Mau Buang Air Besar Tetap Lancar? Coba 5 Makanan Ini

Salah satu gangguan yang selalu dialami orang setiap hari adalah konstipasi atau yang disebut juga susah buang air besar. Kendala kesehatan ini dapat terjadi saat Anda tidak cukup serat, tidur tidak teratur, kekurangan cairan atau stres.

Saat Anda mengalami susah buang air besar, Anda akan merasakan beberapa gangguan dan rasa kurang enak di bagian perut. Tentu saja ini akan mengganggu kegiatan sehari-hari Anda.

Agar masalah konstipasi bisa terpecahkan, Anda bisa melakukan langkah mudah seperti mengonsumsi obat laksatif yang dapat dibeli di toko obat. Tapi tidak hanya itu saja, ada metode lain yang bisa dilakukan secara alami untuk bisa memperlancar buang air besar.

Ada beberapa makanan yang ampuh memperlancar buang air besar Anda. Makanan ini dapat berbentuk herba, buah, minuman atau sayur. Efek dari makanan ini mampu menjaga kesehatan organ pencernaan Anda.

Beberapa makanan tersebut mempunyai dampak pencahar atau laksatif yang bisa membuat kotoran jadi lunak, mempermudah air terserap di usus, dan memperbaiki otot di bagian pencernaan. Diberitakan dari Medical Daily, inilah beberapa makanan yang sangat bagus dikonsumsi untuk memperlancar buang air besar Anda.

Air Kelapa

Meminum air kelapa dapat menyembuhkan masalah dehidrasi dan membuat saluran kencing makin bersih karena unsur elektrolit dan potassium yang ada dalam air kelapa. Tapi ingat untuk tidak terlalu banyak mengonsumsinya karena dapat menyebabkan gangguan lain ketika buang air besar

Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya tidak hanya baik untuk kulit dan rambut tapi juga pencernaan. Tumbuhan ini sangat banyak mengandung mineral, enzim, elektrolit dan vitamin yang dapat melembutkan kotoran.

Efek pencahar dari tumbuhan ini bersumber dari unsur anthraquinones di dalamnya. Kandungan ini mampu menambah unsur air pada usus, memicu lendir dan menaikkan kontraksi dalam proses pencernaan makanan.

Buah-Buahan

Bagi Anda yang suka buah, bisa mencoba memakan buah persik, berri, apel dan figs dalam memperlancar buang air besar. Kandungan laksatif alami yang ada dalam makanan tersebut menawarkan komposisi yang baik dari air, serat dan antioksidan yang dapat meredakan peradangan di bagian sistem pencernaan.

Biji Chia

Satu porsi biji chia memiliki sepuluh gram serat tiap ons. Saat Anda memakannya, biji chia akan merekah dalam organ pencernaan yang dapat berfungsi menyerap cairan dan melalui usus untuk memperbaiki proses pencernaan.

Sayur-Sayuran


Sayuran pun bisa menjadi laksatif alami yang baik bagi tubuh. Kale dan bayam memiliki magnesium yang bagus dalam menyehatkan pencernaan, melemahkan kotoran dan menyerap air dari usus.

Beberapa makanan tersebut dapat membuat lancar buang air besar Anda secara sehat dan alami. Upayakan untuk mengonsumsi beberapa makanan itu agar pencernaan Anda tetap sehat.

Postingan Populer

5 Faktor Penyebab Seseorang Miskin

Ide Brilian Bisnis Komputer Rumahan

Pakaian Muslim Pria FHJ 001

Ini Manfaat Penting Membuka Jendela di Pagi Hari

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

Waspada 5 Risiko Penyakit Akibat Toilet Kotor

11 Ide Bisnis Brilian Untuk Introvert