Ini Manfaat Penting Membuka Jendela di Pagi Hari


Kebiasaan membuka jendela di pagi hari dianggap akan memberikan pengaruh yang baik bagi kesehatan tubuh Anda. Hal ini tertuang dalam sebuah penelitian terbaru dari Amerika. Penelitian itu mengungkapkan bahwa jendela yang anda buka pada pagi hari akan memberikan kemudahan udara baru dan sinar matahari untuk masuk. Hal ini akan mengurangi resiko yang bisa diakibatkan kontaminasi bakteri di beberapa sudut tempat ruangan Anda.

Penelitian itu juga menunjukkan sinar matahari di pagi hari sangat ampuh untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab penyakit. Biasanya bakteri ini hinggap di debu yang menempel di bagian terluar perabotan. Bila Anda tidak membuka tirai atau jendela justru akan merugikan kesehatan Anda. Bakteri yang hinggap pada debu itu akan semakin berkembang dengan pesat di ruangan gelap atau tidak mendapatkan sirkulasi udara yang ideal.

Hasil dari jurnal ilmiah Microbiome itu memberikan informasi lain yang tidak kalah mengejutkan. Bakteri yang berada di ruangan kantor sebenarnya lebih mudah berkembang dibandingkan kamar tidur Anda. Hal ini karena beberapa kantor besar tidak memiliki sirkulasi udara yang baik dan sering menutup jendela untuk menghalangi sinar matahari masuk. Kondisi seperti inilah membuat banyak pekerja kantoran yang berada di dalam ruangan dalam waktu lama akan merasakan gangguan kesehatan.

Ashkaan Fahimipour yang menjadi pimpinan studi dari penelitian itu menuturkan bahwa pada ruangan tertutup terdapat banyak mikro bakteri seperti patogen yang akan mengancam kesehatan tubuh. Ekosistem pada bakteri itu akan terus berkembang bila tidak dilakukan perubahan signifikan pada sirkulasi sinar matahari hingga udara yang lebih baik. Semakin banyak mikro bakteri yang dihirup selama berada di ruangan itu maka akan mengancam kesehatan individu dalam waktu yang lama.

Penelitan ini dilakukan dengan melibatkan sekitar 11 kamar atau ruangan yang memiliki karakter hampir mirip. Selama 90 hari dilakukan pengamatan yang memberikan hasil bahwa kamar atau ruangan yang cenderung gelap akan menghasilkan lebih banyak bakteri hingga mikrobakteri dibandingkan kamar dengan sirkulasi udara dan sinar yang lebih baik.

Postingan Populer

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Waspada 5 Risiko Penyakit Akibat Toilet Kotor

Cara Merawat Baju Rajut Dengan Benar

8 Strategi Membasmi Rasa Malas

6 Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis Agar Tidak Mengelupas