Waspada, 4 Ancaman Penyakit Bagi Para Karyawan Shift Malam


Apakah Anda tahu bahwa jadwal kerja yang dijalani sebagai karyawan sangat berdampak terhadap kesehatan? Tentu saja ya, karena ini tidak cuma terjadi kaitannya pada lama jam kerja tapi saat Anda bekerja.

Dikutip dari Medical Daily, jam kerja tak biasa semisal jam kantor secara umum bisa mengakibatkan gangguan lebih banyak.

Menurut berbagai riset, ternyata beberapa gangguan bisa saja dialami oleh orang yang bekerja pada jam kerja tidak umum ini. Untuk lebih jelas, berikut 4 risiko penyakit yang bisa saja terjadi saat orang bekerja di malam hari.

1. Tidur menjadi berkurang
Problem tidur yang kurang adalah satu hal yang tentunya dirasakan oleh orang yang bekerja di malam hari. Sebuah riset oleh University of Lowa di tahun 2012 mendapatkan bahwa polisi yang bertugas di malam hari 14 kali lebih tinggi risikonya tidak memperoleh tidur yang cukup ketimbang orang yang bekerja di siang hari.

Berdasar pada fakta itu, sekitar 44% polisi yang bertugas malam hari mempunyai tidur yang rendah kualitasnya. Disamping itu, orang yang bekerja di siang hari, totalnya bertambah menjadi 60% dan makin bertambah lagi menjadi 69% bagi polisi yang bertugas di siang hari.

2. Kesehatan mental menurun
Sudah diketahui bahwa mutu tidur yang tidak baik berkaitan dengan rasa lelah dan gangguan mood. Risiko ini ada meskipun karyawan dengan jam kerja malam sudah bersantai dan istirahat di pagi hari. Hal ini berlangsung karena adanya isolasi sosial yang dirasakan.

Berdasarkan tulisan James Hamblin, M.D., “Saya bekerja di malam hari di rumah sakit dan mengerti tentang isolasi sosial yang meliputinya.”

Hal ini terjadi karena adanya ajakan di siang hari untuk bertemu kawan di siang hari tetapi saat itu Anda perlu tidur. Tetapi bila Anda mengikuti ajakan itu maka Anda pun bisa tidak mendapat waktu tidur.

3. Risiko terkena Diabetes Tipe 2
Perubahan pada pola tidur yang terjadi berakhir pada saat makan dan perubahan gejolak stres. Hal ini bisa berakibat pada kadar gula darah.

Sebuah kajian observasi di Cina menyatakan bahwa karyawan yang bekerja malam hari mempunyai risiko 9% lebih besar ketimbang teman kerja mereka. Risiko ini pun akan bertambah saat dialami oleh pria.

4. Kanker

Pengelompokan pekerjaan pada malam hari dianggap sebagai salah satu pemicu karsinogen di tahun 2007. Hal ini menjadikan karyawan mendapat risiko lebih besar berkembangnya kanker di tubuh daripada reken kerja mereka.

Bertambahnya ancaman kanker ini dinyatakan karena paparan cahaya yang mereka dapatkan. Terlebih pada cahaya yang bersumber dari alat elektronik terkhusus di malam hari menjadi pemicu kanker.

Demikian informasi tentang empat ancaman kesehatan yang bisa saja dialami oleh siapapun bila sering bekerja di malam hari. Untuk pencegahannya, segeralah menggangi jam kerja atau setidaknya lakukan pergantian jam kerja siang ke malam secara bergantian untuk mencegah masalah kesehatan tersebut.
Waspada, 4 Ancaman Penyakit Bagi Para Karyawan Shift Malam Waspada, 4 Ancaman Penyakit Bagi Para Karyawan Shift Malam Reviewed by Rasyid on 3:23:00 PM Rating: 5
Powered by Blogger.