Tujuh Khasiat Buah Asam Bagi Kesehatan


Masakan tertentu biasanya ada yang menggunakan buah asam agar menimbulkan rasa asam. Kelebihan buah asam untuk masakan tidak hanya itu saja, tetapi ada manfaat dibaliknya untuk kesehatan.

Berdasarkan boldsky.com, buah asam sangat banyak mengandung vitamin B, vitamin C, serat, mangan, kalium, zat besi dan kalsium. Disamping itu, buah asam juga bermanfaat sebagai antioksidan, anti jamur, anti bakteri, anti inflamasi dan tak kalah pentingnya adalah bisa berfungsi anti virus disebabkan terkandung didalamnya polifenol dan lupeol.

Anda pasti penasaran apa saja manfaat yang tersembunyi dari buah asam? Mari simak penjelasannya.

1. Mencegah Sakit Sembelit
Pektin dan tanin adalah serat sehat yang ada dalam buah asam dan itu mampu mencegah penyakit sembelit serta menjadikan pencernaan jadi sehat.

2. Menambah Kuat Sistem Kekebalan Tubuh
Vitamin C dan antioksidan yang ada dalam buah asam dapat meningkatkan atau memperbaiki sistem imun (kekebalan) tubuh Anda dan dapat menghindari terjadinya infeksi.

3. Kadar Gula Darah Akan Terkendali
Kabar yang bagus untuk yang sedang menderita diabetes. Karena dengan merutinkan dalam konsumsi buah asam dapat mengontrol level gula darah sehingga mencegah diabetes.

4. Tekanan Darah Terkendali
Buah asam sangat banyak mengandung potasium dan zat besi, maka dari itu konsumsi buah asam bisa menjaga tekanan darah tetap normal dan menormalkan tingkat produksi hemoglobin (sel darah merah).

5. Dapat Berfungsi Pencegah Kanker
Penyakit kanker dapat juga dicegah pertumbuhannya dengan memakan buah asam karena mengandung zat asam tartarat. Disamping itu berfungsi sebagai anti radikal bebas.

6. Penurun Berat Badan
Ada cara mudah untuk bisa menurunkan berat badan yaitu konsumsi buah asam. Dalam asam terdapat asam hidroksisitrat yang bisa mengurangi kecepatan produksi lemak dalam tubuh.

7. Mengurangi Kadar Kolesterol
Penyakit kolesterol bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi buah asam karena banyak terdapat antioksidan dan serat. Jadi buah asam sangat bermanfaat untuk mengurangi kolesterol dan mencegah terjadinya risiko serangan jantung.

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

Cara Merawat Baju Rajut Dengan Benar

8 Strategi Membasmi Rasa Malas

6 Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis Agar Tidak Mengelupas