Ini 5 Manfaat Sehat Olahraga di Pagi Hari


Bermacam kegiatan bisa dilakukan di pagi hari, mulai dari bangun tidur, mandi dan mengonsumsi sarapan. Namun, tahukah Anda bahwa berolahraga di pagi hari bisa dijadikan aktivitas yang menguntungkan bagi tubuh?

Sempatkan diri Anda untuk berolahraga walau hanya 15-30 menit saja sebelum Anda berangkat kerja atau memulai aktivitas lainnya.

Mengutip dari Health, berikut 5 manfaat yang bisa diperoleh dari olahraga di pagi hari:

Memelihara kesehatan tubuh sehari penuh
Saat seseorang mengawali hari dengan aktivitas olahraga yang menyehatkan tubuh, maka dengan sendirinya dia akan selalu berusaha agar kesehatannya terjaga dengan baik sepanjang hari. Diantaranya adalah menjaga pola makan dan menjauhi diri dari konsumsi makanan yang rendah gizi misalnya kue manis atau minuman manis dan cenderung untuk makan makanan sehat dan bergizi. Terlebih dirinya akan selalu aktif bergerak di setiap aktivitas sehari-hari.

Tidur berkualitas di malam hari
Berdasarkan National Sleep Foundation (NSF), orang-orang yang berlatih di atas treadmill pada jam 7 pagi akan mengalami tidur yang lebih panjang di malam hari. Mereka pun melalui siklus tidur yang mendalam dan melewatkan sektar 75 persen waktu lebih lama dalam fase paling reparatif untuk bisa beraktivitas dan berolahraga di hari esok.

Lebih banyak waktu tersisa
Ketika selesai beraktivitas sepanjang hari, sebagian orang malas berolahraga di malam hari karena sudah capek. Disamping itu, olahraga di malam hari seperti menghilangkan waktu istirahat bagi orang tersebut. Solusinya adalah dengan berolahraga di pagi hari walau sebentar saja, sehingga seseorang akan mempunyai waktu lebih lama pada malam hari seusai melakukan kegiatan sehari-hari.

Memperbaiki mood
Saat berolahraga, maka hormon endorfin akan timbul yang berfungsi sebagai pereda rasa sakit bagi tubuh secara alami. Apabila otak mendapat hormon endorfin di pagi hari, maka hari akan diwarnai dengan rasa optimis, semangat dan terhindar dari risiko terkena stres dan cemas.

Dalam situasi tersebut seseorang akan merasa makin siap untuk beraktivitas dan lebih produktif dalam mengerjakan berbagai hal seperti pekerjaan serta merasa sukses karena keberhasilan dalam menyempatkan waktu bagi diri sendiri. Langkah ini mampu untuk memelihara kesehatan jiwa.

Mengurangi tekanan darah
Biasanya penderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi selalu bergantung pada konsumsi obat-obatan. Namun dengan adanya rutinitas hidup baru semisal olahraga di pagi hari bisa menyembuhkan itu. Dalam sebuah riset yang dipublikasikan dalam Journal of Vascular Health and Risk Management dinyatakan bahwa orang yang berolahraga di pagi hari dapat menurunkan tekanan darah sesudah latihan sekitar 10%.

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Inilah Penyebab Maraknya Tindak Kekerasan

7 Trik Gacor inDriver

10 Makanan untuk Tingkatkan Kekuatan Otak

Manfaat Hebat Kunyit Atasi Uban di Rambut

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda