Tuesday, October 20, 2015

Inilah Manfaat Kesehatan dari Telur Puyuh


Telur Puyuh adalah salah satu telur yang populer di masyarakat karena bentuknya yang kecil dibanding telur bebek dan ayam. Ciri khas lainnya yaitu terdapat bercak hitam pada kulit telur puyuh. Inilah yang membuat unik dan menarik dari telur puyuh.

Bisa dibilang telur puyuh adalah sumber makanan yang banyak dicari orang disamping telur ayam dan bebek. Tidak hanya telur ayam dan bebek saja yang mudah diperoleh, telur puyuh pun seperti itu, kita sangat mudah dalam mendapatkannya di pasaran.

Telur puyuh yang bentuknya kecil dibanding telur lain tidak bisa dianggap remeh, karena dalam telur puyuh terkandung banyak gizi yang lebih banyak dibanding telur ayam dan bebek. Bagi orang yang belum tahu lebih dalam tentang telur puyuh pasti akan tertarik untuk mencari dan mengkonsumsinya.

Telur puyuh tidak hanya terkenal di Indonesia saja, namun sudah sampai ke kawasan Eropa Barat dan Amerika Utara. Disana telur puyuh termasuk dalam makanan yang mewah. Bisa Anda bayangkan betapa istimewanya telur puyuh.

Pada umumnya telur puyuh mempunyai berat yang berkisar antara 10 sampai 12 gram dan tersedianya berbagai unsur nutrisi yang diperlukan tubuh agar menjadi sehat. Nilai gizi yang terdapat dalam telur puyuh sungguh luar biasa, yaitu empat kali lebih banyak dibandingkan telur ayam. Berbanding terbalik jika diukur dari berat tulur puyuh yang dimiliki sekitar lima kali dari telur ayam yang berkisar sampai 70 gram.

Berikut manfaat dan khasiat yang bisa kita dapatkan dari telur puyuh yang sangat banyak kandungan gizi dan nutrisinya.

1. Telur puyuh memiliki protein yang baik
Dari 100 gram telur puyuh terdapat kandungan 13,05 protein. Sedangkan pada telur ayam dan bebek dibawah dari angka tersebut. Ini membuktikan protein pada telur puyuh lebih baik dibanding telur ayam dan bebek.

2. Pada umumnya protein dari hewani sangat lambat untuk dicerna oleh tubuh. Berbeda dengan protein telur puyuh sangat mudah dicerna oleh tubuh.

3. Bagi yang mengalami alergi terhadap telur tidak akan bermasalah dengan mengkonsumi telur puyuh ini karena kadar globulin pada telur puyuh lebih rendah dibanding dengan telur ayam.

4. Telur puyuh sangat baik berperan sebagai nutrisi otak.

5. Kolin sangat banyak pada telur puyuh. Manfaat kolin adalah untuk membantu proses perkembangan pada fungsi otak. Sebagai informasi, kolin juga berperan dalam pengantar sinyal saraf karena merupakan bagian dari komponen asetilkolin. Dengan mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung kolin termasuk telur puyuh ini, akan dapat menambah daya kerja sinyal saraf otak yang akan berdampak positif pada kekuatan ingatan pada anak-anak dan mencegah penyakit pikun pada usia lanjut.

Kandungan kolin pada telur puyuh dan telur bebek berkisar 263,4 mg. Hal tersebut lebih besar dibanding telur ayam. Perlu diingat, kebutuhan kolin pada tiap orang pun berbeda-beda.

6. Bagi para ibu yang sedang hamil dan menyusui, mengkonsumsi telur puyuh yang mengandung kolin sangat dianjurkan karena sangat bagus untuk membantu perkembangan dan kesehatan otak janin yang dikandung.

7. Selain untuk otak, kolin juga berfungsi untuk menurunkan risiko matinya sel pada janin. Ini bermaksud untuk meminimalisir risiko cacat pada bayi dan mengurangi risiko terjadinya keguguran. Pada saat menyusui, kolin berguna untuk membuat perkembangan otak menjadi lebih baik pada bayi.

8. Hasil riset yang telah dilakukan oleh William dan Meck pada tahun 1999 menyimpulkan bahwa pemberian sumber makanan yang mengandung banyak kolin bagus dilakukan pada saat usia kandungan sekitar 20 sampai 25 minggu sampai melahirkan. Tujuannya untuk optimalisasi perkembangan janin agar lebih baik.

9. Riset yang dijalankan oleh Ladd dan kawan-kawan pada tahun 1993 menunjukkan hasil bahwa kolin tidak saja berguna untuk orang yang sedang dalam masa pertumbuhan, namun bisa juga untuk orang lanjut usia. Telur puyuh adalah sumber kolin yang dimaksud.

10. Bagi orang yang masih dalam usia produktif sangat bagus untuk memakan telur puyuh yang mengandung kolin karena dapat menjaga fungsi otak agar tetap sehat dan fit. Kolin juga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan memori otak yang biasanya akan mulai rusak karena usia yang sudah tua.

Demikian informasi yang luar biasa mengenai apa saja manfaat dan khasiat dari telur puyuh bagi kesehatan. Semoga informasi ini bisa Anda jadikan referensi untuk menunjang kesehatan Anda dan membuat Anda tertarik untuk mengkonsumsi telur puyuh disamping telur ayam atau telur bebek.