Monday, September 21, 2015

4 Faktor Penambah Nafsu Makan


Seiring semakin beragam jenis makanan yang ada, membuat orang banyak mempunyai pilihan untuk mengkonsumsi makanan. Hal itu diikuti dengan nafsu makan seseorang yang semakin bervariasi bahkan bertambah. Akibatnya berat badan seseorang akan naik jika tidak bisa mengontrol nafsu makan dengan benar dan baik. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bisa terkena penyakit berbahaya lain.

Ada empat hal umum yang bisa menjadi faktor mengapa seseorang bertambah nafsu makannya.

1. Makanan manis menambah nafsu makan

Tak perlu kita ragukan lagi, bahwa makanan dengan rasa manis adalah makanan yang ampuh untuk menarik minat atau mampu membangkitkan nafsu makan seseorang. Banyak sekali makanan manis pada saat ini seperti permen, kue, es krim dan sebagainya. Batasi konsumsi makanan manis, terlebih makanan mengandung pemanis sintetis.

2. Suasana hati

Ada kalanya seseorang ingin makan lebih banyak ketika kondisi hatinya sedang gembira atau senang dan tidak terkecuali ketika sedih. Tetapi tetap untuk semaksimal mungkin untuk mengontrol nafsu makan agar kesehatan tetap terjaga.

3. Faktor keturunan

Ternyata nafsu makan bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan dalam keluarga. Hal tersebut ditandai dengan tanda isyarat dari otak yang menambah nafsu makan.

4. Aktivitas menonton televisi

Bagi orang yang gemar menyaksikan acara televisi, tidak lengkap jika tanpa ditemani makanan atau camilan favorit. Apalagi acara televisi yang ditonton berdurasi panjang. Maka akan semakin besar peluang kuantitas makanan yang dikonsumsi. Akibatnya tubuh akan menerima kalori lebih banyak.

Itulah informasi mengenai faktor penyebab meningkatnya nafsu makan seseorang. Untuk itu jagalah pola makan Anda agar tetap sehat dan mendapat asupan energi yang bermanfaat untuk tubuh dan aktivitas Anda sehari-hari. Semoga bermanfaat untuk kita.