Mengapa Minum Obat Dengan Selain Air Putih Berbahaya? Ini Alasannya


Pernah minum obat yang rasanya pahit? Obat apapun berbentuk tablet, pil, kapsul atau puyer biasanya ada rasa pahit. Tidak jarang orang akan susah menelannya. Sebagian orang akan melakukan cara mudah dengan memakannya dengan buah pisang atau minuman dengan rasa manis, yakni susu, jus kemasan atau teh.

Ternyata tindakan ini sudah sejak lama dilakukan oleh banyak orang terlebih untuk orang yang tidak suka dengan rasa pahit obat yang akan dikonsumsi. Dengan itu obat yang terasa pahit bisa dikurangi atau lenyap saat dimakan.

Mengubah air putih dengan minuman dengan rasa tertentu sudah banyak dilakukan khususnya bagi anak-anak yang mulai pertama kali minum obat. Tapi perlu diketahui bahwa meninggalkan air putih dengan minuman dengan rasa misalnya jus berdampak negatif bagi kesehatan.

Dikutip dari indiatimes.com, sebuah riset menyatakan bahwa bila Anda minum obat menggunakan jus jeruk dapat membuat efek samping tak terkira contohnya pendarahan pada sistem pencernaan.

Berdasarkan penjelasan dari riset tersebut, ketika kandungan asam yang tinggi ada dalam jus jeruk bercampur dengan zat kimia pada obat semisal aspirin atau obat anti inflamasi lainnya maka bisa menjadikan lambung dan usus menghasilkan gas di luar batas wajar. Bila hal ini terus terjadi dalam waktu lama, maka akan berakibat pada pendarahan di area tersebut.

Oleh karena bahaya yang bisa dialami dari bermacam kandungan dari minuman berperasa ini, maka dianjurkan untuk tidak minum obat dengan minuman berperasa. Selalu konsumsi obat disertai air putih saja.

Hal yang perlu diingat lainnya, Anda wajib memperhatikan saat mengonsumsi obat disamping jenis minuman ini yaitu membaca selengkapnya petunjuk dan cara minum obat yang benar pada kemasan.

Postingan Populer

5 Faktor Penyebab Seseorang Miskin

Ide Brilian Bisnis Komputer Rumahan

Pakaian Muslim Pria FHJ 001

Ini Manfaat Penting Membuka Jendela di Pagi Hari

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

Waspada 5 Risiko Penyakit Akibat Toilet Kotor

11 Ide Bisnis Brilian Untuk Introvert