8 Gangguan Kesehatan yang Memicu Bad Mood


Bad mood atau suasana hati yang buruk sering kali dipicu karena stress berlebihan. Biasanya para pekerja dengan tekanan tinggi di kantor pernah mengalami hal ini. Tentu saja ini membuat emosi Anda menjadi tidak stabil dan bisa berakhir buruk bila tidak segera diatasi. Untuk menghindari bad mood yang berlebihan sebaiknya ketahui terlebih dahulu penyebabnya.

8 gangguan kesehatan penyebab bad mood berlebihan


Ada beberapa gangguan kesehatan yang sering kali menjadi penyebab emosi menjadi tidak stabil. Gangguan kesehatan ini kerap terjadi pada seluruh individu dan tidak terbatas oleh jenis kelamin. Pria dan wanita memiliki potensi sama untuk mengalami bad mood. Banyak ahli kesehatan mengungkapkan setidaknya ada 8 gangguan yang menjadi pemicu dari bad mood, seperti:

1. Diabetes
Kadar gula yang terlalu berlebihan di dalam tubuh Anda bisa membuat emosi menjadi tidak stabil. Hal ini terjadi karena adanya gangguan serotonin atau hormon yang diproduksi dan diperintah langsung oleh otak. Hormon ini dianggap menjadi salah satu bagian penting dalam mempengaruhi emosi Anda.

2. Nyeri Kronis
Para pekerja yang masih dalam usia produktif sering kali merasakan nyeri pada beberapa bagian tubuh. Nyeri ini terjadi karena adanya masalah atau gangguan pada tulang hingga pergeseran fungsi dari beberapa organ tubuh. Rasa nyeri yang sangat akut sangat mempengaruhi kondisi emosi Anda. Bahkan, untuk mengatasi rasa nyeri ini biasanya mengonsumsi obat tertentu dengan dosis yang cukup tinggi. Hal itu justru akan memperburuk situasi.

3. Kurangnya Vitamin D
Vitamin D ternyata memiliki manfaat yang besar bagi metabolisme tubuh Anda. Vitamin ini sering dikonsumsi untuk mendukung pertumbuhan tulang. Manfaat lain dari vitamin D justru akan membantu Anda menstabilkan emosi pada waktu tertentu. Orang-orang yang sering mengalami bad mood biasanya kurang mendapatkan asupan vitamin D seperti jarang terkena sinar matahari.

4. Gangguan PMDD
Ini adalah gangguan yang mirip seperti PMS. PMDD sering disebut dengan remenstrual Dysphoric Disorder. Gangguan ini terjadi karena siklus menstruasi yang tidak berjalan lancar sehingga mempengaruhi beberapa hormon di dalam tubuh. Gejala yang terjadi seperti mudah tersinggung, mudah marah, merasa khawatir berlebihan dan lainnya. Penyebab dari PMDD ini juga sering berkaitan dengan gaya hidup yang tidak sehat.

5. Stroke
Gangguan kesehatan ini juga dianggap akan memberikan suasana emosi yang sangat tidak stabil. Stroke terjadi karena adanya gangguan pada penerimaan pesan pada otak akibat sinyal pesan sulit untuk masuk. Tentu saja ini membuat Anda akan merasa bingung tentang pesan yang harus diterima. Pada akhirnya hal itu akan berujung pada emosi dan tingkat marah yang sangat berlebihan.

6. Alergi
Ini juga menjadi salah satu gangguan kesehatan yang menjadi penyebab bad mood. Bila Anda memiliki alergi tertentu hal itu akan mengganggu kehidupan sosial Anda. Bahkan, tidak sedikit juga mengalami gangguan tidur. Pola hidup seperti ini akan mempengaruhi kecenderungan emosi Anda yang tidak stabil. Akibatnya Anda akan merasa gelisah hingga emosi yang tidak bisa dikendalikan.

7. Gangguan kelenjar tiroid
Banyak ahli kesehatan juga mengungkapkan gangguan pada kelenjar tiroid akan membuat suasana hati Anda menjadi tidak stabil. Gangguan seperti ini dianggap akan berbahaya bagi kesehatan mental Anda. Kondisi seperti ini membutuhkan dukungan klinis yang ideal dari dokter.

8. Jarang olahraga
Tindakan latihan fisik atau pergerakan tubuh yang kurang juga dianggap menjadi penyebab bad mood. Salah satu efek dari jarang olahraga adalah kekurangan hormon endorphin. Tentu saja ini akan membuat Anda merasa gelisah, khawatir, sering marah dan lainnya.

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

18 Teknik Jitu Tingkatkan IQ Anda

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cara Merawat Baju Rajut Dengan Benar

Manfaat Buah Rambutan untuk Bayi