5 Cara Ampuh Memulai Gaya Hidup Minimalis


Akhir-akhir ini, budaya kapitalis telah masuk sebagai dalam gaya hidup yang konsumtif. Banyak orang yang sering terjebak untuk melakukan pengeluaran yang sebenarnya melebihi batas kemampuan finansial mereka.

Maka dari itu, munculah gaya hidup minimalis dan telah berkembang sebagai alternatif atau obat penawar dari gaya konsumtif yang selalu identik dengan gaya hidup yang lebih boros.

Beberapa dari orang sebenarnya mau dan bahkan memiliki kemampuan untuk tinggal serta mempunyai rumah yang mungil (kecil), hanya saja mereka selalu termakan oleh gengsi yang telah menjadi standar baru dalam kehidupan sehari-hari. Dan mereka akhirnya memaksakan untuk melakukan berbagai macam kegiatan yang memang hal tersebut di luar batas kemampuan finansial mereka.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk memulai gaya hidup yang minimalis.

1. Hilangkan Keterikatan Kalian Dari Barang-Barang

Langkah pertama yang dapat kalian lakukan untuk memulai sebuah gaya hidup yang minimalis adalah dengan menghilangkan rasa keterikatan kalian dari barang-barang yang telah kalian miliki.

Ketika kalian memiliki suatu benda yang kalian anggap sangat berharga, maka tanpa kalian sadari kalian akan terhiptonis oleh benda tersebut, misalnya saja kalian menjadi jadi sangat takut benda tersebut rusak, hilang, dan merasa sayang jika dibuang.

Pada akhirnya, kalian pun menumpuk barang-barang tersebut serta membuang-buang waktu, tenaga, dan pikiran untuk mengurusi keberadaannya. Dengan menjalani gaya hidup minimalis berarti kalian telah membebaskan diri dari keterikatan terhadap barang-barang.

2. Selalu Mengutamakan Fungsi dan Esensi, Bukan Gaya

Saat sedang mengurusi barang-barang kalian, cobalah untuk berpikir secara fungsional dan esensial. Kalian tidak membutuhkan hingga 15 celana jeans, melainkan cukup 4-5 saja.

Begitu pula dengan sepatu. Perhatikanlah barang kepunyaan kalian sesuai dengan fungsinya masing-masing. Contoh, kalian hanya perlu punya 3 pasang sepatu, satu untuk olahraga, satu untuk naik jalan-jalan atau bersantai, dan satu lagi untuk digunakan pada acara resmi. Jika kalian sudah terbiasa dalam melakukan hal ini, maka secara otomatis lemari dan rak kalian akan terlihat lebih luas dan lega.

3. Sederhanakan Standar Hidup Kalian

Poin inti dari menerapkan gaya hidup yang minimalis adalah dengan membeli dan menginginkan sesuatu secukupnya saja, sesuai dengan kebutuhan yang kalian butuhkan.

Banyak sekali orang yang menginginkan lebih banyak barang yang telah melebihi batas kemampuan keuangan mereka, hanya karena semata-mata gengsi atau sekedar ikut-ikutan.

Dengan menjadi seseorang yang minimalis berarti kalian telah meninggalkan semua hal tersebut dan menyederhanakan standar hidup kalian agar lebih mudah. Selama kebutuhan kalian telah dirasa tercukupi, maka kalian tidak perlu merasa malu untuk harus mengikuti tren atau gengsi.

4. Berbelanjalah Sesuai Kebutuhan

Kebanyakan orang selalu memiliki rasa kurang puas, lalu mulai untuk berbelanja produk yang sekiranya tidak perlu untuk dibeli. Padahal, sebenarnya untuk apa punya barang yang sangat banyak jika memang barang tersebut tidak dibutuhkan?

Setiap kali kalian akan membeli suatu barang, biasakanlah diri kalian untuk bertanya kepada diri sendiri mengenai "Apakah kalian memang benar-benar membutuhkan barang tersebut?"

Tidak lupa juga untuk membeli produk yang kalian sendiri sudah tahu kualitasnya meski sedikit agak mahal, hal ini bertujuan agar barang tersebut dapat bertahan lama serta awet dan kalian tidak perlu terlalu sering untuk membeli penggantinya.

5. Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit akan membuat kalian tergoda untuk berbelanja melebihi kemampuan batas kemampuan finansial kalian. Padahal perlu kalian ketahui, hal seperti inilah yang akan membuat kalian masuk ke dalam lingkaran utang. Maka dari itu, sebisa mungkin untuk menghindari penggunaan dari kartu kredit.

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Inilah Penyebab Maraknya Tindak Kekerasan

7 Trik Gacor inDriver

10 Makanan untuk Tingkatkan Kekuatan Otak

Manfaat Hebat Kunyit Atasi Uban di Rambut

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda