Sunday, November 9, 2014

Inilah Penyebab Maraknya Tindak Kekerasan

Semakin maraknya tindak kejahatan dan kekerasan merupakan masalah serius yang ada di sekitar kita. Betapa tidak, dengan adanya kekerasan di masyarakat, maka tindak kejahatan akan menjadi suatu hal yang biasa dan tentunya akan meresahkan dan membuat takut masyarakat.  Sehingga merusak tatanan dan ketertiban di masyarakat. Tidak tertutup kemungkinan tindakan kekerasan akan merebak luas di masyarakat.

Kita bisa lihat di berbagai media, banyak terjadi tindak kekerasan dan kejahatan yang dilakukan, dari yang bersifat ringan sampai berat. Dengan semakin merajalelanya hal seperti ini, kita perlu menyadari betapa pentingnya untuk segera melakukan upaya antisipasi dan penanganan secara baik fenomena ini.

Mengapa tindak kekerasan yang berujung pada tindak kejahatan selalu terjadi di masyarakat? Untuk itu, mari kita simak beberapa penyebabnya berikut ini:


1. Tontonan film atau sinetron dan sejenisnya yang menonjolkan tindak kekerasan.

2. Berita tentang kejahatan

3. Orang tua yang mencontohkan kekerasan dalam rumah tangga

4. Bahan bacaan seperti buku yang menceritakan dan menampilkan gambar kekerasan

5. Lingkungan masyarakat yang kurang baik

6. Masih kurangnya pendidikan akhlak dan agama di dalam lingkungan keluarga

Dari informasi diatas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa kita sebagai manusia yang berperan penting untuk menciptakan suasana dan lingkungan yang baik, jauh dari tindak kekerasan, mencegah hal-hal yang menampilkan kekerasan agar orang-orang terdekat kita terhindar dari segala hal yang berbau kekerasan. Ciptakanlah kondisi yang positif, bermoral, berbudi pekerti sehingga di dalam lingkungan kita tercipta suasana damai. Semoga ini bisa menjadi pelajaran berharga bagi kita semua.