5 Cara Menghilangkan Rasa Gugup di Segala Situasi


Pada artikel kali ini saya akan membagikan tips berkaitan dengan 5 cara menghilangkan rasa gugup di segala sesuatu. Sebelum itu, perlu diketahui bahwa rasa gugup adalah perasaan khawatir atau ragu-ragu karena merasa tidak mampu ketika ingin berbicara atau melakukan sesuatu. Umumnya perasaan gugup ini muncul saat Anda berinteraksi dengan orang banyak atau orang yang disegani.

Rasa gugup ini sangat mengganggu. Meskipun Anda pada dasarnya mampu berbicara atau melakukan sesuatu, tetapi akibat rasa gugup tersebut semua menjadi berantakan dan serba kaku.

Percayalah, rasa gugup tidak saja menimpa diri Anda. Saya dan banyak orang lainnya pernah mengalami hal tersebut. Solusinya, cobalah menghilangkan rasa gugup tersebut dengan mengikuti 5 cara menghilangkan rasa gugup di segala sesuatu pada artikel di bawah ini.

1. Melatih Napas
Cara pertama dari 5 cara menghilangkan rasa gugup di segala sesuatu adalah dengan melatih napas. Cara ini cukup efektif dalam menghilangkan rasa gugup di segala situasi. Teruslah berlatih karena hal ini cukup penting.

Hanya lakukan dengan cara menarik napas, lalu membuangnya dan diulang secara teratur. Setelah menarik nafas sedalam-dalamnya, Anda bisa merasakan kalau perasaan Anda lebih tenang dan rileks.

2. Afirmasi atau Sugesti
Cara berikutnya untuk menghilangkan rasa gugup di segala situasi yang ada saat ini adalah dengan afirmasi atau sugesti yang positif. Ini tergolong salah satu cara yang sangat efektif dari 5 cara menghilangkan rasa gugup di segala sesuatu yang saya bagikan kali ini.

Untuk menghilangkan rasa gugup tersebut, tanamkan rasa percaya pada diri Anda sendiri saat ingin mengucapkan atau melakukan sesuatu. Bila perlu, lakukan auto sugesti yang positif setiap harinya dengan cara yaitu menetapkan pada diri anda bahwa :

“Saya pasti bisa. Saya pasti mampu. Saya bisa bahagia”.

Nah, cara di atas akan sangat membantu Anda berfikiran positif. Cara ini terbukti sangat ampuh dalam menghilangkan rasa gugup Anda.

3. Berlatih
Cara menghilangkan rasa gugup di segala situasi selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan cara berlatih menghilangkan rasa gugup itu sendiri. Lakukan secara perlahan, tidak perlu tergesa-gesa. Lambat laun tentu Anda akan terbiasa menghilangkan rasa gugup tersebut.

4. Persiapan
Cara berikutnya dari 5 cara menghilangkan rasa gugup di segala sesuatu adalah dengan melakukan persiapan sebaik mungkin terkait dengan apa yang akan Anda lakukan. Jika Anda ingin mempersentasikan sebuah makalah atau materi di hadapan publik misalnya, buatlah persiapan sebaik dan semaksimal mungkin agar Anda lebih percaya diri saat menyampaikan materi tersebut. Bila perlu berlatihlah menyampaikan materi tersebut di hadapan teman-teman atau keluarga Anda.

5. Berdoa
Cara terakhir dari 5 cara menghilangkan rasa gugup di segala sesuatu adalah dengan memperbanyak doa. Ya, ini juga merupakan salah satu cara paling efektif yang terbukti bisa membantu menghilangkan rasa gugup. Selain itu, berdoa kepada Allah Aza Wajalla merupakan ibadah, sehingga Anda insya Allah akan mendapatkan pahala ketika melakukannya.

Semoga bermanfaat.

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

Inilah Penyebab Maraknya Tindak Kekerasan

7 Trik Gacor inDriver

10 Makanan untuk Tingkatkan Kekuatan Otak

Manfaat Hebat Kunyit Atasi Uban di Rambut

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan