Bukti Riset, Bahaya Malas Berolahraga Setara Diabetes dan Merokok


Secara umum, sudah banyak orang mengerti bahwa tidak berolahraga dapat memperparah datangnya penyakit bahkan penuaan dini. Ketidakpedulian seseorang terhadap manfaat olahraga sangatlah berbahaya untuk kesehatan. Namun kebanyakan tidak tahu jika bahaya kesehatan dari malas berolahraga setara dengan aktivitas merokok.

Berdasarkan berita dari USA Today, ada riset yang dilakukan di Cleveland Clinic secara khusus mengkaji sekitar 122.000 pasien yang ikut dalam pengujian lewat treadmill antara tahun 1991 dan 2014.

Riset tersebut memperlihatkan kesehatan kardiorespirasi yang lebih bagus sangat berhubungan dengan usia yang lebih lama. Sedangkan, kebugaran aerobik ekstrem mendatangkan manfaat yang paling banyak. Khususnya untuk individu berumur di atas 70 tahun dan pengidap tekanan darah tinggi.

Kajian ini pun menyatakan, risiko yang diakibatkan dengan tidak olahraga setara atau lebih besar ketimbang diabetes atau kebiasaan merokok.

“Kebugaran aerobik merupakan hal yang bisa dikendalikan oleh mayoritas pasien,” ujar pakar jantung Dr. Wael Jaber dari Cleveland Clinic. Mereka pun mendapatkan, dalam aktivitas olahraga tidak ada aturan berapa banyak latihan yang wajib dilakukan.

Riset itu dipublikasikan pada 19 Oktober di Journal of American Medical Association Network Open.

Meskipun banyak riset yang memperkuat mengenai pentingnya aktivitas olahraga, tapi masih banyak warga dunia yang tidak melakukan aktivitas fisik yang memadai.

Ditambah lagi dengan penemuan oleh World Health Organization (WHO) yang menyatakan bahwa sekitar 1,4 miliar penduduk di dunia tidak aktif secara fisik. Hal ini bisa membuat posisi mereka berada dalam bahaya diabetes.

Riset lain yang tidak kalah penting untuk kita perhatikan adalah dari University of Texas Southwestern Medical Center dan Exercise and Environmental Medicine di Texas Health Presbyterian Hospital di Amerika Serikat memperoleh bukti bahwa berolahraga dua atau tiga hari dalam sepekan bisa mengurangi kondisi arteri berukuran sedang yang kaku.

Apakah sekarang Anda merasakan bahwa olahraga itu penting bagi kesehatan? Pastinya, ya. Sebaiknya Anda memulainya sebelum risiko penyakit berbahaya datang. Anda tak harus melakukan olahraga yang berat apalagi ekstrim. Cukup berjalan kaki cepat sudah dapat membuat fisik Anda berolahraga. Selamat mencoba.

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

18 Teknik Jitu Tingkatkan IQ Anda

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

7 Trik Gacor inDriver

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cara Merawat Baju Rajut Dengan Benar