5 Faktor Kenapa Anda Selalu Marah Setiap Waktu


Bagi sebagian orang, mengontrol emosi yang ada dalam diri tidaklah gampang. Menahan kemarahan, tertekan dan jenis emosi lainnya yang timbul pada jiwa adalah hal yang lebih gampang diucapkan ketimbang dilakukan.

Perasaan marah dapat terjadi karena suasana hati yang tidak normal dan sulit dikontrol. Hal inilah yang membuat seseorang uring-uringan seharian dan mengganggu kenyamanan orang yang ada di sekeliling.

Marah adalah reaksi alami manusia yang timbul saat otak mengalami stres atau dalam level emosi yang sangat serius. Bila marah tersebut bisa dikontrol, maka tidak akan muncul masalah selanjutnya baik pada individu atau orang lain.

Hadirnya rasa marah bisa terjadi karena rasa kecewa pada diri sendiri atau dari faktor eksternal. Diberitakan dari The Health Site, berikut beberapa faktor mengapa seseorang bisa marah dalam waktu yang lama.

Rasa Takut

Kemarahan tidak sepenuhnya adalah pertanda adanya marah semata tapi juga tanda dari rasa takut. Menurut sebuah riset, seseorang akan memperlihatkan rasa marah saat eksistensi, khayalan atau egonya mendapat ancaman. Seseorang pun dapat memperlihatkan rasa takut lewat sikap marah saat cemas pada keadaan orang yang disayangi.

Tanda Kecemasan

Tanda kecemasan bisa menimbulkan beragam emosi pada individu termasuk kecemasan. Lain halnya dengan kemarahan karena ketakutan yang bersifat sementara, kemarahan akibat kecemasan dapat berlangsung lebih lama.

Kecemasan yang dipunyai seseorang ini mungkin ada tanpa sebab yang pasti sehingga disarankan untuk berkonsultasi dengan psikolog. Saat seseorang tertekan secara fisik dan mental, mereka akan mudah sekali marah.

Trauma Masa Lalu

Kejadian di masa lalu yang buruk dapat memicu trauma pada seseorang dan itu bisa menimbulkan kemarahan. Emosi dalam bentuk kemarahan dapat timbul saat seseorang teringat lagi kejadian di masa lalu yang telah mereka alami dan rasakan.

Merasa Tak Mampu atau Lemah

Saat seseorang merasa tak berdaya dan tidak satu pun yang menolong atau ketika semuanya tidak berhasil, maka dapat memicu berbagai emosi. Salah satu emosi yang bisa terjadi adalah rasa marah karena ketidakberdayaan yang dimiliki.

Marah Telah Jadi Kebiasaan Jelek

Seseorang begitu mudah meluapkan kemarahan pada orang lain ketimbang bertanggungjawab terhadap perbuatannya. Hal ini berujung menjadi kebiasaan dan reaksi saat sesuatu tidak sesuai apa yang diharapkan.

Bermacam hal tersebut dapat menjadi faktor pemicu mengapa seseorang merasa marah dalam waktu yang berkelanjutan. Saat hal ini dialami oleh seseorang, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kejiwaan agar tidak terjadi masalah yang lebih besar.

Postingan Populer

5 Faktor Penyebab Seseorang Miskin

Ide Brilian Bisnis Komputer Rumahan

Pakaian Muslim Pria FHJ 001

Ini Manfaat Penting Membuka Jendela di Pagi Hari

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

Waspada 5 Risiko Penyakit Akibat Toilet Kotor

11 Ide Bisnis Brilian Untuk Introvert