Monday, September 29, 2014

Tips Cepat Mengobati Sariawan

sariawan, tips penyembuhan sariawan

Sariawan atau disebut juga stomatitis aphtosa adalah penyakit pada selaput lendir di mulut yang berbentuk luka bercak berwarna putih dengan pola cekung. Data statistik memperlihatkan bahwa sariawan ini pernah dialami oleh 10% penduduk dunia dan kasus lebih banyak terjadi kepada wanita dibanding pria.

Adapun penyebab terjadinya sariawan diantaranya tidak terpeliharanya kesehatan mulut, tergigit, mengkonsumsi makanan dan minuman yang panas, alergi pada jeruk, memakan makanan asam, obat-obatan tertentu, defisiensi zat besi, kelainan pencernaan, trauma fisik, dan daya tahan tubuh menurun.

Selain itu, sariawan bisa juga disebabkan oleh faktor psikis, seperti stress. Biasanya sariawan bisa sembuh sekitar 4-7 hari. Jika lebih dari itu, maka segera periksakan ke dokter untuk tindakan lebih lanjut.

Ada anggapan yang keliru terjadi di masyarakat bahwa sariawan bisa diobati dengan mengkonsumsi vitamin C. Sebetulnya hal ini tidak banyak membantu, karena pada dasarnya kekurangan vitamin C bisa menyebabkan perdarahan gusi.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengobati penyakit sariawan dengan ramuan herbal, pilihlah yang sesuai dengan selera anda:

1. Oleskan madu pada luka sariawan sebanyak 3-5 kali dalam sehari. Setelah dioles, jaga untuk tidak menelan ludah atau meludah dalam waktu 5 menit. Ini bertujuan untuk meresapkan cairan madu ke dalam luka sariawan.

2. Rebuslah ramuan herbal 20 gram bunga belimbing wuluh, 5 gram asam kawak, 5 gram sinom, dan 10 gram daun jintan dalam 1.000 cc air sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Angkat dan dinginkan lalu saring. Tambahkan gula aren secukupnya. Pakailah ramuan tersebut untuk berkumur sekitar 2 menit, lalu diminum. Terapkan langkah ini pada waktu pagi, sore dan menjelang tidur malam.

3. 1 jari temulawak diiris tipis-tipis dan 1 jari asam jawa. Rebus bahan tersebut dalam 1,5 gelas air hingga tersisa satu gelas dan dinginkan. Bisa ditambahan madu secukupnya. Minumlah setengah gelas ramuan ini pada pagi dan sore hari.

Semoga tips diatas bisa membantu anda mengatasi penyakit sariawan. Selamat mencoba.