Saturday, October 11, 2014

7 Tanda Orang Berjiwa Pebisnis

bisnis, usaha, ciri pebisnis dan pengusaha

Bisnis merupakan dunia yang dinamis, tantangan dan menjanjikan keuntungan materi yang bisa meningkatkan taraf hidup seseorang. Begitu banyak bisnis yang bisa dijalankan seseorang. Namun apakah setiap orang bisa menjadi pebisnis? Tentu bisa.

Menjadi seorang pebisnis bukanlah hanya karena bakat atau keturunan. Mau usia muda ataupun tua bisa menjadi seorang pebisnis. Baik itu bisnis berskala kecil, menengah atau besar. Asalkan semuanya diawali dengan niat dan tekad yang kuat untuk berbisnis.

Di masa sekarang yang penuh dengan fasilitas maupun kecanggihan teknologi tidak ada alasan bagi seseorang untuk tidak bisa membangun bisnis dengan efektif dan efisien.

Lalu, bagaimanakah mengetahui bahwa seseorang itu berjiwa pebisnis? Tanda-tandanya adalah sebagai berikut

1. Pandai melihat peluang usaha

Jika kita lihat secara jeli, di kehidupan kita ini begitu banyak peluang usaha yang bisa dijalankan. Lihatlah didalam rumah anda, begitu banyak barang sehari-hari yang sering anda gunakan. Mulai dari pakaian, keperluan dapur, alat tulis dan banyak lagi lainnya. Sejak waktu anda bangun tidur dan mau tidur pun peluang usaha akan selalu beredar di sekitar anda.

2. Menindaklanjuti ide dan peluang usaha

Apa jadinya jika punya ide dan peluang usaha, tetapi tidak ada tindak lanjut dan tindakan? Berbisnis bukan hanya bermimpi dan berangan saja. Buatlah rencana dan langkah nyata dalam mewujudkan ide usaha yang bisa dijalankan. Sehingga nanti banyak orang yang mengetahui bahwa anda memulai dan menjalankan usaha.

3. Memiliki rasa optimis untuk sukses

Orang yang mempunyai jiwa bisnis pastilah ada rasa optimis terhadap usaha yang dijalankan. Seberapa kekuatan mimpi untuk bisa membuat kesuksesan dalam bisnis anda itulah kuncinya. Apa yang diyakini didalam hati yaitu sukses dalam bisnis, maka kemungkinan besar sama dengan apa yang anda alami nantinya.

4. Punya kreativitas dan inovasi

Kreativitas perlu dalam menjalankan bisnis untuk bisa mengembangkan produk dan jasa yang ingin ditawarkan kepada konsumen. Karena orang yang kreatif biasanya memiliki cita-cita yang tinggi untuk kemajuan bisnisnya. Selalu berpikir dan bertindak bagaimana agar bisnisnya semakin maju dan sukses. Pelanggan akan menyukai produk dan jasa yang bercirikan kreativitas. Sedangkan inovasi merupakan suatu upaya bisnis yang selalu melakukan pembaruan secara berkelanjutan. Sehingga sebuah produk atau jasa bisa selalu dirasakan manfaat dan nilainya oleh konsumen.

5. Siap dengan risiko dan ketidakpastian

Suatu usaha yang dijalani pastinya ada risiko dan ketidakpastian. Seorang pebisnis mampu menghitung seberapa kuat dia menahan risiko dan ketidakpastian yang akan dia alami dalam menjalankan bisnisnya. Bisnis begitu bervariasi dimulai dari yang bermodal kecil ataupun besar. Apabila seseorang bisa menyesuaikan dirinya dengan bisnis yang dijalani, maka semakin baik dalam hal mengelola risiko bisnis. Disini perlu konsistensi untuk mampu bertahan menjalankan bisnis sampai sukses besar.

6. Ketekunan

Sifat tekun dalam segala hal apapun yang mendatangkan manfaat pasti juga bagus dalam hal berbisnis. Begitu banyak orang yang tergoda bergonta-ganti bisnis. Jadi, apa yang sudah dijalankan pada bisnis yang pertama, menjadi terbengkalai karena ada bisnis lain yang menggiurkan. Ini tentu bisa merusak target dan impian anda pada bisnis. Selalu fokus dan tekun pada bisnis yang ingin anda jalankan hingga berhasil. Tekun dalam belajar bisa menghasilkan prestasi, begitu pula dalam bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan besar.

7. Mempunyai jiwa leadership dan motivator

Berbisnis perlu motivasi untuk menjalankan dan mewujudkan keberhasilan. Setiap hari ada saja energi yang dihasilkan untuk bekerja keras, ide brilian dan peningkatan skill. Motivasi untuk diri sendiri dan orang lain yang bekerja didalam sebuah bisnis harus selalu diciptakan agar bisnis selalu menghasilkan sesuatu hasil yang baik untuk bisnis. Selain itu, jiwa leadership atau kepemimpinan diperlukan sekali, dalam mengatur dan mengelola segala hal yang berkaitan dengan bisnis. Tujuannya agar bisnisnya bisa berjalan sukses, terukur dan mencapai target.

Ciri-ciri jiwa pebisnis diatas hanyalah sedikit gambaran dari sekian banyak yang bisa kita pelajari dari bagaimana seseorang mempunyai jiwa pebisnis atau pengusaha. Semoga bermanfaat.