7 Tips Jitu Anti Stres Makan Ketika Lockdown di Rumah


Pada saat Anda sedang mengurung diri di dalam rumah seperti di situasi wabah covid-19 ini, stres menjadi hal yang sangat rentan terjadi. Hal ini akan semakin memperburuk pada situasi yang tidak menentu seperti saat ini.

Ketika Anda berada di rumah selama kurun waktu yang tidak ditentukan, hal yang paling sering Anda lakukan adalah makan dan tidur. Sayangnya, hal ini sering tidak disertai dengan olahraga yang sesuai karena tubuh Anda yang kurang gerak.

Kondisi semakin banyak makan yang Anda lakukan ini biasanya bertujuan untuk menenangkan perasaan di tengah situasi saat ini. Dilansir dari Medical Daily, berikut ini merupakan sejumlah cara untuk mencegah stress eating yang mungkin sedang Anda alami saat ini.

Hindari Godaan Makanan


Banyak godaan berbagai makanan lezat dalam jarak dekat dapat membuat Anda akan rutin ngemil dan makan makanan yang berlebih terlebih saat tidak sedang lapar sedikitpun.

Hal ini terutama dialami pada makanan dengan kandungan kalori tinggi yang bisa membuat Anda menjadi merasa lapar terus dan akhirnya makan berlebih.

Jaga Jadwal Makan Sehat

Memiliki jadwal makan yang teratur bisa sangat bermanfaat dalam mencegah munculnya masalah stress eating pada Anda. Dengan membuat jadwal makan, Anda juga bisa membatasi diri dari keinginan makan di luar jadwal.

Masak Makanan Sendiri

Konsumsilah makanan yang dimasak sendiri dari rumah. Memakan masakan sendiri dapat membuat Anda mengatur porsi pada pada makanan. Tentu saja hal tersebut bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi makanan buatan sendiri bisa membuat seseorang terhindar dari kelebihan berat badan.

Jaga Asupan Air

Tinggal di rumah bisa membuat Anda juga lebih fokus dalam gaya hidup sehat termasuk dalam hal minum secara cukup. Menjaga asupan air di dalam tubuh dapat mencegah Anda untuk makan berlebih yang bisa mengakibatkan stres.

Banyak Bergerak

Memperbanyak kegiatan khususnya kegiatan tubuh mampu mengantisipasi masalah. Hal ini bisa membuat Anda terhindar dari kebosanan, stres, serta kebiasaan banyak makan.

Mencegah Kebosanan

Diam dalam waktu lama di rumah bisa menyebabkan Anda mudah bosan dan pada akhirnya akan makan lebih banyak. Melakukan hobi yang disukai bisa membuat Anda terhindar dari kebosanan dan masalah di masa mendatang.

Carilah hobi yang dapat mengusir rasa bosan tersebut. Anda bisa sibuk menghabiskan waktu dengan membaca buku, menonton film atau mungkin berkebun di sekitar rumah.

Lakukan Pembatasan Porsi Makan

Membatasi porsi makanan yang Anda konsumsi bisa sangat berpengaruh terhadap jumlahnya. Batasi porsi makan Anda agar terhindar dari masalah ini sehingga Anda bisa terhindar dari makan berlebih akibat stres.

Sejumlah cara yang telah disebutkan di atas bisa Anda lakukan untuk mencegah diri dari stress eating. Selamat mencoba!

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

Cara Merawat Baju Rajut Dengan Benar

8 Strategi Membasmi Rasa Malas

6 Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis Agar Tidak Mengelupas