Benarkah Gorengan Bisa Berbahaya Bagi Nyawa Seseorang?


Jenis makanan yang digoreng sudah sejak dulu dianggap sebagai makanan yang tidak sehat. Dari hal tersebut, sejauh mana pengaruh dan bahayanya terhadap kesehatan?

Menurut berita dari New York Post, sebuah riset terkini berusaha untuk membongkar apa saja bahaya yang bisa terjadi dari makanan jenis tertentu. Di dalam riset ini, diketahui bagaimana problem kesehatan yang bisa dipicu oleh makanan yang digoreng.

Ada lebih 100.000 wanita yang diikutsertakan dalam riset ini dengan kondisi sudah mengalami menopause mulai tahun 1993 sampai 2017. Ada dua hal yang diambil datanya oleh peneliti yakni berkenaan dengan pola makan dan informasi tingkat kematian.

Dengan hasil ini ternyata lumayan mengagetkan banyak orang. Pasalnya, telah diketahui bahwa ikan dan ayam goreng adalah makanan yang berhubungan erat dengan adanya kematian dini.

Para peneliti membuat perbandingan tingkat kematian dari orang yang rutin memakan goreng-gorengan paling tidak 1 kali seminggu dengan orang yang tidak pernah memakannya sekalipun.

Dari hal tersebut didapat perbedaan yang begitu mencolok pada tingkat kematian tapi saat macam variabel goreng-gorengan diubah, maka tidak ada perbedaan yang besar.

Secara garis besar, individu yang mengonsumsi makanan yang digoreng sedikitnya satu kali sepekan mempunyai peluang kematian 8% lebih besar ketimbang orang yang tidak memakannya.

Pada khususnya, individu yang sering memakan ayam goreng mempunyai risiko kematian yang bertambah sampai 12%.

Bagi orang yang mengonsumsi ayam goreng, peluang kematian bertambah karena makakan ini dipicu oleh problem kardiovaskular.

Di lain sisi, saat orang memakan ikan goreng, risiko penyakit jantung pun bertambah sampai 13%.

Tetapi hal yang disayangkan adalah riset ini melepaskan tipe makanan gorengan tertentu misalnya kenang goreng yang biasa dianggap menjadi pemicu gangguan kesehatan.

Meski begitu, sangatlah penting untuk semua orang dalam menjaga dan membatasi konsumsi makanan gorengan agar kesehatan tetap terjaga dan terhindar dari penyakit berbahaya.

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Inilah Penyebab Maraknya Tindak Kekerasan

7 Trik Gacor inDriver

10 Makanan untuk Tingkatkan Kekuatan Otak

Manfaat Hebat Kunyit Atasi Uban di Rambut

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda