Duduk Terlalu Lama Berbahaya, Ini Solusinya


Tak sedikit informasi yang sudah diulas mengenai betapa berbahayanya jika duduk terlalu lama. Tapi, disini akan lebih lanjut lagi menjelaskan cara mengatasinya.

Hidup di zaman modern, tak lepas dari kebiasaan ini. Kebiasaan duduk dalam waktu lama bisa saja terjadi, duduk di atas kendaraan, pekerjaan di belakang meja yang mewajibkan Anda duduk di kursi dan lain sebagainya. Mau apalagi jika itu sudah menjadi tuntutan, maka orang tak bisa mengelak.

Inilah yang sebenarnya berbahaya sekali untuk kesehatan bila Anda duduk terlalu lama. Kebiasaan duduk lama bisa memicu obesitas, stroke, hipertensi, kolesterol dan ancaman penyakit lain yang tak bisa dianggap sepele. Yang jelas, penyakit ini bisa saja mengancam hidup Anda.

Keadaan ini biasa disebut sindroma metabolik dan riset sudah membuktikan bahwa orang yang berada duduk dibelakang meja diatas empat jam dalam satu hari, mempunyai risiko kematian hingga 50 %. Tak cuma itu, masih ada penambahan risiko kematian karena serangan jantung sebanyak 125%. Tentunya ini tak ingin terjadi pada Anda.

Lalu apa saja hal yang harus dilakukan untuk mencegah bahaya tersebut?

Mungkin sebagian orang akan sangat takut terhadap bahaya yang bisa terjadi akibat duduk terlalu lama. Tapi, kali ini akan dipaparkan bagaimana agar risiko penyakit tersebut bisa dikurangi. Ini sangat bermanfaat untuk Anda yang selalu bekerja di kantor dan duduk dalam jangka waktu lama.

Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan:

1. Sediakan waktu untuk berjalan-jalan di area kantor setiap setengah jam sekali. Anda bisa mengatur waktu menggunakan aplikasi di ponsel. Anda pun bisa berjalan menuju toilet, atau keluar kantor sejenak lalu kembali menuju tempat duduk Anda. Itu cukup membuat Anda selalu aktif, tidak pasif di kursi Anda. Kurangi fasilitas chatting jika ingin berkomunikasi dengan teman sekantor Anda. Usahakan selalu mendatangi teman Anda dengan berjalan.

2. Saat Anda sedang memakai telepon, berjalanlah secara bolak-balik. Ini kesempatan Anda untuk tetap bergerak walau sedang saat menerima telepon dari orang lain.

3. Ketika istirahat untuk makan siang, berjalan kaki menuju tempat makan, entah itu di kantin dekat kantor atau di tempat lainnya yang jaraknya tak terlalu jauh dari kantor. Hindari makan di meja kerja, karena membuat Anda kurang bergerak.

4. Selalu berikan tubuh dan pikiran Anda istirahat dari pekerjaan yang menyibukkan Anda. Pilih tempat yang nyaman untuk beristirahat.

Postingan Populer

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Waspada 5 Risiko Penyakit Akibat Toilet Kotor

Cara Merawat Baju Rajut Dengan Benar

8 Strategi Membasmi Rasa Malas

6 Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis Agar Tidak Mengelupas