sweater rajut pria terbaru

Cara Menghilangkan Perasaan Takut Menyetir Mobil


Menyetir mobil berbeda dengan mengendarai sepeda motor, perbedaan yang paling terlihat adalah dari anggota tubuh yang digunakan. Saat menyetir mobil, tangan dan kaki melakukan kegiatan yang hampir sama banyaknya, sedangkan untuk menyetir sepeda motor tangan yang paling berperan aktif, karena menggunakan dua anggota tubuh yang harus bekerja bersamaan ini banyak orang yang merasakan grogi, takut, cemas, kaku dan lain sebagainya, apalagi ditambah dengan dimensi mobil atau ukuran mobil yang lebih besar dari sepeda motor.

Ketika baru pertama mencoba mengendarai mobil sebagian besar dari kita pasti mengalami yang namanya rasa takut, cemas, tidak percaya diri dan lain sebagainya. Perasaan yang dirasakan ketika baru pertama mengendarai mobil itu adalah perasaan yang wajar dialami oleh para pemula namun bagaimana dengan orang yang sudah beberapa kali menyetir mobil tetapi masih saja mengalami perasaan takut?

Berikut tips cara menghilangkan rasa takut menyetir mobil. Tips ini bisa dipakai untuk pemula maupun yang sudah beberapa kali menyetir mobil tetapi masih memiliki perasaan takut.

Tips menghilangkan rasa takut menyetir mobil


1. Tambah waktu belajar menyetir mobil
Banyak orang yang merasa takut menyetir mobil karena mereka merasa belum siap secara teori maupun praktik menyetir mobil. Jika demikian maka tips yang bisa anda lakukan adalah menambah waktu belajar menyetir mobil meskipun anda dirasa sudah bisa menyetir dan mengantongi SIM.

Waktu praktik menyetir mobil yang ditambah bisa langsung diterapkan di jalan dengan bantuan orang yang lebih berpengalaman. Berikan tanda pada mobil yang memberi tahu kepada pengendara lain bahwa anda sedang dalam tahap belajar sehingga nanti ketika anda melakukan sedikit-sedikit kesalahan pengemudi lain bisa memaklumi.

2. Melihat video pemula ketika menyetir mobil
Banyak platfrom berbagi video yang memiliki konten cara menyetir mobil, cara pemula menyetir mobil, tips cara menghilangkan rasa takut saat menyetir mobil dan lain sebagainya, melihat video orang lain yang mewakili perasaan takut anda akan menambah pengetahuan apa saja yang bisa dilakukan ketika ketakutan anda itu terjadi. Melihat video pemula ketika menyetir akan menambah pengetahuan anda dari pengalaman orang lain ketika menyetir mobil.

3. Membiasakan diri dengan mobil
Duduk di kemudi mobil, biasakan diri anda dengan posisi batang kemudi, gigi, tombol indikator dan lainnya. Tekan semua lampu indikator dalam posisi mobil diam untuk mengetahui kegunaannya.

Pergi melalui jalan-jalan yang anda kenal dengan jarak yang bertahap mulai dari yang dekat, sedikit jauh secara bertahap, istirahat setelah menyetir selama 10-15 menit setelah mengemudi selama 5-10 menit (waktu istirahat bisa disesuaikan dengan ritme anda). Siapkan segala hal yang akan mempermudah perjalanan anda misalnya uang parkir, kartu tol dan lainnya. 

4. Menentukan rute perjalanan
Sebelum menjalankan mobil tips pertama untuk menghilangkan perasaan takut menyetir adalah dengan menentukan rute perjalanan yang akan dilewati, dengan menentukan rute perjalanan anda mengetahui berapa kira-kira waktu yang dibutuhkan, jalan mana yang akan dilewati, di bagian mana yang sedang macet, dan lainnya.

Menentukan rute membuat perjalanan anda menjadi lebih efisien sehingga anda akan merasa percaya diri untuk bisa menyelesaikan rute yang tekah ditentukan. Sebagai pemula mencari jalan sepi, berkendara di waktu senggang dan jangan lupa untuk mengajak orang lain sebagai pemandu.

5. Memeriksa kelengkapan mobil
Kondisi mesin, bahan bakar, kenyamanan kursi, jendela, lampu, rem, kaca spion, dan ban menjadi kelengkapan mobil yang wajib anda periksa sebelum melakukan perjalanan. Memeriksa kelengkapan mobil membantu anda mengurangi kecemasan bila hal yang tidak diduga terjadi di jalan misalnya saja hujan.

6. Melawan ketakutan anda
Pengemudi pemula atau yang sudah beberapa kali menyetir mobil, mengalami ketakutan saat harus berkendara di jalan raya, selain jalan raya ada juga jalan tol dimana pengemudi harus menyetir mobil dalam kecepatan yang lebih tinggi. Takut akan cuaca buruk atau takut ketika parkir paralel.

Hal ini wajar mengingat anda belum mahir namun jangan sampai membuat anda terus merasa takut, ketakutan harus dilawan dengan cara rutin berkendara pada kondisi ketakutan anda. Jika anda takut berkendara di jalan raya maka anda harus lebih sering menyetir di jalan raya yang sedang dalam keadaan ramai. Jika anda takut parkir paralel perbanyak latihan untuk bisa parkir paralel.

7. Ketika rasa takut datang saat mengemudi

Rasa takut timbul karena berbagai macam hal. Bisa dari trauma masa lalu yang pernah terjadi  seperti termakan kata orang, tabrakan atau kejadian lainnya. Rasa takut orang satu dan yang lainnya memiliki kadar yang berbeda dengan gejala yang dialami pun berbeda.

Jika mengalami rasa takut saat menyetir mobil hal pertama yang anda harus lakukan yaitu menepikan mobil di tempat yang aman. Atur nafas dengan cara menarik nafas lalu hembuskan secara perlahan, layaknya bernapas dalam latihan yoga. Berpikir positif dan kendalikan emosi anda. Jika sudah merasa tenang kembali mengemudi pelan-pelan.

8. Jangan tegang
Posisikan diri anda senyaman mungkin di balik kemudi mobil, jangan sampai tegang karena perasaan tegang akan menghambat informasi yang akan diserap oleh otak. Tubuh yang rileks akan membuat perjalanan mengemudi mobil anda nyaman, aman dan menyenangkan baik untuk diri anda maupun untuk lingkungan sekitar.

9. Belajar defensive driving
Masih banyak pengemudi yang mengalami rasa takut saat menyetir mobil hal ini bisa diatasi dengan mengikuti kelas defensive driving, di sana anda akan mendapatkan pelatihan praktis secara langsung untuk mencegah timbulnya perasaan takut ketika menyetir mobil dan juga anda akan diberikan solusinya.

Tips cara menghilangkan rasa takut menyetir mobil sebenarnya bisa diminimalisir dengan kesiapan dari pengemudi baik dari segi eksternal (mobil, peralatan pendukung, bahan bakar dan kondisi jalan) dan juga internal dari psikologis pengemudi itu sendiri.

Mahir menyetir mobil adalah kata lain dari terbiasa menyetir mobil, setelah mengantongi SIM atau Surat Izin Mengemudi mobil sebaiknya anda mulai membiasakan diri anda untuk mengemudi mobil secara mandiri.

Rasa takut wajar terjadi ketika anda baru pertama menyetir mobil, semua orang yang merasakan hal baru pasti akan mengalami perasaan tidak nyaman ketika pertama melakukan hal itu tetapi jangan sampai anda gagal beradaptasi dan akhirnya menyerah dengan rasa takut sebagai pemenang.
manfaat jalan pagi

Popular posts from this blog

Inilah Manfaat Luar Biasa Membuang Sampah Pada Tempatnya

Cara Menghilangkan Sifat Pendiam Agar Lebih Percaya Diri

Cara Jitu Memperkuat Sinyal HP di Daerah Terpencil

6 Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis Agar Tidak Mengelupas

Cara Menghilangkan Rasa Baper Menurut Islam

VIVA