Manfaat Tak Terduga Menemani Orang Tua


Orang tua atau kakek nenek adalah orang yang penting untuk kita, oleh karena itu sangatlah baik jika mereka selalu diperhatikan selama mereka masih hidup dan ada di dekat kita. Namun terkadang ada saja waktu yang terbuang karena kita sibuk dengan pekerjaan atau pendidikan di sekolah sehingga membuat kita agak jarang bersama orang tua atau kakek nenek kita. Tetapi dengan langkah sederhana misalnya menemani mereka saja malah bisa menolong orang tua dan kakek nenek kita lebih lama usianya. Bukankah kita ingin lebih lama bersama orang tua dan kakek nenek kita?

Berdasarkan informasi dari Womenshealthmag, sebuah riset membuktikan bahwa menemani orang tua bisa menambah umur mereka. Riset yang dilaksanakan di University of California, San Francisco mendapati bahwa kesepian yang dialami orang tua berperan penting terhadap berkurangnya kesehatan mereka.

Tidak tanggung-tanggung, riset ini dijalankan kepada 1.600 orang dewasa yang berumur sekitar 71 tahun. Riset ini menyingkirkan bermacam sebab lain dan sekedar tertuju pada keadaan kesepian yang dialami kepada tingkat kematian.

Nyaris 23% peserta yang kesepian meninggal dunia dalam jangka 6 waktu riset. Di sisi lain, pada orang tua yang tidak merasa kesepian dan punya kawan, hasilnya cuma 14%.

''Keperluan kita sepanjang hidup terhadap orang yang mengetahui, menghargai dan memberi kita krasa gembira, tak akan pernah lenyap,'' ungkap Barbara Moscowitz dari Massachusetts General Hospital.

Orang tua atau lanjut usia begitu menghargai hubungan ini sehingga mereka menilanya sebagai sesuatu yang penting ketimbang anak atau cucu mereka. Seorang profesor perkembangan manusia dari Virginia Tech, Rosemary Blieszner berkata bahwa kemampuan orang tua dalam membangun hubungan ini penting sekali untuk usia hidup mereka.

''Mereka begitu toleran dengan ketidaksempurnaan dan keanehan kawan mereka, ketimbang pada orang dewasa yang lebih muda usianya,'' jelas Blieszner.

''Anda akan memberi lebih banyak pengalaman untuk pertemanan saat usia tua. Anda mengerti hal yang patut diperjuangkan dan yang tidak,'' sambungnya.

Ketimbang mengajak orang tua, kakek, nenek, atau keluarga yang berumur tua ke rumah, lebih utamakan untuk memotivasi mereka memelihara hubungan pertemanan. Karena berlainan dari yang kita pahami, orang tua condong untuk bisa menyesuaikan dalam kehidupan. Kita cuma perlu untuk mendukung sebuah lingkungan untuk bersama, berhubungan dan berkembang.

Meski begitu, meluangkan waktu bersama kakek nenek ini disamping membantu mereka memelihara kesehatan pun bisa membantu kita memelihara hubungan. Mereka mendapat obrolan dan ditemani yang krusial untuk kehidupan, sedangkan kita memperoleh kisah dan pengalaman yang mereka bagikan.
manfaat jalan pagi

Popular posts from this blog

Lima Makanan Ini Ampuh Obati Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Mau Badanmu Kurus? Lakukan 4 Cara Sederhana Ini

6 Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis Agar Tidak Mengelupas

Manfaat Buah Rambutan Untuk Ibu Menyusui

Mau Ginjal Kamu Sehat? Konsumsi 5 Buah Ini

VIVA