Friday, October 24, 2014

12 Keterampilan Terpenting Manusia dalam Hidup

keterampilan hidup

Dalam menjalani kehidupan di dunia, hendaknya seseorang memerlukan beberapa keterampilan atau kemampuan yang dapat menunjang kehidupan sehari-hari. Tanpa keterampilan dasar, seseorang mengalami berbagai masalah ketika menghadapi sesuatu hal yang terjadi di dalam kehidupan.

Dari sekian banyaknya keterampilan atau keahlian yang sejak dahulu ada hingga masa sekarang, ada beberapa keterampilan yang bisa dikatakan terpenting dan sangat diperlukan bagi setiap orang, baik pria ataupun wanita, usia muda hingga dewasa.

1. Membaca

Setiap hari kita selalu dihadapkan dengan banyaknya tulisan, baik itu tulisan yang ada di buku, koran, majalah, internet, spanduk, brosur, televisi dan lain sebagainya. Dengan pandai membaca tulisan, seseorang akan bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat setiap waktu.

2. Menulis

Tulisan yang kita baca selalu dari dulu hingga sekarang, adalah hasil dari pekerjaan menulis. Keterampilan menulis perlu diasah terus agar ketika kita hendak menyampaikan kabar atau informasi kepada orang yang kita tuju. Dengan tulisan yang jelas dan tertata rapi, maka orang yang membaca tulisan kita bisa memahaminya dengan baik.

3. Berhitung

Keterampilan dalam berhitung angka-angka sangat sering kita gunakan dalam hal menghitung uang, harta, ukuran suatu benda, jarak suatu tempat dan lainnya.

4. Berbicara

Bicara merupakan kebiasaan orang dalam berkomunikasi secara langsung kepada orang lainnya. Seseorang harus terus belajar bagaimana berbicara yang baik dan sopan kepada orang lain agar hubungan komunikasi tetap terjaga dan apa yang disampaikan bisa diterima orang lain dengan baik.

5. Berpikir

Tuhan memberikan kepada manusia organ otak yang luar biasa fungsinya, salah satunya yaitu untuk berpikir jernih. Berpikir merupakan kegiatan manusia dalam bertindak. Biasanya kegiatan berpikir dilakukan ketika seseorang berada dalam masalah yang harus dipecahkan dalam waktu tertentu, atau bisa juga ketika sedang merencanakan sesuatu hal dalam hidup. Sehingga apa yang dipikirkan bisa diterapkan dan memperoleh hasil yang terbaik.

6. Memasak

Setiap manusia memerlukan makanan untuk diolah dan dikonsumsi yang dilakukan setiap hari. Keterampilan memasak yang sederhana seperti memasak nasi, menggoreng telur, memasak air semestinya bisa dikuasai setiap orang. Begitu banyak buku resep makanan pada saat sekarang yang bisa diolah menjadi makanan yang enak dan lezat. Sehingga anda bisa belajar dengan mudah cara mengolah makanan.

7. Kebersihan

Apa jadinya jika diri dan lingkungan di sekitar anda kotor? Tentu, penyakit mudah datang. Untuk itu, diperlukan kesadaran akan hidup yang bersih. Mulai dari bersih pakaian, tempat tinggal, lingkungan dan barang keperluan hidup lainnya.

8. Belanja

Di zaman dulu dikenal dengan tukar menukar barang dengan barang yang disebut barter. Sedangkan sekarang, berubah dengan tukar menukar uang dengan barang. Tahukah anda, bahwa keterampilan berbelanja sangat diperlukan saat ini? Karena apa yang kita perlukan dalam hidup seperti baju, bahan makanan dan lainnya banyak tersedia dan dijual di pasar atau tempat lainnya.

9. Berdagang

Salah satu keterampilan yang diperlukan sebagai cara untuk mendapatkan penghasilan berupa uang di dunia ini adalah berdagang. Anda bisa menjadi pedagang yang selalu bisa menyediakan dan menawarkan barang apapun yang diperlukan orang kebanyakan.

10. Disiplin

Disiplin sangat penting dalam kehidupan. Disiplin bisa dilakukan dalam segala hal baik dalam kehidupan beragama, bernegara dan bermasyarakat. Ini bertujuan agar kehidupan manusia menjadi teratur dan memberikan kemaslahatan bagi semuanya.

11. Tolong Menolong

Setiap orang pasti pernah mengalami hal yang bernama kesulitan, kesusahan dan permasalahan dalm hidupnya. Oleh karena itu, diperlukan orang lain yang memiliki suatu kelebihan tertentu untuk bisa memberikan bantuan atau pertolongan kepada orang yang membutuhkan. Misalnya, orang kaya menolong orang miskin, orang pintar mengajari orang bodoh agar hilang kebodohannya dan lain sebagainya.

12. Mendengar

Jadilah pendengar yang baik. Selalu dengarkan nasihat baik dari orang tua, guru, teman, keluarga dan lainnya jika itu bisa membuat diri anda semakin bijaksana dalam hidup.

Dari informasi diatas diharapkan kita bisa menjadi manusia yang mempunyai keterampilan dan dapat digunakan pula untuk hal-hal yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang banyak. Semoga bermanfaat bagi kita semua.