Cara Menghilangkan Rasa Bersalah Menurut Islam


Rasa bersalah yang melanda seseorang umumnya disebabkan karena kesalahan dan ketergelinciran yang dilakukannya. Perasaan tersebut wajar dan yang namanya manusia pasti pernah mengalami hal tersebut.

Bagi seorang muslim, rasa bersalah yang akan sering melandanya adalah rasa bersalah akibat dosa yang dilakukannya. Sama saja apakah dosa tersebut berkaitan dengan hak Allah atau hak hamba-hamba Allah.

Lantas bagaimanakah cara menghilangkan rasa bersalah menurut islam terkait dengan dosa-dosa di atas? Simak jawabannya pada kelanjutan artikel di bawah ini.


Cara Menghilangkan Rasa Bersalah Terkait dengan Hak Allah

Cara menghilangkan rasa bersalah menurut Islam terkait dengan pelanggaran hak Allah yaitu akibat melakukan dosa dan maksiat adalah dengan cara bertobat dan meminta ampun kepada Allah Azza Wajalla.

Perlu diketahui bahwa syarat diterimanya tobat - jika dosa yang dilakukannya antara dirinya dengan Allah - menurut An-Nawawi Rahimahullah dalam kitab Riyadhus Sholihin, pada Bab Tobat, ada tiga :
1. Mencabut dirinya dari dosa tersebut (berhenti melakukannya)
2. Menyesal telah melakukannya
3. Bertekad tidak akan mengulanginya

Sebesar apapun dosa yang dilakukan seorang hamba, janganlah dia berputus asa dari rahmat dan ampunan Allah, karena Allah akan mengampuni dosa-dosa seorang hamba selama dia bertobat dengan tobat yang benar.

Allah Azza Wajalla berfirman :

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِن رَّحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا

“Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni seluruh dosa-dosa…” (Az-Zumar : 53).

Allah Azza Wajalla juga berfirman :

وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَن يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَىٰ مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ

“Dan orang-orang yang jika mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri (melakukan dosa) mereka segera mengingat Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka, dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah, dan mereka tidak terus menerus melakukan perbuatan kejinya itu sedang mereka mengetahuinya.” (Ali Imran : 135)

Cara Menghilangkan Rasa bersalah Terkait Hak Orang Lain
 
Cara menghilangkan rasa bersalah menurut Islam terkait dengan pelanggaran hak orang lain adalah bertobat dan mengembalikan hak orang tersebut. Ini cara tobat yang benar menurut Islam.

Syarat-syarat tobat yang disebutkan An-Nawawi Rahimahullah terkait dengan hak orang lain ada 4. Tiga syarat tobat yang telah disebutkan di atas, ditambah syarat keempat yaitu dia mengembalikan hak orang tersebut. Kalau dosanya dalam bentuk menggibahi orang tersebut, maka dia harus meminta maaf dan minta dihalalkan ghibahnya dari orang tersebut. Kalau berupa harta orang lain yang dirampasnya, maka dia harus mengembalikan harga tersebut ke pemiliknya. Demikian seterusnya.

Hendaknya setiap hamba-hamba Allah mengetahui kalau kezholiman akan mengakibatkan kegelapan-kegelapan pada hari kiamat. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda :

اتقوا الظلم ، فإن الظلم ظلمات يوم القيامة

“Berhati-hatilah kalian dari kezholiman, karena kezholiman adalah kegelapan-kegelapan pada hari kiamat.” (Diriwayatkan oleh Al-Bukhori dan Muslim).

Oleh karena itu, seorang hamba yang melakukan kezholiman dalam bentuk apapun kepada hamba Allah yang lainnya, hendaknya dia segera mengembalikan hak orang tersebut agar dia tidak terkena ancaman dalam hadits ini.

Demikianlah informasi seputar cara menghilangkan rasa bersalah menurut Islam. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat khususnya bagi siapapun yang lagi didera rasa bersalah yang berkepanjangan.
manfaat jalan pagi

Popular posts from this blog

5 Faktor Kenapa Anda Selalu Marah Setiap Waktu

Mau Ginjal Kamu Sehat? Konsumsi 5 Buah Ini

Mau Badanmu Kurus? Lakukan 4 Cara Sederhana Ini

Cara Melupakan Masa Lalu yang Kelam Menurut Islam

5 Hal Menjijikkan Ini Bisa Berdampak Baik Bagi Kesehatan

VIVA