3 Tips & Cara Menghilangkan Rasa Marah


Sebelum saya membagikan tips dan cara menghilangkan rasa marah, saya ingin mengingatkan kalau rasa marah merupakan tabiat manusia. Pada kondisi tertentu, marah justru membawa kebaikan. Misalnya, marah ketika keluarga kita tidak melaksanakan kewajibannya kepada Allah, marah ketika karyawan kita tidak menyelesaikan pekerjaannya, atau marah ketika anak kita melakukan hal yang bisa membahayakan dirinya.

Nabi kita Muhammad Shallallahu Alahi Wasallam adalah hamba Allah yang paling lembut dan paling bagus akhlaknya. Bersamaan dengan itu, beliau Shallallahu Alaihi Wasallam marah ketika syariat Allah dilanggar. Kemarahan beliau ketika itu diketahui dan terlihat jelas dalam pandangan orang-orang di sekeliling beliau Shallallahu Alaihi Wasallam. Jelasnya, marah dalam kondisi tertentu merupakan hal yang wajar bahkan kebaikan.

Marah yang terlarang dan tercela adalah marah yang berlebihan dan tidak pada tempatnya. Selalu marah bahkan dalam perkara kecil dan sepele sekalipun. Orang yang memiliki sifat seperti ini diistilahkan dengan pemarah.

Bagi Anda yang memiliki sifat pemarah, di bawah ini akan saya sebutkan 3 tips dan cara menghilangkan rasa marah ketika melanda diri.

1. Berlindung kepada Allah
Cara menghilangkan rasa marah ketika menimpa diri Anda adalah dengan banyak berlindung kepada Allah. Sebab, rasa marah adalah bara api yang dikobarkan oleh setan di dalam hati kita. Salah satu cara memadamkannya adalah berdoa dan berlindung kepada Allah.

2. Berwudhu
Saat rasa marah muncul dan menimpa diri Anda, cobalah melakukan salah satu cara menghilangkan rasa marah yang telah diajarkan oleh nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dalam sebagian hadits. Cara tersebut adalah segera berwudhu, karena air wudhu bisa memadamkan rasa marah yang berkobar di dalam hati.

3. Segeralah duduk atau berbaring
Salah satu menghilangkan rasa marah yang juga diajarkan oleh nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam ketika marah adalah dengan segera merubah posisi kita. Jika rasa marah muncul ketika Anda sedang berdiri, cobalah segera duduk. Rasa marah tersebut niscaya akan reda. Jika belum juga reda, maka segeralah berbaring. 

Demikianlah 3 tips dan cara menghilangkan rasa marah pada artikel kali ini. Selain menerapkan ketiga tips di atas, jangan lupa untuk selalu berdoa dan meminta kepada Allah agar dijaga dari rasa marah yang berlebihan dan tidak pada tempatnya.

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Inilah Penyebab Maraknya Tindak Kekerasan

7 Trik Gacor inDriver

10 Makanan untuk Tingkatkan Kekuatan Otak

Manfaat Hebat Kunyit Atasi Uban di Rambut

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda