Sering Minum Air Es? Ada Bahayanya Lho!


Minum air es adalah hal yang tentunya disukai banyak orang karena bisa membuat segar saat udara sedang panas. Di sisi lain, minuman dingin ini tetap bisa membuat orang meminumnya meski udara dalam kondisi dingin.

Minuman es memang terasa segar, tapi dibalik itu Anda harus waspada saat meminumnya terlalu banyak dan sering. Berdasarkan berita dari The Health Site, berikut ini ada berbagai gangguan tubuh yang bisa saja dialami akibat terlalu sering minum air es. Yuk simak penjelasannya.

1. Sistem pencernaan jadi bermasalah
Tahukah Anda jika meminum air es atau dingin bisa menghambat proses pencernaan makanan? Itu disebabkan oleh air es yang membuat pembuluh darah jadi mengecil atau sempit. Saat tubuh perlu waktu sangat banyak untuk melakukan proses pencernaan makanan, nutrisi pun cepat habis dan lenyap sebelum dapat terserap oleh tubuh.

2. Merampas nutrisi
Tubuh dengan suhu normal biasanya 37 derajat celsius dan saat Anda mengonsumsi air es, maka tubuh mesti memerlukan tambahan energi yang besar untuk mengatur suhu lagi. Faktanya energi itu digunakan tubuh untuk mencerna makanan dan juga nutrisi untuk diserap. Apabila energi yang telah digunakan, maka tubuh gagal menyerap nutrisi secara menyeluruh.

3. Dapat menyebabkan radang tenggorokan
Minum air dingin atau es bisa memicu adanya lendir pada area kerongkongan. Saluran tenggorokan juga berisiko bisa terkena radang dan infeksi lebih besar.

4. Memperlambat detak jantung
Sebuah riset menyatakan bahwa minum air es dapat merangsang saraf vagus. Itu adalah saraf yang vital dalam mengendalikan kerja tak sadar tubuh misalnya detak jantung. Air es akan berpengaruh terhadap kerja saraf dan membuat detak jantung berubah pelan.

Nah, bagaimana? Setelah membaca informasi di atas, masih mau minum air es? Semoga Anda bisa mengurangi kebiasaan minum air es karena bahaya yang mengancam tidaklah main-main. Semoga bermanfaat.

Postingan Populer

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Waspada 5 Risiko Penyakit Akibat Toilet Kotor

Cara Merawat Baju Rajut Dengan Benar

8 Strategi Membasmi Rasa Malas

6 Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis Agar Tidak Mengelupas