat bermanfaat untuk kesehatan dan kemampuan otak agar lebih baik.

Pagi hari adalah saat dimana kita memulai aktivitas harian seperti sekolah, bekerja, dan lain sebagainya. Pertama dan utama yang harus diperhatikan adalah kita harus mengawalinya dengan sarapan yang menyehatkan.

Otak kita akan menjadi lebih nyaman dalam berpikir untuk digunakan dalam pengambilan keputusan dan bersemangat dalam belajar bermacam hal apapun. Tidak heran, jika kita sekolah dari kecil terasa lebih segar jika dijalani di pagi hari.

Tak terkecuali dalam hal olahraga, pagi bisa dijadikan waktu yang baik untuk melakukan aktivitas tersebut karena didukung dengan adanya udara yang masih segar dan bersih dari polusi. Otak akan lebih menyerap oksigen dibanding karbon dioksida dan zat polusi lain.

Pasti Anda penasaran tentang bagaimana cara dan tips memperbaiki kekuatan otak pada saat pagi hari. Berikut ini ada 8 cara yang bisa dilakukan untuk menambah kapabilitas otak agar lebih optimal.


1. Biasakan mandi dengan air dingin di pagi hari

Siapa yang menyangka bahwa mandi pagi hari dengan air dingin ternyata bisa membuat otak kita menjadi kuat. Hal tersebut tidak bisa diperoleh jika seseorang mandi dengan air hangat. Cara ini terlihat sederhana namun punya efek baik dan berkaitan erat dengan otak.

Selalu rutinkan mandi menggunakan air dingin segera sesudah Anda bangun pagi hari. Dalam penelitian, alangkah lebih baik jika mandi saat sebelum subuh karena dinyatakan bisa mencegah berbagai penyakit. Badan Anda akan menjadi lebih segar terutama otak Anda.

Mandi pagi sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan dan juga kinerja otak agar bisa produktif dalam bekerja dan belajar hal apapun.


2. Membaca tulisan atau buku bermanfaat

Kegiatan membaca sudah jelas dapat merangsang otak Anda untuk berpikir mulai dari mengenali huruf demi huruf, kalimat demi kalimat sampai Anda mencerna dan memahami informasi yang Anda baca. Dengan membaca otak akan lebih muda, melatih kemampuan mengingat, terhindar dari stres, dan juga menambah wawasan positif Anda dalam hidup.


3. Selalu tidur teratur dan tepat waktu secara disiplin

Usahakan agar Anda selalu bangun pagi secara teratur pada waktu yang sama. Mengapa ini penting, karena otak Anda akan juga mudah dalam membiasakan otak dan tubuh Anda bangun pagi pada waktu yang sama secara teratur setiap hari.

Walaupun bangun pagi pada waktu yang sama cukup sulit dilakukan oleh sebagian orang, cara ini patut dan bagus sekali untuk diterapkan karena pengaruhnya besar pada kekuatan otak.

Jadi, keistimewaan bangun pagi dengan waktu yang sama akan mempermudah Anda dalam mengambil keputusan dan lebih jernih dalam berpikir, serta dapat memaksimalkan energi Anda selalu dalam keseharian.


4. Bersantai sambil minum kopi

Nikmatnya jika pada pagi hari kita bisa merasakan nikmatnya kopi meskipun secangkir saja. Kopi dapat mengaktifkan dan mendongkrak kemampuan otak.

Hasil penelitian membuktikan, bahwa dengan minum kopi dalam kadar yang secukupnya saja bisa membuat otak lebih cemerlang dan menambah daya ingat.


5. Mulai dengan sarapan sehat dan bergizi

Banyak yang menganggap sarapan adalah hal yang bisa saja dilakukan atau ditinggalkan. Padahal, waktu pagi adalah waktu yang baik untuk memberikan asupan energi pada tubuh melalui makanan yang sehat dan bergizi.

Jika Anda ingin menaikkan kemampuan otak dengan mudah, lakukan sarapan sehat setiap pagi untuk memulai aktivitas dengan lancar dan semangat.


6. Rutin berolahraga setiap pagi

Apa artinya jika selalu mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, tapi tidak rutin melakukan olahraga. Salah satu aktivitas yang bisa membuat peredaran darah lebih lancar adalah berolahraga. Olahraga sangat berguna untuk mengalirkan zat-zat gizi ke seluruh bagian tubuh.

Anda tak usah khawatir olahraga apa yang cocok untuk meningkatkan kinerja otak. Tidak perlu olahraga yang rumit dan berat. Cukup lakukan olahraga yang menurut Anda ringan, seperti jalan kaki dan jogging. Itu cukup membantu badan Anda lebih segar dan membangkitkan kemampuan otak Anda serta mampu memperkuat memori Anda. Anda bisa langsung mendapatkan manfaat jalan kaki secara rutin yaitu tubuh terasa segar.


7. Bermain teka-teki silang

Otak adalah organ yang salah satunya berfungsi untuk berpikir, maka dari itu latihlah agar otak menjadi lebih tajam dan cerdas.

Ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk melatih otak Anda yaitu dengan sering menjawab pertanyaan teka-teki silang atau menyusun puzzle. Apalagi sekarang bagi Anda yang menggunakan smartphone lebih mudah mendapatkan permainan ini untuk dijadikan sarana latihan otak Anda agar lebih meningkatkan kemampuan.

Anda bisa melakukannya pagi hari, tapi ingat jangan terlalu lama bermain ini. Karena ada aktivitas yang lebih penting dari bermain puzzle atau teka-teki silang.


8. Waktu tidur yang cukup sekitar 7 jam

Otak pasti akan mengalami kelelahan ketika sepanjang hari bekerja memproses semua aktivitas tubuh. Tidur yang cukup dan proporsional adalah solusi untuk mengistirahatkan otak dan jalan untuk meningkatkan kekuatan otak Anda.

Khusus untuk orang dewasa, waktu yang diperlukan untuk tidur yang memadai adalah selama 7 jam agar memperkuat otak.

Buat tidur Anda lebih nyenyak dan aman dari gangguan. Matikan alat elektronik maupun gadget di kamar Anda, karena dapat merusak otak Anda pada saat tidur. Matikan lampu kamar, agar tubuh tidak tersinari gelompang panas radiasi dari cahaya lampu. Tubuh Anda pun akan lebih segar dan enteng ketika bangun dari tidur.

Postingan Populer

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Waspada 5 Risiko Penyakit Akibat Toilet Kotor

Cara Merawat Baju Rajut Dengan Benar

8 Strategi Membasmi Rasa Malas

6 Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis Agar Tidak Mengelupas