Kandungan Mie Instan yang Berbahaya bagi Kesehatan



Sampai detik ini siapa yang tidak suka mengonsumsi mie instan? Terlebih saat ini sudah banyak sekali varian rasa yang menggiurkan.

Selain itu harganya yang terjangkau menawarkan rasa yang lezat dan bikin nagih. Selain itu proses penyajian yang lebih cepat dan mudah membuat banyak orang memilih untuk mengonsumsi mie instan.

Perlu anda ketahui dibalik rasa yang nikmat dan banyak orang menyukainya, ternyata ada kandungan mie instan yang berbahaya. Sehingga kalau dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan gangguan pada kesehatan.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa kandungan berbahaya pada mie instan. Selengkapnya bisa simak ulasan berikut ini:

a. Terdapat kandungan lilin

Proses pembuatan mie instan itu melalui penggorengan dalam minyak yang panas. Durasi penggorengan ini sekitar 2 menit sampai kadar air berkurang dan tidak ada mikroorganisme yang bisa hidup.

Apakah anda pernah berpikir kenapa mie instan tidak bisa lengket? Jadi dalam mie tersebut ada kandungan lilin. Sehingga ini cukup berbahaya bagi kesehatan.

b. Kandungan MSG


Mie instan menawarkan rasa yang nikmat karena ada kandungan MSG. Jadi dengan adanya MSG ini membuat rasanya lebih gurih, manis, asin, dan asam. Tentunya menawarkan kaya rasa inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk mengonsumsinya.

MSG ini merupakan salah satu kandungan yang berbahaya pada makanan mie instan. Bahaya MSG ini bisa menyebabkan kerusakan pada organ dalam dan disfungsi otak. Kalau dikonsumsi secara berlebihan bisa memunculkan berbagai penyakit.

c. Kandungan pengawet TBHQ

Tertiary Butyl Hydroquinone merupakan salah satu bahan kimia yang berperan sebagai antioksidan. Namun ini antioksidan ini berasal dari bahan kimia yang berperan untuk mencegah minyak dan oksidasi lemak.

Hal inilah yang membuat mie instan bisa tahan lama. Pengawet TBHQ ini sudah banyak dipakai untuk makanan siap saji. Selain itu bahan ini juga bisa didapatkan pada parfum, kosmetik, dan pestisida sebagai bahan untuk mengurangi penguapan. Sehingga kalau ada pada makanan, bahaya sudah menanti. Terlebih mengonsumsi mie instan secara berlebihan.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa kandungan mie instan yang berbahaya. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan anda agar tidak terlalu berlebihan mengkonsumsi mie instan.

 

Sumber : https://bit.ly/34Hm3E0

Postingan Populer

4 Peristiwa Paling Membahagiakan Dalam Hidup Manusia

Tips Sehat Untuk Meningkatkan Energi Anda

Aneka Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

18 Teknik Jitu Tingkatkan IQ Anda

Marabunta Semut Karnivora Terganas di Dunia

Cara Merawat Baju Rajut Dengan Benar

Waspada 5 Risiko Penyakit Akibat Toilet Kotor