Wednesday, January 21, 2015

11 Pekerjaan Tepat untuk Seorang Introvert

11 tipe profesi untuk introvert

Pekerjaan pada saat ini beragam jenisnya. Mulai dari yang membutuhkan keahlian berbicara, gerak tubuh, pikiran, ide, dan lain sebagainya. Setiap orang mempunyai karakter yang berbeda-beda pula dalam memilih dan menentukan pekerjaan yang cocok untuk diri sendiri. Terkadang ada orang yang rela berpindah dan berganti pekerjaan karena beberapa hal.

Khusus untuk orang-orang yang tertutup sering atau suka menikmati menghabiskan waktu sendirian. Sementara introvert pasti dapat lebih berhasil dalam karir yang memerlukan banyak interaksi pelanggan dan usaha kelompok, mereka mungkin tidak akan menyenangi hal itu. Jika Anda suka karya mandiri dengan sedikit gangguan luar, berikut adalah 11 pekerjaan terbaik untuk Anda yang introvert.

1. Paralegal
Asisten hukum atau paralegal biasanya bekerja untuk perusahaan atau perusahaan hukum Departemen Hukum. Tidak seperti pengacara, paralegal memiliki sedikit interaksi dengan klien dan bekerja di belakang layar untuk memelihara dan mengatur file, melakukan penelitian hukum dan menyusun dokumen. Gelar associate atau sertifikat studi paralegal lebih banyak disukai, tapi Anda dapat disewa tanpa pengalaman hukum jika Anda memegang gelar sarjana.

2. Catatan medis teknisi
Seperti paralegal, catatan medis teknisi melakukan banyak pekerjaan soliter organisasi. Mereka mengelola data dalam kertas dan sistem elektronik, kode dan mengkategorikan informasi pasien, dan menjaga pasien sejarah medis untuk rumah sakit dan dokter kantor. Pekerjaan ini adalah di industri perawatan kesehatan yang berkembang, sehingga kemungkinan untuk mengamankan pekerjaan tinggi.

3. Desainer grafis
Desain grafis adalah karir baik untuk seorang introvert yang punya kreatifitas. Anda akan tentu saja perlu untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan klien Anda untuk memberikan persis apa yang mereka cari, tetapi untuk pekerjaan desain sendiri dilakukan secara mandiri. Hal ini terutama berlaku jika Anda freelance desainer: menurut Biro dari tenaga kerja Statistik (BLS), sekitar sepertiga dari desainer grafis bekerja sendiri dan bekerja dari rumah.

4. Penulis teknis
Jika Anda memiliki pemahaman yang baik tentang teknologi dan mampu menyaring informasi yang kompleks menjadi istilah yang dipahami, Anda bisa mempertimbangkan untuk menjadi seorang penulis teknis. Pekerjaan ini melibatkan melakukan penelitian independen untuk menghasilkan instruksi manual dan dokumen pendukung untuk produk dan perangkat lunak. Kebanyakan bekerja di komputer dan teknik industri, namun industri lainnya juga membutuhan teknis penulis.

5. Akuntan
Sebagai seorang akuntan, sebagian besar hari kerja Anda akan dihabiskan berurusan dengan angka-angka daripada orang, sehingga pekerjaan yang besar bagi introvert dengan keterampilan matematika dan organisasi yang kuat. Akuntan dan auditor memeriksa pernyataan dan catatan, menilai operasi keuangan dan menyiapkan dokumen pajak untuk klien. Anda akan terutama asyik dalam pekerjaan Anda selama musim pajak, meninggalkan sedikit atau tidak ada ruang bagi siapa saja untuk mengganggu Anda.

6. Programmer komputer
Ingin menghabiskan hari-hari Anda di balik layar menulis kode? Pemrograman komputer bisa menjadi pekerjaan yang ideal. Anda akan bertanggung jawab untuk mengubah program-program yang dirancang oleh pengembang perangkat lunak menjadi dapat dibaca petunjuknya untuk komputer. BLS mengatakan bahwa programmer kebanyakan bekerja di industri yang terkait dengan desain sistem komputer, sehingga Anda akan memerlukan gelar dalam ilmu komputer (atau setidaknya-ahli pengetahuan tentang bahasa pemrograman).

7. Sopir truk
Mengemudi truk bisa menjadi pekerjaan impian seorang introvert. Menjadi sopir truk menjadi karir yang sulit bagi seseorang dengan keluarga, orang-orang yang ingin keluar di jalan terbuka dan melihat banyak tempat yang berbeda mungkin akan menemukan kepuasan sebagai sopir truk. Yang Anda butuhkan adalah commercial driver's lisensi dan ijazah sekolah tinggi.

8. Teknisi laboratorium
Bekerja sebagai teknisi laboratorium memungkinkan Anda untuk membantu mendiagnosa pasien tanpa benar-benar harus berinteraksi dengan mereka. Anda akan bekerja dengan fasilitas perawatan kesehatan atau laboratorium untuk menjalankan tes pada sampel cairan, jaringan dan zat-zat lainnya yang dikumpulkan dari pasien. Itu tidak ada tempat untuk pertemuan individu, tetapi jika Anda dapat berdiri berhadapan dengan darah, Anda akan mendapatkan kesendirian Anda mencari dalam suasana tenang laboratorium.

9. Analis riset pasar
Ini berfokus pada data pekerjaan mengharuskan Anda untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang kondisi pasar untuk menentukan potensi penjualan produk dan jasa. Anda mungkin harus mempersiapkan dan menyajikan laporan temuan Anda kepada para eksekutif perusahaan, tetapi sebagian besar analis riset pasar pekerjaan yang dilakukan secara mandiri. Gelar sarjana dan matematika yang kuat dan keterampilan analitis adalah sebuah kewajiban.

10. Penerjemah
Jika Anda fasih dalam dua bahasa, Anda dapat bekerja sebagai penerjemah mengkonversi dokumen tertulis dari satu bahasa lain. Memperluas hubungan internasional dan peningkatan jumlah penutur non-bahasa Inggris di AS membuat ladang ini berkembang pesat, dengan proyeksi pertumbuhan sebesar 42 persen pada tahun 2020, menurut BLS. Kebanyakan penerjemah adalah wiraswasta dan bekerja pada proyek-proyek untuk berbagai klien.

11. Penulis Buku atau Blog
Sekarang media tulis tidak hanya melalui buku saja, tetapi teknologi internet yang memungkinkan seseorang introvert dapat bekerja dan berpenghasilan melalui blog yang dikelolanya sendiri. Menjadi penulis buku atau blog tidak membutuhkan banyak waktu dengan orang banyak di luar sana. Hanya fokus pada menulis artikel, opini dan lainnya ke dalam buku atau blog online. Perlu ruang khusus untuk tenang dalam bekerja sebagai penulis ini.

Itulah 10 macam pekerjaan atau profesi yang bisa dijalankan oleh seorang yang bersifat introvert atau tertutup. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita semua. Pekerjaan yang baik adalah yang bisa dijalani dengan senang hati, sesuai dengan minat dan keterampilan yang ada. Semoga bermanfaat dan sukses.