5 Tips Mengubah Kebiasaan Boros Menjadi Lebih Hemat


Siapa sih dari kebanyakan orang yang tidak suka dengan yang namanya belanja? Kegiatan yang satu ini tentu selalu menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan apalagi jika memiliki kemampuan finansial yang diatas rata-rata. Tidak hanya golongan anak muda, orang tua pun juga selalu senang jika diajak untuk berbelanja.

Belanja secara tidak langsung dapat menimbulkan rasa bahagia, yang tentunya jika kita menikmati kegiatan tersebut dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Kebiasaan berbelanja ini haruslah dilakukan dengan menerapkan beberapa aturan yang sangat ketat.

Hal ini bertujuan untuk mencegah angka yang tidak diinginkan pada anggaran keuangan kalian. Bila tidak dilakukan dengan benar, maka bukan tidak mungkin jika hobi berbelanja tersebut justru dapat berpeluang untuk menimbulkan beberapa pemborosan di dalam anggaran keuangan kalian, di mana kalian akan mengeluarkan sejumlah dana untuk membeli beberapa barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Ada banyak sekali orang yang tidak menyadari bahwa mereka telah melakukan beberapa pemborosan di dalam anggaran keuangan mereka. Hal ini telah berlangsung dan menjadi sebuah kebiasaan yang tidak disadari serta menjadi hal yang terlihat sangat wajar di dalam kehidupan yang sedang mereka jalani.

Jika hal tersebut dibiarkan lebih lama, maka kebiasaan tadi akan sangat sulit untuk dihilangkan, apalagi jika tidak didasari dengan komitmen dan juga keinginan yang sangat kuat. Namun, bukan juga berarti tidak mungkin bisa berubah, hal tersebut tentu dapat diperbaiki jika kalian telah mendapatkan rumus dan metode yang tepat dalam menanganinya.

Berikut ini kita akan membahas mengenai beberapa tips untuk mengubah kebiasaan boros kalian menjadi lebih hemat.

1. Susun Anggaran Keuangan dan Terapkan Secara Bertahap


Ketika kalian telah terbiasa dalam melakukan pemborosan, maka dapat dipastikan jika kalian juga memiliki sejumlah masalah dalam anggaran keuangan. Hal ini terjadi secara sistematis, dimana berbagai tempat yang ada di dalam sistem keuangan tidak dapat berjalan dengan lancar dan sedikit terhambat.

Maka dari itu, kalian dapat melakukan penyusunan ulang terhadap anggaran keuangan dan menerapkan berbagai kebijakan baru di dalamnya yang bertujuan untuk menghentikan kebiasaan boros tersebut. Lakukan juga penghematan pada anggaran keuangan kalian secara bertahap, sehingga tindakan tersebut dapat berjalan dengan mudah dan tidak akan berpengaruh pada aktivitas kalian sehari-hari.

2. Selalu Melakukan Analisa

Mengenai kebiasaan berbelanja kalian yang sudah masuk dalam kategori berlebihan, ada baiknya jika kalian melakukan analisa kecil terhadap hal tersebut. Memang tidak semua kegiatan belanja itu berdampak buruk, namun yang perlu untuk diperhatikan adalah mengenai poin apa dari kegiatan tersebut yang membuat kalian selalu melakukannya secara berlebihan.

Ketahui dengan jeli untuk apa dan kenapa kalian menghabiskan begitu banyak uang pada saat berbelanja. Pertimbangkanlah hal tersebut dengan sangat bijak, sehingga kalian bisa mengatur pengeluaran saat sedang berbelanja nantinya.

3. Ketahui Penyebab dan Temukan Solusinya


Ada banyak sekali hal yang dapat menjadi faktor penyebab kebanyakan orang suka untuk berbelanja dan mengeluarkan sejumlah uang yang di luar kebutuhannya. Sebagian orang bahkan berbelanja hanya untuk mengisi jam atau waktu kosong yang mereka miliki.

Hal tersebut tentu akan jauh lebih buruk dan beresiko karena kalian akan selalu membeli banyak kebutuhan yang sekiranya tidak terlalu penting. Lakukan berbagai hal lain yang bisa membantu kalian untuk menghindari kegiatan belanja tersebut.

4. Ganti Kebiasaan Lama Dengan Kebiasaan yang Baru

Ada banyak hal yang harus dirubah dalam keseharian kalian jika memang kalian ingin memulai hidup hemat dan tak lagi boros. Kalian dapat melakukannya dengan mudah, seperti misalnya : ketika kalian suka nongkrong dan menikmati kopi buatan kafe yang harganya terbilang mahal, maka kalian bisa mengubah kebiasaan tersebut dengan mencari hobi lain yang serupa misalnya dengan menyeduh kopi sendiri di rumah dan membawanya ke tempat kerja.

5. Buatlah Kebiasaan Baru yang Lebih Murah


Kalian bisa saja menghabiskan waktu untuk pergi mendatangi kafe dan meminum secangkir kopi pada sela-sela jam kerja atau saat istirahat. Tetapi, akan jauh lebih hemat dan efisien ketika kalian membawa botol minuman yang telah kalian isi kopi dari rumah dan menikmatinya tanpa harus pergi ke kafe. Terapkanlah beberapa kebiasaan baru yang jauh lebih mudah dan murah untuk dilakukan daripada kebiasaan lama kalian.

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Inilah Penyebab Maraknya Tindak Kekerasan

7 Trik Gacor inDriver

10 Makanan untuk Tingkatkan Kekuatan Otak

Manfaat Hebat Kunyit Atasi Uban di Rambut

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda