Anda Wajib Tahu! 5 Minuman yang Buat Kulit Anda Kering dan 5 Lainnya yang Buat Kulit Mulus


Banyak orang yang selalu gemar mengonsumsi minuman dengan rasa yang enak. Namun dibalik enaknya minuman tak berarti dapat membuat sehat tubuh. Terlebih produk minuman yang bertanda minuman sehat tak menjamin dapat menyehatkan. Akibatnya akan berdampak negatif pada kulit.

Contoh minuman yang membuat kulit jadi tidak sehat adalah energy drink, minuman bersoda dan kopi yang tentunya selalu dikonsumsi banyak orang. Faktanya minuman-minuman tersebut dapat membuat kulit jadi kering.

Meskipun begitu, ada pula sejumlah macam minuman yang dapat Anda konsumsi dan sangat berguna untuk kesehatan dan kelembaban kulit, contohnya jus murni dan air putih.

Berikut ini ada sejumlah jenis minuman yang harus dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan untuk mencegah kekeringan pada kulit dan juga beberapa minuman yang dapat menyehatkan dan melembabkan kulit.

1. Minuman Manis

Diberitakan oleh Bustle, tingkat gula berlebih yang ada di dalam darah dapat berpengaruh pada jaringan kolagen yang membuat kulit rapuh dan kering. Menurut pendapat Beth Warren, RD., pakar nutrisi dan intuitive eating, makanan atau minuman manis dapat berdampak dengan hilangnya elastisitas pada jaringan kolagen dan terjadinya kerusakan. Oleh sebab itu, konsumsi gula, khususnya pada proses berulang-ulang setidaknya dibatasi.

2. Kopi

Anda sudah tahu bahwa kopi memiliki kafein yang tinggi sehingga cepat sekali membuat tubuh jadi dehidrasi. Everyday Health merekomendasikan untuk mengontrol konsumsi kopi sampai 4-7 cangkir per hari. Dengan begitu kulit terjaga kesehatan dan kelembabannya.

3. Minuman Bersoda

Berbagai jenis minuman bersoda seperti sparkling water, kola dan minuman berkarbonasi juga berkafein dan gula yang dapat melemahkan kekuatan kulit. Selain itu kulit jadi kering karena sel kulit tidak tercukupi cairan yang digunakan untuk memelihara kelembaban alami kulit.

4. Minuman Berenergi

Banyaknya produk minuman berenergi yang ada di pasaran memang membangkitkan semangat secara cepat, karena adanya zat kafein dan gula dalam kadar tinggi. Namun minuman ini bisa mengakibatkan jerawat pada orang dewasa dan kekeringan kulit di sekitar hidung dan dahu.

Apabila diminum dalam jumlah berlebihan, minuman berenergi malahan dapat merubah kulit jadi tampak tua.

5. Minuman Beralkohol

Minuman yang biasa disebut diuretik ini akan selalu mengosongkan kandung kemih bila diminum dalam jumlah banyak. Alkohol dapat menyumbat penyerapan cairan dari urin yang tengah diproses di organ ginjal.

Bagi orang yang sering minum alkohol dapat dikenali dari ciri wajahnya yang berkulit pucat seperti kelabu dan sembap.

6. Air Putih

Berdasarkan penuturan dari ahli diet nabati dan penulis dari The Vegiterranean Diet and The Complete Idiots Guide to Plant-Based Nutrition, Julieanna Hever, MS, RD, CPT, bahwa kulit yang elastis bisa dipelihara dengan memastikan tubuh selalu tercukupi oleh cairan dengan baik.

Hever pun memberikan anjuran dengan minum air minimal separuh dari berat tubuh setiap hari. Tidak mesti air putih saja, namun makanan lain yang banyak mengandung air misalnya sayuran dan buah-buahan pun mampu mencukupi air untuk tubuh.

7. Air Lemon

Sudah banyak informasi mengenai manfaat istimewa dari campuran air perasan lemon dan air hangat. Minuman ini mampu menyingkirkan racun yang ada dalam tubuh, mengikis lemak, membuat kulit jadi sehat dan bersih dari dalam.

Bila tidak menemukan lemon, Anda pun dapat memilih buah lain yaitu jeruk nipis untuk diambil air perasannya. Kedua buah tersebut memiliki vitamin C dalam jumlah tinggi.

8. Teh Hijau

Walaupun ada kafein di dalamnya, namun teh hijau bisa menjadi pilihan lain untuk dijadikan minuman sehat yang dapat membuat kulit cantik.

Berdasarkan The Nutrition Twins, air teh hijau bersifat melembabkan, sehingga sel-sel akan berkembang membuat kulit jadi lebih kenyal, berisi dan lembab.

Di samping itu, teh memiliki antioksidan tinggi yang bisa memelihara kesehatan sel-sel dan mencegah kerusakan, meliputi sel-sel rusak dari stretchmark, menurut Kelly Choi, wartawan makanan dan juga penulis buku berjudul The 7-Day datar-Belly Tea Cleanse.

9. Jus Segar

Sayuran dan buah yang dibuat menjadi jus adalah salah satu sumber cairan, mineral dan vitamin yang sangat diperlukan oleh kulit dalam menjaga kelembaban di semua sel. Cold pressed juice pun dapat menawarkan khasiat yang tidak jauh berbeda. Tapi perlu diingat juga bahwa jus yang dibuat tidak ada tambahan seperti susu kental manis atau pemanis.

10. Green Smoothie

Smoothie yang berbahan sayur dan buah mempunyai manfaat setara jus murni. Apalagi smoothie juga baik dalam mencukupi serat yang diperlukan tubuh setiap hari. Anda akan merasakan perut kenyang dalam waktu panjang dan perubahan kulit jadi lembab.

Itulah berbagai minuman yang dapat merubah kulit Anda jadi kering dan minuman sehat yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Inilah Penyebab Maraknya Tindak Kekerasan

7 Trik Gacor inDriver

10 Makanan untuk Tingkatkan Kekuatan Otak

Manfaat Hebat Kunyit Atasi Uban di Rambut

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda