3 Cara Menghilangkan Rasa Bingung


Setiap orang pasti pernah mengalami rasa bingung terkait beberapa hal tertentu. Sebenarnya hal ini masih tahap yang wajar, hanya saja jika terlalu sering dan bahkan pada ingatan jangka pendek, bisa saja  merupakan pertanda tubuh Anda sedang mengalami ketidakseimbangan. 

Rasa bingung merupakan akibat dari pikiran berkabut atau yang diistilahkan dengan brain fog. Brain fog sendiri bukanlah istilah medis yang baku, namun istilah ini menggambarkan suatu rasa bingung, lupa, serta konsentrasi dan kejernihan pikiran yang berkurang.

Ada beberapa cara menghilangkan rasa bingung yang bisa Anda terapkan. Cara penerapannya pun sederhana, yang penting Anda bisa konsisten dalam menerapkannya. Adapun kali ini saya hanya akan menyebutkan 3 cara, yaitu :

1. Perbaiki pola tidur malam Anda
Rasa bingung yang seringkali Anda alami bisa jadi diakibatkan oleh kurangnya tidur yang cukup dan berkualitas di malam hari.

Kekurangan waktu tidur akan menyebabkan otak menjadi lebih lelah dan pembentukan ingatan dapat terganggu. Akibatnya Anda akan selalu merasa bingung. 

Oleh karena itu, memperbaiki pola tidur malam dan mendapatkan tidur malam yang cukup dan berkualitas merupakan salah satu cara menghilangkan rasa bingung dan mencegah munculnya rasa bingung tersebut.

2. Berolahraga secara rutin dan teratur
Terkadang rasa bingung yang Anda rasakan disebabkan oleh kurangnya berolahraga. Sebab, ketika Anda kurang dalam berolahraga atau kurang dalam melakukan aktivitas fisik, maka hormon stress akan lebih sulit untuk dikendalikan dan memicu gangguan kognitif.

Inilah yang kemudian memicu rasa bingung yang seringkali Anda alami. Jadi, salah satu satu cara menghilangkan rasa bingung adalah dengan berolahraga secara rutin dan teratur.

3. Mengkonsumsi makan yang mengandung nutrisi
Salah satu cara menghilangkan rasa bingung yang seringkali Anda alami adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang membantu fungsi kognitif otak, seperti memelihara sel otak dan membantu menyampaikan sinyal pada otak.

Beberapa nutrisi yang bisa membantu fungsi kognitif otak adalah sebagai berikut :

  • Vitamin B12 yang bermanfaat dalam membantu proses berpikir. Kekurangan vitamin B12 biasanya dialami oleh vegetarian, karena vitamin B12 hanya ditemukan pada makanan bersumber hewan
  • Vitamin D yang membantu memperkuat daya ingat. Kekurangan vitamin D biasanya disebabkan pola makan dan tubuh yang tidak memperoleh cukup sinar matahari
  • Omega-3 yang merupakan komponen utama otak yang sebagian besarnya berasal dari ikan laut seperti sarden dan salmon

Perlu diketahui bahwa ada beberapa kondisi yang juga seringkali menjadi pemicu munculnya rasa bingung, seperti dehidrasi, menopouse, mengalami stress, dan gangguan hormon tiroid.

Oleh karena itu, selain menerapkan 3 cara menghilangkan rasa bingung di atas, pastikan Anda juga menghindari beberapa kondisi yang telah saya sebutkan sebelumnya.

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Inilah Penyebab Maraknya Tindak Kekerasan

7 Trik Gacor inDriver

10 Makanan untuk Tingkatkan Kekuatan Otak

Manfaat Hebat Kunyit Atasi Uban di Rambut

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda