Wednesday, August 31, 2016

Nikmatnya Berjalan Kaki yang Jarang Disadari


Jalan kaki sudah tentu dilakukan banyak orang setiap harinya. Tak pedul di dalam rumah ataupun di luar rumah. Sejak zaman dulu hingga sekarang, aktivitas jalan kaki diibaratkan gerakan yang paling banyak di bumi ini.

Ada perbedaan mencolok jika apa yang sekarang terjadi, yaitu makin banyaknya aneka jenis kendaraan yang membantu manusia dalam urusan transportasi. Keunggulannya pun membuat banyak orang mau menggunakannya diantaranya adalah faktor kecepatan.

Hal itulah yang saat ini menjadi acuan orang banyak untuk mendapatkan hasil yang cepat juga. Agar cepat sampai di tujuan ya jawabannya adalah menggunakan kendaraan. Jika hanya berjalan kaki akan lambat.

Dari sini pun saya selalu ingin mencari tidak hanya dalam hal kelebihan dalam berkendaraan. Namun ada pula motivasi saya dalam mencari sebanyak mungkin keistimewaan jika seseorang atau bahkan banyak orang berjalan kaki.

Dari sisi kesehatan begitu banyak yang dapat dijadikan alasan penting kita untuk berjalan kaki sebagai satu pilihan favorit untuk berolahraga. Dimana berjalan kaki tak membuat kita susah melakukannya. Dari anak kecil sampai orang tua.

Orang baru saja sembuh dari sakit pun sangat dianjurkan untuk berjalan kaki untuk membantu dalam pemulihan. Terbukti bahwa berjalan kaki olahraga ringan namun tinggi manfaatnya bahkan bagi orang yang baru sembuh dari sakitnya.

Dari sisi agama Islam, dimana orang terbaik di dunia ini yaitu Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wassalam sudah memberikan contoh dalam kehidupan beliau yaitu berjalan kaki ke masjid yang diganjar banyak kebaikan dan disaat beliau pergi ke pasar selalu berjalan kaki tanpa kendaraan hewan.

Itulah yang bisa saya ambil hikmahnya dibalik berjalan kaki diantaranya gaya hidup sehat dengan berolahraga ringan karena itu adalah gerakan alami manusia yang sangat mudah dijalankan untuk semua kalangan.

Berjalan kaki pun sudah dipastikan menjadi solusi dari dampak negatif yang saat ini ditimbulkan oleh kendaraan bermotor pribadi yang banyak mengakibatkan adanya polusi udara. Dengan berjalan kaki, kita tidak mengeluarkan asap beracun. Saat orang berjalan kaki pun tidak mengeluarkan suara bising atau nyaring seperti mesin kendaraan bermotor.

Anda bisa merasakan sendiri bagaimana kebisingan kota terjadi karena begitu banyaknya kendaraan bermotor memenuhi jalanan. Bandingkan jika banyak orang berjalan kaki tentunya ketenangan kota akan terjadi.

Di pemberitaan media massa pun tidak luput dari banyaknya kejadian musibah kecelakaan di jalanan dan jumlahnya pun tidak sedikit yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas. Kendaraan seperti motor dan mobil yang mempunyai daya kecepatan tinggi membuat peluang kecelakaan semakin tinggi.

Hal inilah yang membuat saya merasa perlu menyampaikan betapa pentingnya mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan menerapkan kombinasi jalan kaki dengan penggunaan angkutan umum demi mendapatkan manfaat kesehatan sekaligus mengurangi kemacetan lalu lintas yang berkaitan dengan penekanan angka kecelakaan.

Latihlah pada permulaan berjalan kaki 1 kilometer. Anda akan merasakan tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih baik karena Anda bisa berolahraga secara santai sambil melihat pelan-pelan pemandangan sekitar Anda dan bisa menyapa serta memberikan senyuman kepada orang yang Anda temui saat berpapasan. Anda pun akan merasa bahagia.

Apalagi itu Anda lakukan saat pagi hari, tentu saja Anda bisa menghirup udara segar dan akan memperbaiki asupan oksigen Anda ke dalam tubuh. Pagi-pagi jalan kaki berbelanja ke pasar terdekat mungkin bisa menjadi pilihan harian Anda dalam beraktivitas. Kombinasi berjalan kaki, berbelanja sekaligus melihat suasana pagi dapat menjadi gaya hidup sehat Anda.

Demikian ulasan saya mengenai nikmatnya berjalan kaki untuk aktivitas sehari-hari dan manfaat yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan dengan murah. Semoga ini bisa menjadi inspirasi buat Anda dan banyak orang agar bisa menerapkan hidup sehat.