Cara Menghilangkan Rasa Hasad


Hasad atau dengki merupakan sifat yang sangat tercela di dalam Islam. Bagi seorang muslim, hasad merupakan kotoran yang mengotori hati dan harus dihilangkan. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara menghilangkan rasa hasad.

Sifat hasad berarti menginginkan agar kenikmatan yang ada pada orang lain hilang. Tidak heran jika Allah dan Rasul-Nya sangat mencela perbuatan hasad. Bahkan Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam menegaskan dalam sebuah hadts kalau hasad itu akan memakan kebaikan sebagaimana api membakar kayu bakar.

Dalam kehidupan bermasyarakat, sifat hasad dapat merusak persaudaraan dan menimbulkan perpecahan dan permusuhan di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, sifat ini harus dihilangkan dengan menerapkan tips dan cara menghilangkan rasa hasad pada artikel kali ini.

3 Cara Menghilangkan Rasa Hasad Paling Efektif


1. Perbanyak bersyukur
Salah satu cara menghilangkan rasa hasad adalah dengan banyak bersyukur kepada Allah Azza Wajalla atas nikmat yang diberikan-Nya kepada kita. Sedikit atau banyak yang diberikan kepada kita, jika dihadapi dengan syukur pastinya akan memberikan ketenangan dan kebahagiaan.

Banyak orang yang mendapatkan kelebihan Allah Azza Wajalla, namun ternyata hidupnya tidak tenang dan bahagia. Apa penyebabnya? Tidak lain karena dia kurang bersyukur dengan pemberian yang Allah berikan kepadanya.

2.Selalu memandang ke bawah
Cara menghilangkan rasa hasad berikutnya adalah selalu memandang ke bawah. Maksudnya, hendaknya kita selalu melihat orang-orang yang mendapatkan kenikmatan yang jauh lebih sedikit dari kita. Ini merupakan resep langsung dari nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam agar kita senantiasa bisa bersyukur.

Jangan justru selalu memandang ke atas, karena bisa menyebabkan kita kurang bersyukur dan menyebabkan munculnya rasa hasad. Jika kita mendapatkan rezki membeli sebuah motor misalnya, maka jangan selalu melihat orang-orang yang ke sana ke mari menggunakan mobil mewah.

Kalau sekedar motivasi untuk lebih semangat mencari rezeki agar bisa juga membelinya tentu saja bisa. Tapi kalau justru yang muncul adalah hasad maka akibatnya jelek.

Ketika Anda ‘hanya’ mampu membeli motor, cobalah memandang ke bawah. Betapa banyak orang yang tidak mampu untuk membeli motor butut sekalipun, ke sana ke mari mereka hanya bisa menggunakan sepeda atau berjalan kaki.

Kita yang hanya mampu membeli sepeda atau berjalan kaki juga harus banyak bersyukur dan memandang ke bawah, karena betapa banyak orang yang berjalan kaki saja tidak mampu karena sakit, lumpuh, atau kakinya cacat.

3.Banyak berdoa
Tidak ada yang lebih ampuh dari doa. Islam mengajarkan kepada kita untuk selalu berdoa dan meminta hanya kepada Allah Azza Wajalla. Nah, salah satu cara menghilangkan rasa hasad yang paling efektif adalah berdoa kepada Allah agar Allah menghilangkan dan menjauhkan kita dari rasa hasad dan memberikan kita rasa syukur atas beragam nikmat yang tiada terhingga yang diberikan oleh-Nya.

Semoga bermanfaat.

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

Inilah Penyebab Maraknya Tindak Kekerasan

7 Trik Gacor inDriver

10 Makanan untuk Tingkatkan Kekuatan Otak

Manfaat Hebat Kunyit Atasi Uban di Rambut

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan