Bagaimana Cara Merawat Mata Agar Tetap Sehat?

tips perawatan mata supaya tetap sehat

Tubuh manusia terdiri dari 5 panca indra yang sangat penting dengan fungsinya masing-masing. Kelima panca indra itu adalah indra penglihatan yaitu mata, indra pendengaran yaitu telinga, indra penciuman yaitu hidung, indra perasa yaitu kulit, dan indra pengecap yaitu lidah.

Mata merupakan salah satu alat panca indra yang sangat penting bagi manusia. Karena jika terjadi masalah pada mata kita bahkan jika sampai fatal bisa mengakibatkan kebutaan total. Untuk itu sangat penting bagi setiap orang agar merawat dan menjaga matanya agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah mata.

Bukankah ada peribahasa mencegah lebih baik daripada mengobati? Maka dari itu sangat penting untuk kita bisa mengetahui cara merawat mata agar tetap sehat.

Sebagai salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh manusia karena dari mata kita bisa melihat keindahan dunia dan melakukan berbagai jenis aktivitas maka sangat penting untuk menjaganya dengan baik agar terhindar dari berbagai penyakit dan kelainan mata.

Penyakit dan kelainan mata bahkan bisa menyerang siapa saja termasuk bayi, anak-anak, remaja, hingga orang tua yang sudah lanjut usia. Penyebabnya pun dari berbagai faktor, sehingga sangat penting untuk mengetahui bagaimana mencegah dan menghindari faktor-faktor penyebab kelainan mata tersebut.

Sehingga dengan mengetahui faktor-faktor penyebab kelainan mata tersebut maka tidak sulit untuk mempraktekkan cara merawat mata agar tetap sehat.

Beberapa penyakit atau kelainan yang bisa menyerang mata di antaranya adalah degenerasi makula dengan ciri-ciri penglihatan menjadi kabur, katarak yang menyebabkan lensa mata menjadi keruh, neuritis optik yaitu peradangan pada bagian saraf optik, dan beberapa lainnya.

Berikut ini beberapa cara merawat mata agar tetap sehat sehingga bisa terhindar dari penyakit atau kelainan mata:

1. Makan-makanan yang baik dengan sehat seperti memperbanyak sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam atau kangkung dan sayuran berwarna cerah, sayuran kuning dan oranye terang seperti wortel dan ubi jalar.

2. Pemeriksaan mata yang komprehensif untuk mengetahui sejak awal jika ada masalah penglihatan sehingga bisa mengatasi glaukoma atau penyakit mata karena diabetes.

3. Hindari merokok karena dapat menyebabkan masalah mata di kemudian hari dari sianida yang dikeluarkan oleh asap kemudian masuk ke aliran darah dan dapat menghancurkan sel-sel mata.

4. Mengurangi radiasi komputer atau handphone dan jangan biasakan membuka komputer atau handphone dalam keadaan gelap karena dapat merusak mata.

Demikian informasi mengenati tips atau cara mudah agar mata tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah mata. Semoga bermanfaat.

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

18 Teknik Jitu Tingkatkan IQ Anda

7 Trik Gacor inDriver

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cara Merawat Baju Rajut Dengan Benar