Wednesday, September 16, 2015

15 Ciri Pria Setia


Bagi para wanita, mendapatkan pria yang punya sifat setia pada pasangan adalah dambaan terbesar dalam hidup. Cinta bisa dijalankan dengan harmonis dan selalu membawa kehidupan rumah tangga ke arah yang lebih baik. Betapa bahagianya wanita jika memiliki pasangan pria yang setia dan berkomitmen pada hubungan cinta yang dibangun secara serius.

Sehubungan dengan hal itu, para wanita sebaiknya mengetahui ciri-ciri pria yang setia terhadap pasangan agar bisa menjalani hubungan asmara yang baik, awet dan memberikan dampak positif bagi kehidupan.

Secara logika, mendapatkan pasangan pria yang setia bisa dibilang gampang susah. Namun untuk para wanita tak ada salahnya untuk mempelajari bagaimana sih ciri dari pria yang setia. Berikut 15 ciri dari pria yang setia dan cocok untuk dijadikan pasangan hidup yang baik untuk wanita.

1. Pria Setia selalu berusaha dan pandai mengontrol emosi

Emosi bisa saja menjadi tak terkendali karena sesuatu hal yang dialami pria. Seperti pria yang kesal kepada pasangan wanitanya karena terlambat datang ke suatu tempat. Sangat berbeda jika pria yang pnya rasa setia, tidak akan mudah tersulut emosinya hanya karena masalah kecil yang menimpanya. 

Pria setia mampu lebih bersabar pada situasi yang buruk dan tidak mengucapkan kata-kata kasar dan dengan nada yang tinggi. Pria setia mampu mengendalikan suasana yang sedang tidak baik menjadi baik. 

Apabila si pria tidak mampu mengendalikan emosi misalnya marah dan kesal. Hal itu berarti dia tidak punya rasa malu terhadap apa yang dia lakukan serta wibawa dan kedewasaan seorang pria menjadi tidak muncul dalam dirinya.

2. Pria setia selalu memberikan rasa hormat dan penghargaan kepada wanita

Wanita pasti ingin selalu dihormati dan dihargai oleh pria. Untuk itu ciri pria setia pastilah selalu menghormati dan menghargai pasangan wanitanya sampai kapanpun dan dimanapun. Si pria tidak ingin pasangan wanitanya menjadi terlecehkan ataupun merasa rendah diri karena statusnya sebagai wanita. 

Pria setia selalu menganggap wanita adalah manusia yang harus dihormati dan dimuliakan sebagaimana dia memuliakan orang tuanya, khususnya ibu. Apabila dalam berdiskusi atau membicarakan suatu hal, si pria selalu mendengarkan baik dan seksama apa yang disampaikan pasangan wanitanya. Meskipun terkadang pasangan pria dan wanita berbeda pendapat. 

Disini si pria dapat menghargai opini pasangan wanitanya. Sikap dan perkataan yang ditunjukkan oleh si pria terhadap wanita selalu sopan dan penuh santun agar pasangan wanitanya merasa nyaman ketika berkomunikasi dengan si pria. Jauh berbeda bagi pria yang tidak setia pada pasangan, yaitu yang kerap meremehkan, tidak perhatian dan bahkan melakukan tindakan tidak senonoh pada pasangan wanitanya. 

3. Pria setia berusaha dan selalu membuktikan bahwa dia bisa menepati janjinya

Betapa kesalnya jika punya pasangan yang selalu ingkar janji dan berbohong. Itulah tanda yang patut diberi tanda khusus sebagai pria yang tidak setia pada pasangan. Sebaliknya, pria yang setia selalu menepati janjinya. Karena dia sadar bahwa janji adalah hutang dan hutang wajib untuk dibayar. 

Sebagian pria ada yang menganggap janji tidak dianggap bukan sesuatu yang mesti ditepati, hanya buat main-main atau hanya sebagai cara untuk menarik simpatik pasangan. Padahal janji merupakan suatu cara untuk membuktikan pada pasangan bahwa si pria memang menunjukkan cinta dan kesetiaannya.

Didalam kondisi tertentu, janji terkadang sulit dipenuhi karena sesuatu hal yang tidak diinginkan, diluar rencana atau urusan yang lebih penting dan mendesak. Pria itu akan berkata jujur dan memohon maaf kepada pasangan wanita mengapa dia gagal menepati janji. Selanjutnya, dia akan mencoba berbicara baik-baik kepada pasangan mengenai apa yang terjadi dan berbicara dari hati ke hati bagaimana memecahkan masalah yang telah terjadi. 

Janji tetaplah janji, pria setia selalu rela berkorban untuk menepati janjinya walaupun itu adalah hal yang sepele. Pria setia tidak selalu memberi janji namun tanpa diketahui oleh pasangan wanita, di dalam diri si pria punya niat dan usaha yang kuat untuk membuktikan dan memberikan sesuatu yang bisa membahagiakan pasangan. Apa yang dibicarakan selalu sesuai dengan tindakannya. Di lain waktu, si pria bisa saja memberikan kejutan tanpa sepengetahuan dan tanpa janji terlebih dahulu kepada pasangan wanita.

4. Pria setia tidak ada keinginan untuk mencoba tindakan konyol

Pasangan pria yang setia adalah tidak ada keinginan sedikitpun untuk mencoba berhubungan dengan wanita lain atau istilah lain selingkuh. Selingkuh atau mencoba mendekati wanita lain adalah dianggap oleh pria setia merupakan tindakan yang merusak kredibilitas dan hal yang konyol lagi memalukan.

Kesetiaan adalah harga mati untuknya. Rasa ingin yang tulus untuk setia kepada pasangan wanita adalah modal berharga untuk membangun hubungan pernikahan agar lebih harmonis dan langgeng.

Pria yang memang ingin pernikahan yang serius selalu berfokus pada pasangan wanita dan keluarga. Si pria selalu berjuang bagaimana agar ikatan pernikahan selalu baik, harmonis, penuh cinta dan kasih sayang. Pria yang setia menganggap bahwa perselingkuhan merupakan aib besar dan bisa menjatuhkan harga diri dalam lingkungan keluarga maupun masyarakat.

5. Pria setia tak mengharap perhatian lebih dari pasangan wanita

Keberadaan pasangan wanita disamping pria serta keluarga sudah sangat berharga bagi dirinya. Tanpa perlu pusing dan gusar ingin mendapatkan perhatian dari pasangan wanita. Justru si pria lah yang ingin selalu berusaha memberikan perhatian dan kepeduliannya pada pasangan wanita. 

Sebagai pria setia, dia tidak ingin pasangan wanitanya mengalami kesusahan sedikit pun, tetap mencoba memberikan perhatian khusus kepada pasangan wanita. Pria setia selalu merasakan hati yang bahagia dan penuh semangat jika sudah berada dengan pasangan wanitanya. Dia menganggap, dalam pernikahan, kebersamaan sangat berarti besar bagi dirinya.

6. Pria setia tetap bersyukur pada pasangan wanitanya

Pria yang telah memperoleh cinta atau pasangan hidup tentunya ingin memelihara hubungan supaya tetap baik. Oleh karena itu, bagi pria setia sangat bersyukur mempunyai pasangan wanita dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. 

Sebagian orang tidak setia karena selalu melihat kekurangan pasangan. Kekurangan memang selalu ada pada setiap orang. Namun bukan untuk dijadikan alasan untuk berpisah, tetapi jadikan itu sebagai pemicu untuk menutupi kekurangan pasangan dan melihat secara lebih mendalam kelebihan yang dimiliki pasangan.

Bagi pria setia dan berkomitmen, memiliki pasangan harus selalu disyukuri dan dijadikan sebagai pemicu semangat agar lebih memaknai anugerah kehidupan yang telah diberikan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Karena dengan memiliki pasangan sah dapat membuat hati menjadi tenang dan sarana yang tepat untuk berkasih sayang.

Dalam perjalanannya, hubungan pernikahan memang didapati rasa bosan. Pria setia akan berusaha bagaimana agar hubungan pernikahan tetap mesra, harmonis dan baik. Lebih baik mempertahankan dan memperbaiki hubungan yang telah dijalin dari awal daripada berpikir untuk berpisah yang berdampak negatif bagi kedua belah pihak. Pria setia selalu berusaha menemukan cara agar pasangan wanitanya bertambah rasa sayang kepadanya.

7. Pria setia selalu berusaha untuk percaya diri dan bertanggung jawab atas pasangannya

Masalah selalu ada dalam perjalanan dalam pernikahan. Pria setia memiliki rasa percaya diri atas apa yang terjadi di hadapannya. Dengan penuh keyakinan dia bisa   memecahkan masalah yang ada. Putus asa dan menyerah bukanlah sifat dari pria setia. Namun rasa tanggung jawab atas apa yang terjadi itulah yang menjadi karakternya. Pria setia selalu merasa bertanggung jawab kepada pasangan wanitanya. Dia merasa pasangannya perlu sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya, baik itu masalah agama, akhlak, ekonomi, kesehatan, kesejahteraan dan sebagainya. Pria yang baik dan setia akan berusaha secara serius dan bertanggung jawab untuk selalu memberikan bimbingan kepada pasangan wanitanya. Setiap keputusan yang dibuat akan dia pertanggungjawabkan apapun yang terjadi dan bisa meyakinkan bahwa itulah yang terbaik.

8. Pria setia selalu berkata jujur kepada pasangan wanita

Tidak bisa dipungkiri kejujuran merupakan modal sangat berharga tidak hanya dalam kehidupan pernikahan tetapi dalam segala bidang kehidupan. Jika kejujuran dapat ditunjukkan oleh pria, maka dapat dikatakan pria itu adalah pria yang setia pada pasangannya. Pria setia selalu berkata jujur dan terbuka apa adanya kepada pasangan wanita. Dia selalu mau berbagi apa yang memang dia ingin katakan. Tidak ada yang ingin dia tutupi dari hal yang menyangkut si pria tersebut kepada pasangan wanita. Selayaknya dan seharusnya, dalam pernikahan keduanya saling jujur. Apa artinya jika salah satu pihak saja yang bersikap jujur sedangkan pihak lainnya tidak jujur. Hasil yang indah dari sikap saling jujur adalah rasa percaya. Rasa percaya akan menghasilkan hubungan yang harmonis dan sehat.

9. Pria setia selalu mandiri

Pria setia akan berpikir ke depan apa yang baik bagi dirinya dan pasangan. Jika dia menginginkan sesuatu, dia tidak berharap pada orang lain dan tidak terlalu tergantung dengan orang lain. Dia akan berusaha sekuat tenaga dan secara mandiri melakukan sesuatu yang positif jika dia yakin bisa megerjakan sendiri walaupun itu adalah hal yang sepele. Hidup manja bukanlah termasuk sifat dari pria setia. Dia punya prinsip mandiri dalam hidup dan itu penting bagi dirinya untuk menjalani hidup agar lebih bermakna.

10. Pria setia akan selalu hadir untuk pasangannya

Bagi wanita, pria yang selalu hadir dan ada di sisinya pasti akan senang dan bahagia. Ada saatnya pasangan menginginkan keberadaan pasangan prianya hadir ketika ada masalah dan disaat itulah pria setia akan segera hadir dan siap membantu memecahkan masalah. Siap memberikan perhatian meskipun dari hal terkecil dalam hidup pasangan wanitanya. Apalagi saat ini fasilitas sangat mendukung untuk bisa hadir untuk pasangan wanita, mulai dari alat transportasi yang beragam, alat komunikasi yang juga banyak. Tidak ada alasan untuk tidak bisa mempertahankan keharmonisan rumah tangga atau pernikahan hanya karena kurang komunikasi ataupun ketidakmampuan untuk hadir bagi pasangan wanita.

11. Pria setia punya pandangan dan tujuan hidup yang jelas

Pria setia tak akan menjalani hidupnya tanpa tujuan dan target yang tidak jelas dan asal-asalan. Hidup dianggapnya bukan sesuatu yang main-main, melainkan hidup adalah tempat dimana dia bisa berbuat kebaikan dan ingin membawa hidup berkeluarga untuk bisa menuju tujuan sebenarnya. Dalam agama, tujuan yang harus dicapai adalah hidup yang baik di dunia dan akhirat. 

12. Pria setia menganggap pernikahan adalah hal yang serius dan wajib untuk dibangun dan dipertahankan

Pria setia selalu berpikir untuk tidak menjalin hubungan yang hanya main-main seperti pacaran. Bagi pria setia, pernikahan adalah jalan yang baik dan tepat untuk bisa menjalin hubungan asmara dan kasih sayang yang diberkahi. Karena hidup dalam pernikahan, arah dan tujuan hidup bisa semakin jelas dan terarah. Hidup berkeluarga baginya penting untuk menjadi orang yang lebih baik dan bermanfaat  ke depannya. Pria setia juga punya pemikiran bahwa pernikahan adalah sesuatu yang harus dijalani dengan penuh semangat dan hati yang tulus ikhlas. Baginya, pasangan wanita adalah tanggung jawab besar. Oleh karena itu dia selalu belajar dan berusaha bagaimana pernikahan itu tetap langgeng, harmonis dan bisa menghasilkan generasi yang berakhlak baik. Pernikahan merupakan suatu hubungan yang istimewa dan sakral jika dibandingkan hubungan asmara lain yang tidak jelas dan tercela seperti pacaran, perselingkuhan dan sebagainya.

13. Pria setia akan selalu memberikan senyum kepada pasangan wanitanya

Senyum adalah ekspresi wajah yang paling disukai banyak orang. Pria setia akan menggunakannya untuk menyenangkan pasangannya, walaupun dalam keadaan sedih. Senyum dapat menyejukkan suasan hati yang galau, sedih dan kesal. Pria setia sadar dengan menampilkan wajah yang ceria, bibir yang tersenyum dapat menenangkan hati dan menjadikan suasana hidup lebih nyaman. 

14. Pria setia memberikan nasehat baik kepada pasangan wanitanya

Pria setia selalu belajar hal-hal baik, ini bertujuan untuk bisa mengarahkan diri ke arah yang lebih baik dan selanjutnya dibagikan kepada pasangan yang akan mendampingi hidupnya nanti dalam pernikahan. Memberikan nasehat dan bimbingan yang baik kepada pasangan adalah hal terpuji yang patut dilakukan. Karena tujuan dari penikahan adalah saling melengkapi dan memperbaiki hal buruk menjadi baik. Pria setia akan dengan baik-baik memberikan nasehat kepada pasangan wanita mengenai apa yang mesti dilakukan, baik dalam hal apapun.

15. Pria setia tahu apa yang dibutuhkan oleh pasangan wanitanya

bagi seorang pria yang setia, memberikan apa yang memang diperlukan oleh pasangannya adalah hal yang wajib dilakukan. Karena pria sadar, sebagai pemimpin dalam rumah tangga, menafkahi pasangan wanita atau istri adalah hal yang wajib. Dia akan mencoba mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh pasangan baik bagi pasangan maupun apa yang diperlukan dalam hal rumah tangga.

Sekarang kia sudah tahu bagaimana ciri atau karakter pria yang setia terhadap pasangan wanita, yang selalu memberikan hal-hal terbaik dari dirinya untuk pasangan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua, khususnya bagi pria sejati dan mau menunjukkan kesetiaannya pada pasangan.