3 Cara Menghilangkan Rasa Malas Menghafal Al Qur'an


Tidak sepantasnya bagi seorang muslim untuk malas menghafal Al Qur’an. Sebab, bagaimana mungkin dia bisa menjadikan Al Quran sebagai pedoman hidup jika malas menghafalnya.

Selain itu, membaca dan menghafal Al Quran juga menyebabkan dada menjadi lapang, jiwa menjadi tentram, serta mendapatkan pahala yang besar dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Bagi Anda yang akhir-akhir ini merasakan semangat menghafal Al Qur’an mulai menurun, sebaiknya Anda mengikuti cara menghilangkan rasa malas menghafal Al Qur'an yang saya bagikan kali ini.

1.Niat yang ikhlas
Setiap amalan tergantung dengan niatnya. Termasuk ketika menghafal  Al Qur’an, Anda harus senantiasa menjaga agar niat Anda ikhlas dalam melakukannya. Ini merupakan salah satu cara menghilangkan rasa malas menghafal Al Qur'an.

Adanya tendensi dan niat-niat tertentu yang bertentangan dengan keikhlasan ketika menghafal Al Qur’an secara lambat laun akan memunculkan rasa bosan dan malas membaca Al Qur’an.

Oleh karena itu, perhatikan dan jagalah niat Anda ketika menghafal Al Qur’an agar senantiasa dalam rangka meraih pahala dan keutamaan dari sisi Allah Azza Wajalla.

2.Ketahui keutamaan menghafal Al Qur’an
Cara menghilangkan rasa malas menghafal Al Qur'an yang juga bisa Anda terapkan adalah mempelajari dan mencari tahu apa saja keutamaan dari menghafal Al Qur’an.

Tentu saja keutamaan menghafal rumus-rumus kimia misalnya, sangat berbeda dengan keutamaan menghafal Al Quran. Di samping mendapatkan pahala dan melapangkan jiwa, keutamaan menghafal Al Qur’an yang disebutkan dalam sebagian hadits adalah derajat di surga bagi orang yang menghafal Al Qur’an akan semakin bertambah tinggi sesuai dengan banyaknya hafalan Qur’annya.

3.Bergabung dengan komunitas penghafal Al Qur’an
Bergabung dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama akan membantu Anda untuk tetap istiqomah dan konsisten dalam melakukannya, termasuk dalam menghafal Al Qu’ran.

Jika Anda bergaul dengan sesama penghafal Al Qur’an atau bergabung dalam komunitas penghafal Al Qur’an, Anda akan tetap semangat untuk membaca menghafal Al Qur’an.

Jika semangat Anda mulai melemah, teman-teman Anda akan memberikan nasehat dan semangat kepada Anda, sehingga semangat Anda untuk menghafal Al Qur’an meningkat kembali. Ini juga termasuk salah satu cara menghilangkan rasa malas menghafal Al Qur'an yang sangat efektif.

Selain ketiga cara menghilangkan rasa malas menghafal Al Qur'an di atas, tentu Anda tidak boleh lalai untuk selalu berdoa dan meminta kepada Allah Subhanahu Wa Ta’la agar diberikan semangat untuk menghafal Al Qur’an dan kemudahan menghafalkannya.

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

Waspada 5 Risiko Penyakit Akibat Toilet Kotor

Cara Merawat Baju Rajut Dengan Benar

8 Strategi Membasmi Rasa Malas